Gadget

[Review] Rapoo VPro V16: Mouse Gaming Murah untuk Gamer Pemula

18 Sep 2018 | Dimas Galih
Dilengkapi dengan software tambahan untuk dapat menggunakan macro

Untuk menikmati pengalaman optimal sebagaigamer, bisa membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain harus menabung untuk membeli game yang setiap bulannya rilis, peralatan gaming pun juga harus dimiliki. Hal tersebut tentunya untuk menambah kenyamanan dalam bermain.

Sayangnya, perlengkapan bermain game seperti laptop, keyboard, mouse, motherboard, graphics card, dan lain sebagainya akan diberi harga lebih mahal saat dijual dengan label gaming. Padahal, beberapa vendor memiliki jenis peripheral yang sama yang tidak dilabeli gaming namun lebih murah.

Rapoo Vpro V16 - Atas

Dengan dilabeli peripheral gaming, fasilitas yang dimiliki juga biasanya lebih baik dibandingkan dengan peripheral biasa. Akan tetapi, harga sekali lagi bakal membuat mereka yang tidak memiliki dana lebih harus gigit jari. Apalagi, sebuah mouse gaming biasanya memiliki tingkat presisi yang lebih baik serta tersedia tombol yang lebih dibandingkan mouse biasa.

Untungnya, vendor seperti Rapoo memiliki sebuah mouse gaming yang memiliki harga yang dapat dibilang murah. Kami pun kedatangan sebuah mouse gaming milik Rapoo dengan nama VPro dengan seri V16. Harga jualnya juga tidak mahal, hanya Rp. 220.000 saja.

Rapoo masih menggunakan kabel USB untuk terkoneksi dengan komputer. Untungnya, VPro V16 menggunakan braided cable (Kabel berlapis sulaman kain) sehingga kabelnya tidak terlalu kaku. Rapoo juga mengklaim bahwa konektor USB dari V16 menggunakan lapisan emas.

Paket Penjualan

Paket penjualan dari Rapoo Vpro V16 adalah seperti berikut ini:

Desain

Desain dari mouse yang satu ini dapat dibilang tidak istimewa. Bentuknya seperti kebanyakan mouse yang beredar di pasaran. Walaupun menggunakan nama gaming mouse, bobotnya ternyata hanya 111 gram saja. Beberapa gamer biasanya lebih nyaman saat bobot mouse mereka ditambahkan.

Mouse ini didesain memiliki lekukan tubuh yang sama antara kanan dan kirinya. Pada bagian atas mouse ini terbuat dari bahan polikarbonat plastik yang dibuat cukup kesat sehingga tidak licin. Akan tetapi, pada bagian sisi-sisinya tidak dibuat kesat. Dan pada bagian bawahnya terdapat lapisan karet yang licin sehingga mouse dapat mudah digeser di segala permukaan.

Di bagian tengah terdapat sebuah scroll yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan slider pada window di komputer Anda. Scroll ini juga dapat diklik untuk mendapatkan fungsi tambahan. Di bawah scroll-nya terdapat tombol untuk mengatur resolusi DPI-nya.

Pada sisi sebelah kiri terdapat dua buah tombol tambahan. Secara default tombol tersebut berfungsi sebagai back dan forward pada browser. Sayangnya, Rapoo tidak menyertakan software pada paket penjualannya. Pengguna harus melakukan download dari webpage resmi mereka.

Software

VPro V16 memiliki sebuah software yang mampu melakukan setting lebih dalam untuk setiap tombol yang ada. Software yang bernama VPro Unified Driver ini bahkan memiliki fungsi macro yang bisa digunakan pada beberapa game. Dan fungsi macro tersebut pun juga sudah memiliki beberapa profile bawaan.

Namun lampu LED yang ada pada mouse ini tidak dapat diubah warnanya. Jadi, pengguna tidak dapat mengubah warna oranye yang ada pada bagian logo dan sekitar scroll dari mouse ini.

Pengujian

Hal yang paling menyebalkan pada saat menggunakan mouse optical adalah saat berada di meja kaca. Seringkali mouse tidak akan bergerak sehingga sebuah mouse pad menjadi sebuah kebutuhan. Hal yang sama juga terjadi dengan menggunakan VPro V16.

Dengan menggunakan resolusi 2.000 DPI (dot per inch), mouse ini terasa cukup baik dalam melakukan beberapa gerakan yang membutuhkan ketelitian. Mouse ini pun dirasa cukup baik pada saat dipakai dengan menggunakan softwareediting gambar seperti Photoshop.

Rapoo Vpro V16 - With Laptop

Saat digunakan untuk bermain game, mouse ini juga cukup presisi saat digunakan. Sayangnya, bobot dari mouse ini cukup ringan sehingga sensasi saat bermain game FPS menjadi kurang nyaman. Akan tetapi, saat bermain game-game RTS, mouse ini terasa cukup nyaman saat digunakan.

Kesimpulan

Dalam membeli sebuah mouse, tentu saja tingkat kenyamanan seseorang dalam menggunakannya berbeda-beda. Rapoo menawarkan sebuah mouse gaming dengan bobot yang ringan namun memiliki tingkat presisi sebesar 2000 DPI. Selain itu, harga yang ditawarkan juga tergolong cukup murah.

VPro V16 dapat dengan nyaman digunakan saat melakukan editing gambar pada software-softwareediting kenamaan. Hal tersebut dikarenakan pengguna dapat menyesuaikan sendiri tingkat presisi sampai 2000 DPI. Hal ini membuatnya cocok digunakan oleh para editor foto maupun video.

Rapoo Vpro V16 - Light

Untuk bermain game, beberapa orang tidak akan nyaman dengan ringannya bobot V16. Namun, para penggemar game RTS bisa bermain dengan cukup nyaman dengan mouse ini.

Dengan harga Rp. 220.000 saja, mouse ini dapat dimiliki oleh semua kalangan. Namun, jika Anda seorang gamer profesional, mouse ini kemungkinan tidak cocok. Jika Anda seorang gamer amatir, mouse ini mungkin dapat menjadi langkah awal untuk menjadi seorang profesional.

Sparks

  • Harga Murah
  • Presisi sampai 2000 DPI
  • Tombol di pinggir mouse
  • Braided Cable
  • Software tambahan yang bisa mengubah fungsi tombol

Slacks

  • Terlalu ringan
  • Build terkesan rapuh