Dark
Light

Review Huawei MateBook D14 2023: Laptop Tipis Desain Premium Intel Generasi 12 Terjangkau dengan Ekosistem HarmonyOS

5 mins read
July 21, 2023
Review Huawei MateBook D14 2023

Semenjak mengeluarkan solusi Smart Office di Bangkok pada tahun 2022 yang lalu, Huawei sepertinya lebih gencar dalam meluncurkan perangkat pada ekosistem tersebut. Di Indonesia sendiri, Huawei sudah meluncurkan perangkat laptop baru yang tergabung pada ekosistem tersebut. Salah satunya adalah Huawei Matebook D14 2023 yang memiliki beberapa pembaruan jika dibandingkan dengan model tahun lalu.

Laptop yang satu ini sudah ada sekitar 1 bulan di meja pengujian Hybrid semenjak peluncurannya bulan lalu. Untuk wilayah Indonesia, Huawei hanya memasukkan laptop Matebook D14 dengan prosesor Intel Core i5-1240P. Prosesor dengan arsitektur yang menggunakan inti performa dan efisien ini juga sudah dilengkapi dengan grafis terintegrasi yang sama dengan generasi 11.

Review Huawei MateBook D14 2023

Huawei juga membawa teknologi penguat sinyal WiFi dengan Metalline Antenna. Pada laptop ini juga sudah memiliki solusi Smart Office seperti Super Device dan Super Hub. Huawei juga sudah memindahkan kamera dari tengah antara tombol keyboard F6 dan F7 ke atas dan diganti dengan tombol WiFi. Dan terakhir, laptop ini punya fitur AI noise cancelling yang ada pada laptop dengan prosesor terbaru.

Spesifikasi lengkap dari review Huawei MateBook D14 2023 yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Huawei MateBook D14 2023
Prosesor Intel Core i5 1240P (4P-8E-16T) 1,2 GHz, Turbo 4,4 GHz
GPU Intel Iris Xe 80 EU
RAM 8 GB LPDDR4 3600 MHz Dual Channel
Storage 511BS0512HB M.2 NVMe PCI-e 3.0 512 GB
Layar IPS 14 inci 1920 x 1200 16:10 60 Hz
WiFi 802.11 ax atau WiFi 6
Bobot 1,39 kg
Sistem operasi Windows 11 Home
Dimensi 314,5 × 227,79 × 15,9 mm
Baterai 56 Wh / 7330 mAh

Berikut adalah hasil pemindaian dari CPU-Z dan GPU-Z

Sama seperti laptop Huawei lainnya, perangkat ini akan lebih mudah digunakan pada ekosistem HarmonyOS. Perpindahan data akan lebih mudah saat berada pada ekosistem tersebut. Ekosistem ini sendiri tidak akan berjalan jika salah satunya bukan perangkat dari Huawei.

Unboxing: Charger

Didalam paket penjualannya, selain dokumen dan kartu garansi, hanya terdapat charger USB-C yang sudah menyatu dengan kabelnya. Charger tersebut memiliki daya 65 watt yang tentunya sudah didukung oleh USB 3.2 yang ada pada laptopnya. Pada unit yang saya dapatkan, charger-nya tidak menggunakan colokan standar Indonesia.

Desain

Huawei MateBook D14 2023 yang saya dapatkan memiliki warna Mystic Silver. Untuk desainnya, Huawei mengatakan bahwa perangkat ini full metal design. Dan memang, saat digenggam laptop ini terasa sangat kokoh. Selain itu, finishing dari laptop ini membuatnya akan terbebas dari minyak sidik jari sehingga tidak akan terlihat kotor.

Huawei MatePad D14 menggunakan layar dengan jenis IPS yang memiliki resolusi 1920 x 1200 dengan refresh rate 60 Hz. Dimensi dari layar ini adalah 14 inci dengan rasio 16:10 yang memang cocok digunakan untuk bekerja Office karena lebih lebar 10%. Layar ini juga dihiasi dengan bingkai yang kecil yang juga disematkan kamera pada bagian atasnya. Sebagai gantinya, tombol kamera yang ada di keyboard berganti menjadi tombol WiFi.

Satu hal yang menjadi kekurangan yang ada pada keyboard-nya adalah tidak ada backlit. Hal ini membuat mereka yang bekerja pada ruangan yang cahayanya kurang terang akan cukup kesulitan dalam menekan tombol keyboard. Keyboard-nya sendiri juga cukup nyaman dengan respon sentuhan yang pendek. Desain antar tombol juga cukup dekat sehingga nyaman dipakai untuk mengetik dan tombolnya sendiri juga cukup besar.

Pada bagian atas kanan dari keyboard-nya, terdapat tombol power yang tergabung dengan sensor sidik jari. Pada bagian bawah keyboard terdapat sebuah touchpad yang cukup responsif dan juga cukup nyaman saat ditekan pada bagian kanan dan kirinya. Antena WiFi yang ada dilaptop ini memiliki teknologi Metalline Antenna sehingga mampu menangkap sinyal lebih baik dari kebanyakan laptop sejenis.

Pada bagian kanannya terdapat sebuah port USB 2.0. Pada bagian kirinya terdapat sebuah port USB-C USB-C 3.2 Gen 1, USB A 3.2 Gen 1, HDMI 1,4 dan audio 3,5mm. Walau belum memakai prosesor dengan hardware AI, laptop ini sudah memiliki fitur follow cam dan juga AI noise cancelling sehingga suara tak akan berisik dan pengguna akan tetap di tengah saat melakukan panggilan video.

Sistem operasi yang terpasang pada laptop Huawei MateBook D14 adalah Windows 11 Home.  Untuk update dan mode performa, selain menekan Fn + P, juga bisa dilakukan melalui software bawaan MateBook 14s yang bernama Huawei PC Manager. Laptop ini juga sudah mendukung fitur Super Device yang bisa langsung menghubungkan perangkat-perangkat Huawei lainnya serta SuperHub yang memudahkan pemindahan data.

Pengujian Huawei MateBook D14 2023

Perangkat Huawei MateBook D14 2023 ini menggunakan prosesor Intel Core i Generasi ke 12 dengan nama kode Alder Lake. Pada unit yang beredar di Indonesia, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5 1240p yang memiliki 4 inti P-Core, 8 inti E-Core, dan 16 threads dengan kecepatan 1,2 GHz dan saat Turbo-nya menyala akan mencapai kecepatan 4,4 GHz. Prosesor ini menggunakan proses pabrikasi 10 nm Intel 7 dengan TDP 28 watt yang bisa meningkat hingga 64 watt saat turbo-nya menyala.

Review Huawei MateBook D14 2023

Laptop ini menggunakan grafis terintegrasi Intel Iris Xe. Grafis terintegrasi yang digunakan memiliki 80 compute unit dan memiliki kecepatan 1,3 GHz. RAM DDR4 yang terpasang pada perangkat ini juga sudah menggunakan mode dual channel dengan kapasitas 8 GB. Untuk media penyimpanannya, HP menggunakan 511BS0512HB SSD PCIe 4.0 NVMe dengan kapasitas 512 GB dengan kontroler Phison.

Bekerja dan (belum) bermain

Penggunaan prosesor Intel generasi ke 12 sendiri sudah memastikan bahwa laptop ini bisa berjalan dengan cukup kencang. Selama menggunakannya, perangkat ini memang tidak berkendala sama sekali. Sayang memang, saya hanya menggunakan laptop ini untuk bekerja (menulis artikel ini). Saya hanya menggunakan Valorant untuk bermain di laptop ini.

Untuk memberikan Anda patokan mengenai kinerja perangkat dengan Intel Core i5 1240P ini, saya akan menggunakan beberapa program benchmark. Hasilnya bisa dilihat pada pengujian Cinebench, Geekbench, serta 3DMark CPU Profile. Untuk kinerja sistem secara keseluruhan, PCMark 10 bisa menjadi panduan untuk mengetahui kinerjanya. Berikut adalah hasilnya.

Pengujian Baterai dalam review laptop Huawei Matebook D14 2023

Hybrid.co.id menguji laptop yang satu ini berdasarkan berapa lama sebuah perangkat bisa menonton file video 1080p dengan container file MP4. Perlu diketahui bahwa tidak satu tes baterai pun yang mampu memberikan hasil yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Hanya saja, sebuah riset pernah dilakukan untuk mengukur pemakaian sebuah laptop.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini ternyata bisa bertahan selama 12 jam 24 menit. Hasil tersebut saya ulang sekitar 3 kali untuk memastikan rentang waktunya. Hasil ini bisa jadi lebih lama saat menggunakan aplikasi seperti Office atau web browsing. Untuk bermain game, tentu saja hasilnya bisa lebih pendek.

Verdict Review Huawei MateBook D14 2023

Laptop yang dipakai untuk bekerja di mana saja memang harus memiliki kinerja yang sangat baik. Selain dengan bobot ringan, perangkat tersebut juga harus memiliki beberapa fitur tambahan yang menolong penggunanya dalam bekerja. Huawei memiliki laptop yang bisa memecahkan solusi tersebut dan memiliki rentang harga yang cukup terjangkau. Laptop tersebut adalah Huawei MateBook D14 2023.

Dengan menggunakan Intel Core i5 1240P, laptop ini memiliki kinerja yang kencang. Selain untuk bekerja, laptop ini juga bisa dipakai untuk bermain game ringan disela-sela istirahat menghilangkan kepenatan. Hal tersebut juga berarti selain Office, perangkat ini bisa digunakan untuk melakukan editing gambar dan video ringan. Sayang memang, pilihan RAM di Indonesia hanya 8 GB dan tidak bisa ditingkatkan kapasitasnya.

Daya tahan baterai pada laptop ini memang cukup baik dimana bisa hampir 13 jam. Hal tersebut juga berarti bahwa kita tidak perlu kesulitan mencari colokan pada saat bekerja di luar rumah seperti kafe selama seharian. Fitur laptop ini juga future proof seperti follow cam dan AI noise cancelling yang sedang ramai dibicarakan pada prosesor baru seperti Intel Generasi ke 14 dan Ryzen AI.

Huawei MateBook D14 2023 dijual di Indonesia dengan harga resmi Rp. 10.499.000, dimana masih banyak perangkat dengan Gen 11 pada harga ini. Harga tersebut termasuk beberapa bonus seperti backpack, mouse, serta Office 365. Walau tidak memiliki perangkat lain pada ekosistem HarmonyOS, laptop ini juga menarik untuk dimiliki bagi mereka yang membutuhkan perangkat untuk bekerja di mana saja.

Sparks

  • Kinerja tinggi dengan Intel Core i5 1240P
  • Huawei PC Manager, Super Device, dan Super Hub untuk akses ekosistem yang lebih baik
  • Layar dengan rasio 16:10 yang lebih nyaman untuk bekerja
  • Body yang ramping, tipis, serta kokoh
  • Daya tahan baterai yang cukup panjang, hampir 13 jam

Slacks

  • Fitur Super Device dan Super Hub hanya berlaku untuk perangkat Huawei saja
  • Tidak bisa menambah kapasitas RAM
  • Tidak ada Thunderbolt
  • Pilihan RAM hanya 8 GB saja

Dimas Galih W.

Tempat bertanya segala macam spesifikasi teknis, suka banget GCam, review gadget dan PC adalah koentji. Hampir 95% foto yang saya terbitkan menggunakan GCam.

Previous Story

Thailand Juara IFeL SEA Championship 2023, Indonesia Harus Puas Sebagai Runner-up

Dragon Nest 2: Evolution Indonesia
Next Story

Pertahankan Gameplay Khas, Dragon Nest 2: Evolution Resmi Rilis di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Huawei MateBook X Pro

Huawei Segera Hadirkan Laptop Matebook Flagship Mereka di Indonesia

Pasar laptop kerja memang terus berkembang di Indonesia. Maka tidak
Huawei MatePad 11.5 S

Tablet Huawei MatePad 11.5 S Siap Hadir di Indonesia

Kesuksesan tablet Huawei MatePad sebagai pionir tablet berlayar PaperMatte membuat