Hybrid
for SEO
Hybrid

[Review] IT Smart Air Purifier S130: Udara Bersih dengan Kendali via Smartphone

3 February 2022Dimas Galih W.

Butuh rumah dengan udara yang bersih? IT Smart Air Purifier S130 bisa menjadi pilihan yang tepat

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, memang tidak akan mungkin bisa menghirup udara bersih dan segar seperti di pedesaan. Apalagi, kualitas udara di perkotaan seperti Jakarta sering kali mendapatkan nilai buruk pada beberapa situs pengukur kebersihan udara. Untuk mereka yang tinggal di apartemen di tengah kota, tentu saja harus khawatir mengenai kebersihan udara. Untungnya, saat ini sudah tersedia produk untuk membersihkan udara.

Salah satu produk pembersih udara yang cukup andal untuk digunakan adalah IT Smart Air Purifier S130 dari IT (dibaca it, bukan ayti). Pembersih udara ini menawarkan perlindungan yang cukup lengkap untuk membuat udara menjadi lebih segar. Hal tersebut dikarenakan IT Smart Air Purifier S130 memiliki filter HEPA dan UV-C Sterilization. Selain menyaring debu, filter yang ada pada IT Smart Air Purifier S130 juga bisa menyaring virus dan bakteri.

IT bekerja sama dengan Tuya dalam menjual produk yang satu ini. Hal tersebut juga terlihat dari logo Tuya yang ada pada paket penjualan perangkat yang satu ini. Hasil kerja sama ini membuat IT Smart Air Purifier S130 bisa dikendalikan melalui koneksi internet. IT Smart Air Purifier S130 juga ternyata bisa dikendalikan melalui suara.

Spesifikasi dari IT Smart Air Purifier S130 dapat dilihat pada tabel berikut ini

BahanPlastik ABS
Dimensi388 x 195 x 195 mm
Bobot1,9 KG
Penggunaan daya22 watt
FilterHEPA, Active Carbon
CADR130 m³/h
Cakupan area16 ㎡

IT memberikan garansi 2 tahun untuk produk yang satu ini. Tentunya, IT juga akan menjual filter pengganti saat filter yang digunakan sudah terlalu kotor. Semua itu bisa langsung dipesan melalui website Eraspace sebagai distributor langsung dari produk ini.

Charger

IT Smart Air Purifier S130 datang dengan sebuah charger. Ujung dari charger ini sepertinya cukup universal sehingga kemungkinan bisa dengan mudah ditemukan di pasar saat terjadi kerusakan. Output-nya sendiri adalah 28,8 watt.

Desain

Jika kebanyakan produk Air purifier berbentuk kotak, beda dengan IT Smart Air Purifier S130. IT memilih bentuk tabung dengan warna putih. Keseluruhan dari IT Smart Air Purifier S130 sendiri terbuat dari plastik ABS yang memang tidak terlalu kokoh. Saya sendiri akan cukup berhati-hati agar perangkat ini tidak jatuh karena bisa saja retak atau pecah.

IT Smart Air Purifier S130 memiliki tinggi 388 mm atau sekitar lutut dari orang dewasa. Bobotnya sendiri cukup ringan yang tidak lebih dari 2 kg dan mudah untuk diangkat ke mana saja. Dengan warna putih, sepertinya perangkat ini harus sering dibersihkan karena akan membuat debu menempel pada sisi-sisinya.

Pada bagian atasnya terdapat kisi-kisi untuk menyemburkan udara segar yang sudah disaring. Pada bagian tersebut juga terdapat sebuah panel kontrol dengan fungsi sentuh. Tentu saja, panel sentuh ini juga bisa dioperasikan langsung pada aplikasi bawaan IT melalui koneksi internet. Di bawah kisi-kisi tersebut terdapat sebuah kipas besar.

Pada bagian bawahnya terdapat sebuah kontainer yang diisikan filter. Filter ini sendiri terdiri dari 3 bagian, yaitu Pre-filter, HEPA, dan active carbonPre filter bertugas untuk menyaring kotoran yang berukuran besar seperti rambut dan debu. HEPA sendiri yang akan menyaring partikel berukuran 0,3 mikron seperti virus dan bakteri.

Penyaring ke 3 merupakan active carbon yang akan menyaring bau serta gas berbahaya lainnya. IT Smart Air Purifier S130 juga memiliki sinar ultraviolet di bagian dalamnya. Sinar ini sendiri mampu membunuh hampir semua virus, bakteri, serta kuman yang ada di udara. Hal ini tentu saja membuat udara yang dihembuskan menjadi lebih bersih.

IT memiliki aplikasi tersendiri yang dinamakan IT Smart. Aplikasi ini sendiri sangat mudah digunakan bahkan untuk mereka yang awam sekalipun. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa langsung mengendalikan IT Smart Air Purifier S130 dari jarak jauh. Tentunya, hal tersebut bisa dilakukan setelah pairing.

Pengalaman Menggunakan

Terus terang, IT Smart Air Purifier S130 merupakan perangkat air purifier pertama yang saya gunakan. Jadi, saya belum sepenuhnya pernah merasakan seperti apa udara di sekitar saat setelah dan sebelum menggunakan air purifier. Untungnya, IT mengirimkan perangkat yang satu ini agar saya bisa merasakan seperti apa rasanya menghirup udara yang segar.

Untuk membuat perangkat ini bisa bekerja, tentu saja saya harus membuka bagian filternya. Hal tersebut dikarenakan filternya masih terbungkus dengan plastik. Pemasangannya sendiri sangat mudah, yaitu tinggal menaruhkan filternya langsung di bagian dalam IT Smart Air Purifier S130. Setelah itu, tutup bagian bawahnya.

