Dark
Light

HP OMEN Transcend 16, Laptop Gaming OMEN Teramping dan Teringan untuk Gamer Modern

4 mins read
September 23, 2024
Review-HP-OMEN-Transcend-16,-Laptop-Gaming-OMEN-Teramping-dan-Teringan-untuk-Gamer-Modern

Zaman sudah berubah, gamer masa kini bukan lagi sosok yang hanya terkurung di kamar dengan setup PC desktop yang kompleks. Pernahkah Anda membayangkan bahwa para gamer ini bisa jadi juga seorang desainer grafis, editor video, streamer dan content creator, dan sebagainya.

Ya, para generasi gamer terkini memiliki banyak peran. Mereka tidak hanya membutuhkan perangkat bertenaga yang dapat mendukung semua aktivitasnya, tetapi juga fleksibel dan mudah dibawa ke mana saja.

HP menjawab kebutuhan tersebut dengan memperkenalkan OMEN Transcend 16 terbaru di Indonesia. Menggabungkan performa PC desktop dengan prosesor hingga Intel Core i9 generasi ke-13 dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 ke dalam laptop gaming OMEN teramping dan teringan. Berikut review singkat dari HP OMEN Transcend 16.

HP OMEN Transcend 16 Adalah Powerhouse Gaming yang Tak Terhentikan

Desain Ramping

Desain-Ramping-HP-OMEN-Transcend-16-1
Desain Ramping HP OMEN Transcend 16 | Foto HP Omen

Dulu, laptop gaming identik dengan desain bongsor dan mencolok. Namun, HP OMEN Transcend 16 mengubah segalanya. Ia hadir dengan desain yang lebih ramping dan elegan, dimensinya 356.5x269x19.9 mm dan bobotnya 2,169 kg.

Dengan begitu, laptop gaming premium 16 inci yang tersedia dalam warna klasik Shadow Black dan yang lebih modern Ceramic White ini tetap muat dimasukkan ke dalam tas ransel harian. Sehingga memungkinkan pengguna bermain game dan bekerja di mana saja.

Lebih dekat, logo OMEN pada generasi sebelumnya diganti dengan keterangan OMEN di penutup depan. Engsel layarnya bisa dibuka hingga 180 derajat, bezel samping dan atas layarnya tipis, namun bezel bawahnya masih terlihat cukup tebal.

Keyboard-nya dibekali empat zona independen dengan pencahayaan RGB yang berbeda dan tombol WASD yang dapat diberikan warna lain untuk menyoroti kontrol tombol utama. Posisi tombol panah atas, bawah, kanan, dan kiri juga ditempatkan terpisah di kanan bawah. Jadi, gerakan tangan lebih alami dan mengurangi risiko menekan tombol yang salah.

Untuk build quality, HP OMEN Transcend 16 berbalut material berkualitas tinggi yang memberikan kesan premium dengan sasis yang kuat dan tahan lama. Namun menariknya, HP menggunakan material ramah lingkungan seperti ocean-bound plastic pada bagian bezel, bingkai bagian dalam, dan penutup speaker.

Logam daur ulang di tutup alas dan engsel. Keycaps dan scissors mengandung plastik daur ulang bekas konsumen. Keyboard mechanism yang terbuat dari limbah pertanian. Serta, kotak luar dan bantalan serat HP yang digunakan dalam kemasan 100% bersumber dari material ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Dan sudah bersertifikat ENERGY STAR dan terdaftar EPEAT Silver.

Dimensi-dan-Port-HP-OMEN-Transcend-16
Dimensi dan Port HP OMEN Transcend 16 | Foto HP OMEN

Dari segi konektivitas, laptop gaming ini mengandalkan Intel Wi-Fi 6E AX211 dan Bluetooth 5.3. Pada sebelah kanan terdapat satu USB Type-A 5Gbps dan sebelah kiri terdapat dua Thunderbolt 4 dengan USB Type-C 40Gbps (USB Power Delivery) dan sebuah port headphone/microphone combo. Sisanya tersemat di bagian belakang, termasuk satu AC smart pin, satu RJ-45 Ethernet, satu HDMI 2.1, dan satu USB Type-A 5Gbps (HP Sleep and Charge).

Daya tahan baterainya diklaim hingga 20% lebih lama dari pendahulunya berkat fitur Eco mode baru. Serta, mendukung fitur pengisian daya cepat HP Fast Charge yang dapat mengisi daya dari 0 hingga 50% dalam waktu sekitar 30 menit. Jadi, Anda dapat melakukan pekerjaan secara mobile tanpa khawatir baterai laptop cepat habis.

Layar Superior

Layar-Superior-HP-OMEN-Transcend-16
Layar Superior HP OMEN Transcend 16 | Foto HP OMEN

Selain tampil sebagai laptop gaming OMEN paling ramping dan ringan, faktor yang bakal bikin para gamer takjub adalah kualitas layarnya. Bukan hanya tentang ukuran layarnya yang lebih besar 16 inci lebih puas, tetapi panel yang digunakan oleh HP adalah mini-LED yang ditopang resolusi tinggi WQXGA (2560×1600 piksel).

Fitur lain termasuk refresh rate 240Hz, response time 5 ms, DCI-P3 100%, VESA HDR 1000, dan tingkat kecerahan puncak hingga 1.180 nits. Layarnya mengantongi sertifikasi Eyesafe Certified Display untuk Low Blue Light dari TUV dan standar Eyesafe guna mengurangi kelelahan mata saat bermain game dan bekerja dalam waktu yang lama.

Ya, dalam hal visual harus diakui bahwa kualitas layar HP OMEN Transcend 16 benar-benar superior. Sangat tajam dan detail, dengan warna yang akurat dan kontras yang tinggi. Tentunya bakal memanjakan mata para gamer saat bermain game AAA dalam mode HDR, pengalaman menonton film yang lebih imersif, serta optimal untuk menangani tugas kreatif dan produktivitas seperti mengedit foto, video, dan multitasking berkat rasio aspek 16:10.

Prosesor Seri HX

Prosesor-Seri-HX-HP-OMEN-Transcend-16
Prosesor Seri HX HP OMEN Transcend 16 | Foto HP OMEN

Lebih dari sekadar buat gaming, HP OMEN Transcend 16 adalah workstation mobile yang tangguh untuk segala tugas. Mengapa? Sebab perangkat ini sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core seri HX hingga i9-13900HX generasi ke-13, yang mana dirancang khusus untuk memberikan performa kelas atas pada laptop.

Intel Core seri HX ini menawarkan sejumlah kelebihan, mulai dari jumlah core dan thread yang lebih banyak yaitu memiliki 24 core dan 32 thread. Frekuensi clock yang cepat hingga 5.4 GHz dengan Intel Turbo Boost Technology dan cache besar 36 MB L3 yang membantu mempercepat akses ke data yang sering digunakan.

Lebih jauh, HP OMEN Transcend 16 dibekali dengan salah satu kartu grafis laptop terkuat yang tersedia, yaitu hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 Laptop GPU dengan 8GB GDDR6. Kartu grafis ini menawarkan arsitektur Ada Lovelace terbaru dengan dukungan ray tracing real-time dan DLSS 3 berbasis AI, sehingga Anda dapat menikmati efek pencahayaan dan refleksi yang lebih realistis dan dapat meningkatkan frame rate secara signifikan tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Untuk mendukung performa yang optimal, HP OMEN Transcend 16 dilengkapi dengan RAM berkapasitas besar hingga 32GB DDR5-5600 MHz. Serta, menggunakan teknologi PCIe Gen4 NVMe TLC M.2 SSD hingga 2TB sebagai penyimpanan utama. Untuk mengakses semua fitur terkait pengaturan dan pengoptimalan pengalaman bermain game, bisa diakses lewat aplikasi OMEN Gaming Hub.

Performa gahar tentu saja menghasilkan panas yang cukup besar. Untuk mengatasi masalah ini, HP telah melengkapi OMEN Transcend 16 dengan sistem pendingin OMEN Tempest Cooling yang memungkinkan panas dari komponen internal laptop didistribusikan ke tiga sisi perangkat. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan area pendinginan dan menjaga suhu komponen tetap stabil, bahkan saat laptop digunakan dalam beban kerja yang berat.

Verdict Review HP OMEN Transcend 16

Verdict-Review-HP-OMEN-Transcend-16
Verdict Review HP OMEN Transcend 16 | Foto HP OMEN

HP OMEN Transcend 16 hadir sebagai jawaban bagi para gamer masa kini, yang punya lebih dari satu peran di dunia nyata. Dengan konfigurasi spesifikasi yang disebutkan di atas, tidak hanya membuatnya menjadi mesin gaming yang mumpuni untuk menjalankan game-game AAA terbaru dengan pengaturan hampir rata kanan, tetapi juga dapat digunakan dalam beban kerja yang berat lainnya seperti menjalankan aplikasi kreatif dengan lancar.

Ya, HP OMEN Transcend 16 adalah laptop gaming premium serbaguna yang menawarkan keseimbangan antara kekuatan dan mobilitas. Menjadikannya pilihan ideal bagi para gamer yang mencari perangkat all-in-one yang dapat memenuhi semua kebutuhan Anda, termasuk untuk bermain, bekerja, dan content creation di mana saja.

Previous Story

“Camcorder Grip” di Galaxy Z Flip6 Bikin Rekam Video Sinematik Makin Seru

Next Story

Signify Luncurkan Philips UltraEfficient LED, Inovasi Pencahayaan dengan Efisiensi Energi

Latest from Blog

Don't Miss

MSI Siapkan 8 Laptop AI untuk Penuhi Berbagai Kebutuhan Pengguna

Era laptop AI kini sudah resmi dimulai dengan semakin banyaknya
Review POCO F6

Review POCO F6: Kencang di Kelasnya Bawa Snapdragon 8s Gen 3

Melalui jajaran F Series, POCO selalu mengedepankan jargon ‘Flagship Killer’.