Dark
Light

Review OPPO A3 Pro 5G: Tangguh dan Tahan Banting

5 mins read
July 30, 2024

OPPO A3 Pro 5G hadir di Indonesia dengan membawa fitur unggulan yang cukup menarik di segmen menengah. Jika smartphone lain berlomba-lomba pada performa dan kamera, OPPO A3 Pro 5G justru mengedepankan bodi tangguh dan tahan banting untuk menangani skenario yang ekstrim sekalipun.

Meski mengedepankan durabilitas tinggi serta sudah mengantongi sertifikasi berstandar militer, perangkat ini tetap tampil stylish dengan dimensi yang ramping dan ringan.

Penasaran seperti apa ketangguhan, kinerja, dan kemampuan kameranya? Langsung saja simak review OPPO A3 Pro 5G berikut ini.

Tahan Benturan 360 Derajat

OPPO A3 Pro 5G memiliki rancangan bodi dengan standar MIL-STD 810H Tahan Benturan Tingkat Militer. Ponsel ini mampu menahan kerusakan 360 derajat dari kondisi seperti terjatuh, terlindas, atau terlempar.

Bukan cuma bodinya, OPPO melindungi bagian layar dari A3 Pro 5G dengan lapisan Panda Glass dan China Southern Glass yang kuat. Anda tidak perlu khawatir ketika smartphone ini terjatuh dengan posisi layar menghadap ke bawah, atau ketika bagian sudutnya membentur permukaan keras.

Mungkin banyak dari Anda yang beranggapan bahwa ketangguhan bodi dari OPPO A3 Pro 5G hanya sekadar gimmick belaka. Faktanya, OPPO sempat menantang para pengunjung di Pekan Raya Jakarta 2024 untuk melempar perangkat ini ke ring basket setinggi kurang lebih 3 meter.

Setelah dicoba oleh ratusan pengunjung di PRJ, OPPO A3 Pro 5G tetap bertahan dan berfungsi normal. Redaksi Hybrid juga telah membuktikan sendiri ketangguhannya dengan menguji jatuh berkali-kali serta menggunakan perangkat ini untuk bermain basket, dan hasilnya tidak ada kendala apapun bahkan layarnya tetap mulus.

Bodi tangguh seperti ini tentu punya beragam benefit dalam penggunaan sehari-hari. Salah satunya adalah ketika ponsel dimainkan oleh anak. Selain itu, OPPO A3 Pro 5G cocok digunakan oleh Anda yang sering melakukan aktivitas outdoor.

Ketangguhan OPPO A3 Pro 5G turut didukung oleh Anti-Drop Shield Case yang sudah termasuk dalam kemasan. Softcase yang disebut OPPO bakal menjadi standar baru untuk melindungi ponsel dari benturan keras, dan dapat bertahan dari 450 rotasi dalam uji tumbukan.

Menurut OPPO, Anti-Drop Shield Case memberikan perlindungan ekstra pada bodi OPPO A3 Pro 5G agar terhindar dari kerusakan. Peningkatan perlindungannya sebesar 200% jika dibandingkan tanpa case ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Selain guncangan dan benturan, OPPO A3 Pro 5G juga tahan air maupun debu dengan rating IP54. Layarnya mendukung fitur Splash Touch, yang artinya tetap responsif untuk dioperasikan meski tangan Anda basah atau layar tersiram air.

Dengan rancangan bodi yang ultra kuat, OPPO A3 Pro 5G tetap mengusung desain yang stylish. Dimensinya seperti smartphone pada umumnya. Bodinya tipis, dengan ketebalan hanya 7,68mm dan berat sekitar 186 gram. Sementara bagian frame-nya memakai finishing metalik sehingga memberikan kesan premium.

OPPO menyediakan dua pilihan warna, yaitu Moonlight Purple seperti yang ada di review OPPO A3 Pro 5G Hybrid kali ini, serta Starry Black. Untuk Moonlight Purple, bagian belakangnya tampak seperti bulan sabit di langit ungu gelap, dengan efek yang dapat berubah ketika terpapar cahaya.

Pada bagian depan Anda akan menemukan layar dengan punch hole mungil di tengah untuk menampung kamera selfie. Bezel di sekitar layar memang bukan yang paling tipis, namun masih dalam batas wajar karena untuk kebutuhan durabilitas.

Di sisi bawah terdapat port USB-C bersama dengan grill speaker, mikrofon, serta port audi0 jack 3.5mm. Ya, smartphone ini masih punya lubang jack 3.5mm untuk memasang headset kabel. Sementara tombol power sekaligus sensor sidik jari berdampingan dengan tombol pengaturan volume di sisi sebelah kanan.

Seperti produk OPPO pada umumnya, paket penjualan A3 Pro 5G sudah lengkap. Anda diberikan Anti-Drop Shield Case dengan kualitas yang bagus, kepala charger SUPERVOOC, kabel USB-C, serta beberapa item standar lainnya.

Layar Kuat

OPPO A3 Pro 5G menggunakan layar 6,67 inci HD+ dengan refresh rate 120Hz. Layar ini dipersenjatai Panda Glass dan China Southern Glass, lapisan kaca yang sangat kuat untuk menahan goresan dan benturan. Dibanding kaca biasa, durabilitas Panda Glass dan China Southern Glass telah ditingkatkan dua kali lipat.

Soal kualitas layarnya tergolong baik. Resolusinya memang masih HD+ saja, belum Full HD+ sesuai standar smartphone kelas menengah. Untungnya kualitas visual yang disajikan masih oke. Selain itu dari segi konsumsi daya secara teori juga lebih efisien.

Warna yang disajikan pun cukup memanjakan mata. Tingkat kecerahannya mencapai 1000 nits, sehingga ideal untuk pemakaian di luar ruangan dengan cahaya matahari yang terik. Layar ini juga telah memiliki sertifikasi Widevine L1 untuk menampilkan konten dari platform streaming seperti Netflix dengan kualitas HD.

Performa Gesit dengan Dimensity 6300

OPPO A3 Pro 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 6300 (6nm) untuk menunjang performanya. Chipset kelas menengah ini mengusung prosesor octa-core 2.4GHz, dan punya kinerja yang baik untuk memberikan pengalaman penggunaan yang gesit sehari-hari.

Demi mendukung kebutuhan multitasking, Dimensity 6300 (6nm) ditemani RAM 8 GB serta fitur RAM Expansion hingga 8 GB. Total RAM yang bisa tersedia adalah 16 GB, memungkinkan Anda membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa kendala. Sedangkan untuk penyimpanan, OPPO menyediakan storage 256 GB serta slot microSD hingga kapasitas 1 TB.

Perpaduan hardware seperti ini sudah sangat memadai untuk pemakaian standar sehari-hari seperti komunikasi, chatting, streaming, media sosial, dan sebagainya. OPPO mengklaim, A3 Pro 5G telah lulus pengujian untuk memastikan performanya tetap optimal sampai setidaknya 50 bulan pemakaian. Cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Lalu, bagaimana dengan performa gaming-nya? Ketika diajak menjalankan game Mobile Legends: Bang Bang, OPPO A3 Pro 5G bisa memberikan pengaturan grafis hingga Ultra dengan High Frame Rate di setting High.

Selama permainan game berjalan dengan mulus tanpa kendala, termasuk pada adegan battle yang ramai. Frame rate-nya pun relatif stabil, tidak naik turun. Selain itu, suhu ponsel selalu dalam batas aman meski dimainkan dalam durasi yang lama.

Sekadar informasi tambahan, OPPO berkolaborasi dengan Mobile Legends: Bang Bang untuk menghadirkan desain packaging eksklusif, dengan hero baru “Zhuxin” yang menjadi bintangnya.

Smartphone tangguh tanpa baterai awet pastinya kurang lengkap. Untuk itu, OPPO A3 Pro 5G dibekali baterai 5.100 mAh Hyper Energy yang dirancang untuk ketahanan lebih lama. Bahkan, baterai ini dijanjikan dapat bertahan dengan kapasitas lebih dari 80%, meski telah melalui 1.600 siklus pengisian daya (4 tahun). Hal ini turut didukung teknologi Smart Charging yang dapat menjaga umur baterai.

Untuk penggunaan sehari-hari pun daya tahan baterainya sangat baik. OPPO A3 Pro 5G dapat menemani aktivitas sejak pagi hingga malam hari tanpa khawatir baterai habis di tengah jalan. Ketika harus mengisi daya, fitur 45W SUPERVOOC dapat mengisi hingga 100% dalam waktu sekitar 70 menit saja.

Kamera 50 MP

Lanjut ke pembahasan kamera, OPPO A3 Pro 5G menawarkan sensor utama 50 MP yang didampingi kamera portrait 2 MP. Sayangnya tidak ada kamera ultrawide di sini yang sebenarnya cukup berguna untuk skenario pemotretan sehari-hari.

Hasil fotonya terbilang jernih pada kondisi cahaya yang melimpah. Detail yang ditangkap sudah cukup baik, dengan sajian warna yang cenderung lebih ke arah natural. Dynamic range kamera utamanya masih standar ponsel menengah.

Ketika diajak memotret di kondisi cahaya yang lebih menantang, mode Night pada kamera OPPO A3 Pro 5G masih sanggup menghasilkan foto yang terang dengan exposure yang pas. Untuk foto malam hari, kamera ini juga mampu memberikan nuansa yang sesuai dengan aslinya. Penurunan detail tentu ada, namun masih dalam batas wajar.

Berikut adalah beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera dari OPPO A3 Pro 5G:

 

 

Untuk urusan perekaman video, Anda diberikan opsi 1080p 30fps pada kamera depan, serta 1080p 60fps pada kamera belakang. Pada setting 60fps, stabilisasinya masih perlu ditingkatkan lagi.

Kesimpulan review OPPO A3 Pro

OPPO A3 Pro 5G dijual dengan harga Rp3.999.000. Opsi yang sangat menggiurkan bagi Anda yang mencari ponsel menengah dengan durabilitas tinggi untuk menemani aktivitas di luar ruangan. Bagi yang punya anak kecil pun smartphone ini bisa menjadi pilihan, karena ketangguhannya dalam meredam berbagai skenario benturan.

Dari segi desain, OPPO A3 Pro tampil menawan untuk ukuran ponsel tangguh. Anda tetap bisa tampil gaya di berbagai kesempatan, sembari tetap merasa aman berkat kekuatan bodi dan dukungan Anti-Drop Shield Case. 

Sparks:

  • Bodi tangguh berstandar militer
  • Anti-Drop Shield Case
  • Desain menarik
  • Layar dilindungi Panda Glass dan China Southern Glass
  • Performa lancar dengan Dimensity 6300
  • Kamera 50 MP
  • Port audio jack 3.5mm
  • Jaminan performa lancar hingga 50 bulan

Slacks:

  • Resolusi layar masih HD+
  • Speaker mono
  • Tidak ada kamera ultrawide
Previous Story

OpenAI Umumkan SearchGPT, Mesin Pencarian Berbasis AI

Next Story

Samsung Galaxy Z Flip6 Akhirnya Mendukung Fitur Expert RAW

Latest from Blog

Don't Miss

Review POCO F6

Review POCO F6: Kencang di Kelasnya Bawa Snapdragon 8s Gen 3

Melalui jajaran F Series, POCO selalu mengedepankan jargon ‘Flagship Killer’.

Resmi Rilis, Ini Fitur dan Harga Dua Perangkat Reno 12 Series Terbaru

OPPO baru saja merilis seri smartphone terbarunya, Reno12 Pro 5G