Dark
Light

Review OPPO Reno11 Pro 5G, Kamera Cakep Performa Lebih Bertenaga

3 mins read
February 28, 2024
review-oppo-reno11-pro-5g-hybrid-3

Bagi yang sedang mencari smartphone untuk produksi konten kreatif, yang mampu menghasilkan foto dan video berkualitas, Anda mungkin akan tertarik dengan OPPO Reno11 Pro 5G. Smartphone kelas menengah atas terbaru dari OPPO ini hadir dengan kamera utama kelas flagship dan berfitur cukup komplet.

Dijual dengan harga Rp8.999.000, Reno11 Pro 5G mengadopsi desain natural aesthetic yang cakep, ada warna Pearl White dan Rock Grey. Dibekali layar AMOLED 6,7 inci 120Hz dengan tepian samping agak melengkung, performanya lebih bertenaga dengan chipset MediaTek Dimensity 8200, dan sudah menjalankan ColorOS 14 berbasis Android 14.

Simak review OPPO Reno11 Pro 5G berikut ini untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangannya. Serta, apakah smartphone ini cocok untuk Anda atau tidak.

Desain Cakep dengan Layar Agak Melengkung

Saya kedapatan Reno11 Pro 5G dalam balutan warna klasik Rock Grey, yang tampil begitu elegan, tetap kalem dan juga netral. Sementara, untuk yang ingin terlihat lebih menonjol, Pearl White tampak anggun dan mudah mencuri perhatian orang yang melihatnya.

Desain modul kamera belakangnya bernama Sunshine Ring, masih menonjol cukup tebal tetapi diamankan dengan baik oleh case bawaannya. Untuk opsi klasik Rock Grey dilengkapi case bawaan berwarna abu-abu, sedangkan Pearl White mendapat case yang transparan.

Dalam genggaman tangan, kesan ramping sangat terasa berkat desain dual 3D curved glass. Enak dipegang dengan ketebalan 7,59 mm dan bobot 181 gram, serta memberikan kepuasan visual terutama saat nonton film dan bermain game. Sebab screen-to-body ratio di angka 93%, ditambah tepian samping yang agak melengkung.

Soal aspek layar, kualitasnya sudah tergolong bagus. Berukuran 6,7 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz. Memakai panel 10-bit AMOLED yang mampu menampilkan 1,07 miliar warna, sudah mendukung HDR10+, dilengkapi sertifikasi Amazon Prime HDR, dan memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 950 nits.

Lanjut ke penempatan tombol-tombolnya, tombol power dan volume berada di sisi kanan perangkat. Kemudian di atas dapat dijumpai IR blaster untuk remote control, serta mikrofon dan speaker sekunder. Sementara di area bawah, terdapat SIM Tray, port USB-C, serta mikrofon dan speaker utama.

Kamera Utama 50MP dengan Sensor Sony IMX890

Review-OPPO-Reno11-Pro-5G-Kamera-3

Saya mempercayakan urusan produksi konten pada Reno11 Pro 5G, karena kamera utamanya memang dapat diandalkan. OPPO menyematkan sensor gambar kelas flagship Sony IMX890 beresolusi 50MP, berukuran 1/1.56 inci dengan piksel 1 µm.

OPPO memadukannya dengan lensa wide 24mm f/1.8, lengkap dengan multi-directional phase detection autofocus (PDAF) dan optical image stabilization (OIS). Secara default, hasil fotonya 12,5MP dengan ukuran piksel sebesar 2 µm yang memberikan fleksibilitas memotret di berbagai kondisi pencahayaan.

Ditambah optimasi kemampuan fotografi komputasinya dengan algoritme OPPO HyperTone Imaging Engine bertenaga AI. Singkatnya dapat meningkatkan kejernihan gambar, rentang dinamis, dan kekayaan warna.

Kamera portrait telephoto dan kamera depannya menggunakan sensor gambar 32MP IMX709. Untuk lensa telephoto dengan focal length 47 mm tetap menjadi ‘mainan’ yang menyenangkan.

Saya suka bereksperimen untuk mengambil foto dan video produk, lumayan seru tetapi kurang bisa diseriusin karena sensornya kecil berukuran 1/2.74 inci. Tak jauh beda dengan kamera 8MP berlensa ultrawide-nya, pakai Sony IMX355 yang berukuran 1/4.0 inci.

Di bawah ini, beberapa hasil foto dari OPPO Reno11 Pro 5G:

ColorOS 14 dengan Chipset MediaTek Dimensity 8200

Review-OPPO-Reno11-Pro-5G-Performa-3

Salah satu perubahan terbesar model Pro dari Reno11 Series ini adalah chipset-nya yang menggunakan buatan MediaTek, bukan lagi dari Qualcomm. Chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G di Reno10 Pro 5G, diganti dengan Mediatek Dimensity 8200 di Reno11 Pro 5G.

SoC tersebut sudah dibuat dalam proses fabrikasi 4 nm, yang berarti lebih irit daya dan bisa memperpanjang masa pakai baterai. Dari segi CPU, basis prosesor octa-core yang diadopsi adalah Cortex-A78 untuk inti performa dengan kecepatan clock hingga 3,1GHz dan inti efisiensi Cortex-A55 pada 2GHz.

Ada dua hal lagi yang membuat Reno11 Pro 5G lebih baik. Konfigurasi memorinya menggunakan tipe yang lebih baru. Kapasitas RAM-nya 12GB, pakai tipe lebih cepat LPDDR5X @3200MHz. Pun demikian dengan penyimpanan internalnya, sekarang pakai UFS 3.1 dengan kapasitas 512GB.

Selain itu, perangkat ini sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 14 yang berbasis Android 14 generasi terbaru yang membawa sejumlah fitur AI. Tiga diantaranya adalah File Dock, Smart Touch, dan Smart Image Matting yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sehari-hari.

Baterainya berkapasitas 4.600 mAh dengan pengisian daya cepat 80W SUPERVOOC Flash Charging. Untuk mengisi daya mencapai 24% hanya dibutuhkan waktu 5 menit dan 100% dalam 28 menit saja.

Verdict Review OPPO Reno11 Pro 5G

Review-OPPO-Reno11-Pro-5G-Layar-6

Secara keseluruhan, OPPO Reno11 Pro 5G adalah smartphone kelas menengah atas yang menarik dengan kombinasi desain yang elegan, kamera yang kuat, dan performa yang cepat. Menjalankan ColorOS 14 berbasis Android 14 yang menawarkan pengalaman penggunaan yang mulus dan memuaskan.

Dengan harga mencapai Rp8.999.000, terbilang cukup mahal dan spesifikasinya agak tanggung. Namun sekali lagi, hampir semua aspek utama pada Reno11 Pro 5G itu bisa dikatakan bagus, meskipun ada beberapa bagian yang standar juga.

Sparks

  • Desain dual 3D curved glass yang cakep dengan tepian layar agak melengkung
  • Layar menawan dengan refresh rate 120Hz dan mendukung HDR10+
  • Kamera utama level flagship dengan sensor gambar kelas flagship Sony IMX890
  • Menjalan ColorOS 14 dengan fitur bertenaga AI
  • Chipset lebih bertenaga MediaTek Dimensity 8200 

Slacks

  • Harga relatif mahal dan naik dibanding pendahulunya
  • Tidak ada peningkatan pada kamera sekunder
  • Posisi dan spesifikasinya agak tanggung 
Previous Story

OPPO Reno11 F 5G Resmi Meluncur, Janjikan Update Fitur AI Generatif

Redmi Note 13 Series dan Iconic Wearables Resmi Hadir di Indonesia
Next Story

Xiaomi Hadirkan 5 Smartphone Redmi Note 13 Series, Ini Keunggulannya

Latest from Blog

Don't Miss

Unboxing CMF Phone 1

Impresi Pertama CMF Phone 1: Gegas, Modular dan Menyenangkan!

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto –

OPPO Siap Rilis Reno12 Series, Akan Gelar Banyak Acara

OPPO tengah bersiap untuk merilis perangkat baru yaitu Reno12 Series.