Hal pertama setelah mengetahui perangkat ini merupakan smart air purifier, tentu saja saya langsung melakukan download aplikasi bernama IT Smart. Setelah melakukan pendaftaran, saya langsung melakukan pairing. Ada satu masalah yang saya temukan di mana aplikasi tersebut meminta saya untuk menyentuh sebuah tombol yang ternyata tidak ada pada IT Smart Air Purifier S130.

Setelah mencari beberapa referensi, ternyata tombol yang dimaksud adalah menyentuh tombol timer dalam beberapa detik. Setelah itu, IT Smart Air Purifier S130 dan IT Smart langsung melakukan pairing dengan SSID WiFi saya. Seperti biasa, sayangnya, perangkat ini tidak mendukung jaringan 5 GHz yang memiliki bandwidth lebih luas dalam hal jumlah perangkat yang terhubungkan.

Setelah berhasil, ternyata ada beberapa pilihan yang memang hanya ada pada aplikasinya. Hal tersebut seperti mengaktifkan sinar UV-C yang hanya bisa dilakukan pada menu setting. Pada layar yang sama, kita bisa mengunci tombol sentuh agar tidak dimainkan oleh anak-anak, melakukan reset filter, dan lain sebagainya.

Saat pertama kali dinyalakan, IT Smart Air Purifier S130 akan langsung menyemburkan angin segar dari tengahnya. Namun jika saya perhatikan, ternyata pada sekitar 15 detik pertama perangkat ini mendeteksi kadar udara yang ada di sekitarnya. Aplikasinya pun akan langsung mendeteksi bahwa udara di sekitar buruk, walaupun setelah sekitar 15 detik langsung berubah hasil deteksinya menjadi baik.

Sayangnya (atau malah untungnya, ya?), rumah saya masih memiliki kadar udara yang bagus. Hal tersebut langsung terdeteksi oleh IT Smart Air Purifier S130, sehingga alat ini langsung memelankan putaran kipasnya. Secara default, perangkat ini ada dalam posisi putaran auto. Jika dibutuhkan, kita bisa memilih putaran kencang langsung dari aplikasi mau pun panel sentuhnya.

Kita juga bisa memasangkan timer pada IT Smart Air Purifier S130. Pemasangan ini bisa kita lakukan langsung pada panel sentuh mau pun melalui aplikasi dengan  2 pilihan untuk timer, yaitu 4 jam dan 8 jam. Pada layar aplikasinya, kita juga bisa melihat seberapa baik filter yang digunakan. Jika indikatornya sudah mencapai di bawah 10%, ada baiknya untuk membeli filter pengganti agar bisa menyaring udara dengan lebih baik.

Saatnya menguji udara yang ada sebelum dan setelah alat pembersih udara ini dinyalakan. Jujur saja, saya merasa tidak terlalu beda saat mengujinya. Akan tetapi, saya cukup memperhatikan di mana anak saya menjadi tidak bersin pada saat alat ini dicoba dipasang pada kamar mereka. Hal ini juga berujung pada lancarnya kegiatan school from home.

Selain membersihkan udara, IT Smart Air Purifier S130 juga membuat ruang di sekitar menjadi lebih adem. Hembusan kipasnya saat dipasang pada kecepatan penuh akan sama seperti sebuah kipas angin. Jadi, perangkat ini mampu juga menyejukkan ruangan. Bagi Anda yang tidak memiliki fungsi ion pada AC juga bisa menggunakan air purifier ini untuk membersihkan udara.

Alat ini mungkin akan sangat cocok untuk mereka yang tinggal di apartemen yang berlokasi dekat jalan protokol. Tentu saja asap kendaraan akan sangat mengganggu udara yang kita hirup. IT Smart Air Purifier S130 bisa menjadi sebuah solusi kesehatan yang menyaring partikel-partikel buruk bagi kesehatan.

IT juga mengatakan bahwa perangkat ini mampu menyaring virus, bakteri, dan juga kuman. Alat ini selalu saya pasang pada saat ada tamu yang datang, serta saat saya pulang dari tempat perbelanjaan. Tentu saja saya tidak ingin adanya virus dan bakteri yang terbang dari pakaian yang sudah saya gunakan dan menempel pada suatu tempat.

Terakhir, alat ini bisa langsung dihubungkan dengan Google Assistant. Hal tersebut membuat pengguna bisa langsung menyalakan dan mematikan perangkat ini melalui perintah suara. Cukup keren, bukan?

Verdict

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kualitas udara di perkotaan memang buruk. Hal ini dipicu oleh polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan yang melintas dan juga sampah yang betebaran. Polusi tentu saja menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, IT memiliki sebuah solusi dengan IT Smart Air Purifier S130.

Penyaring udara ini mampu membersihkan udara di sekitar kita dengan cepat. Hal tersebut berkat 3 filterisasi serta tambahan UV-C yang ada didalam IT Smart Air Purifier S130. Filter ini bahkan bisa menyaring bau tidak sedap sehingga udara yang kita hirup bisa menjadi lebih segar.

IT menjual  Smart Air Purifier S130 dengan harga Rp. 1.499.000 saja. Tentunya harga seperti ini akan lebih murah dibandingkan dengan membersihkan tubuh dari racun-racun yang berasal dari polusi udara. IT juga menjual filter penggantinya dengan harga Rp. 300.000 saja. Dan sekarang, menghirup udara bersih tidak lagi harus pergi ke pedesaan.

Sparks

  • Menyejukkan dan membersihkan udara di sekitarnya
  • Pengoperasian bisa melalui smartphone dengan internet
  • Menggunakan 3 filter dan UV-C
  • Memiliki bobot yang ringan
  • Memiliki fitur timer

Slacks

  • Built badannya seperti kurang kokoh
  • Jangkauan wifi kurang kuat
Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV