Hybrid
for SEO
Hybrid

Review Forza Horizon 5: Penyempurnaan Game Balap Open World yang Menyenangkan

16 November 2021Adi Nawan

Game ini akan mengajak pemain bersenang-senang di Meksiko sebagai taman bermainnya.

Sembilan tahun sejak dirilisnya Forza Horizon pertama, Playground Games memang seakan terus menyempurnakan dan mematangkan resep game balap open-world mereka tersebut. Daya tarik utama dari game ini berada lokasi game yang selalu unik pada setiap serinya dan juga koleksi mobil yang masif dan beragam. Forza Horizon tumbuh dan berkembang sebagai sebuah game yang selalu dinanti setiap seri barunya.

Seri sebelumnya, yaitu Forza Horizon 4 sudah berumur 3 tahun dan para fans di seluruh dunia sangat bersemangat saat Microsoft mengumumkan kedatangan Forza Horizon 5 pada gelaran E3 2021 bulan Juni lalu. Setelahnya, hype untuk game ini terus terbangun dengan sendirinya dan semakin melonjak ketika berbagai media gaming mayoritas memberikan penilaian yang sangat positif terhadap game ini.

Lalu, apakah Forza Horizon 5 memang layak mendapatkan nilai sempurna 10/10, ataukah semua itu hanyalah penilaian “overrated” terhadap game ini? Berikut review-nya:

Grafis berumur yang tetap menakjubkan

Image Credit: Playground Games

Kami tidak akan menyangkal bahwa Forza Horizon 5 tetap menyajikan salah satu grafis terbaik yang pernah diusung oleh game balap atau video game secara keseluruhan. Mulai dari detail mobil hingga ke berbagai detail yang ada di lingkungannya ditampilkan dengan indah lewat pendekatan photorealistic. Namun harus diakui bagi mereka yang sebelumnya telah memainkan seri sebelumnya, grafis yang ditawarkan pada seri kelima ini bukanlah lompatan yang tinggi dari Forza Horizon 4 karena memang basisgame engine yang digunakan masih sama.

Meskipun begitu, hal ini bukan sesuatu yang buruk. Playground Games tetap memberikan improvisasi visual terutama untuk pencahayaan, efek-efek seperti asap yang keluar dari roda, hingga berbagai detail pemandangan yang jauh-jauh lebih bervariasi ketimbang latar Inggris di Forza Horizon 4. Hal tersebut semakin terasa menakjubkan karena sang developer dapat memberikan performa yang sangat optimal bagi Forza Horizon 5 meskipun dengan berbagai peningkatan yang dilakukan.

Meksiko yang eksotis dan menantang untuk dijelajahi

Salah satu nilai plus (atau bahkan sempurna) dari seri Forza Horizon adalah bagaimana Playground Games selalu membangun dunia open-world yang terus terasa unik dan fresh. Dan bila sebelumnya Playground Games telah melakukan tugas yang memukau dengan mengemas miniatur Inggris dan Skotlandia lewat Horizon 4, mereka meningkatkan standar mereka lewat Meksiko di Horizon 5 ini.

Memperluas mapnya hingga 50% memang memberikan kebebasan ekstra bagi Playground Games untuk menghadirkan beragam hal. Apalagi Meksiko memang menawarkan variasi lokasi dan kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Mulai dari padang pasir, gunung berapi, hingga hutan tropis. Beragam pemandangan eksotis tersebut berhasil dihadirkan ke dalam dunia Forza Horizon 5 dengan realistis. Dunianya ditampilkan cukup padat dengan berbagai lokasi menarik yang akan membuat pengalaman mengemudi para pemain tidak akan membosankan. Namun ia juga tetap memberikan ruang bagi mereka yang ingin memacu kecepatan mobilnya hingga maksimal.

Improvisasi penting bagi para pecinta mobil

Selain improvisasi visual yang telah kami bahas sebelumnya, Forza Horizon 5 juga memberikan improvisasi pada salah satu aspek penting yang cukup dipermasalahkan di seri sebelumnya yaitu suara. Dengan koleksi mobil yang mencapai ratusan, memang cukup sulit bagi Playground Games membuat suara mobil yang akurat untuk satu per satu mobil. Namun, untungnya hal tersebut kini mendapat perhatian khusus dari sang pengembang sehingga suara mobil-mobil yang ada dalam game ini lebih realistis dan juga berbobot.

Ubahan lainnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk memodifikasi mobil baik untuk visual maupun mesin. Beberapa mobil kini memiliki modifikasi body kit dan juga aksesoris baru lain yang akan membuat setiap mobil tampak lebih menarik. Dari sisi mesin, para pemain kini juga dapat mendengarkan efek suara yang berubah karena modifikasi terhadap komponen mesin yang diganti. Hal ini menjadi sentuhan unik yang membuat Forza Horizon 5 ini dicintai.

Bersiap menjadi kolektor dan mencari mobil terbaik

Image Credit: Playground Games

Mobil tentunya menjadi nyawa utama bagi seri Forza Horizon dan Horizon 5 meneruskan hal tersebut dengan koleksi mobil yang semakin banyak. Microsoft menyebutkan bahwa ada lebih dari 500 mobil dalam Forza Horizon 5 ini yang terdiri dari beragam jenis mobil mulai klasik hingga yang paling baru. Koleksi yang masif tersebut memang menjadi salah satu kelebihan dari Forza Horizon ketimbang game balap yang lain. Setiap mobil juga memiliki feel berkendaranya masing-masing. Sehingga pemain nantinya akan melalui tahapan penyesuaian hingga pada akhirnya menjadikan satu atau beberapa mobil sebagai mobil favoritnya.

Forza Horizon 5 juga tetap mempertahankan beragam cara untuk mendapatkan mobil-mobil tersebut. Pemain dapat membelinya langsung lewat showroom dalam game-nya, atau mencari yang lebih murah lewat rumah lelang atau Auction House, hingga mencoba peruntungan untuk mendapatkan mobil-mobil berstatus khusus lewat wheelspin. Selain tiga cara utama tersebut, beberapa mobil juga akan didapatkan lewat balapan, menyelesaikan progres game, dan bahkan menemukan mobil pemberian pemain lain yang tersembunyi di seantero map.

Menyelami kultur balapan Meksiko yang tidak kalah eksotis

Seiring berkembangnya seri Forza Horizon, Playground Games memang terus menyuntikkan lebih banyak jenis balapan ke dalam game-nya. Hal tersebut dilakukan juga untuk mengakomodasi berbagai jenis mobil yang masuk ke dalam game-nya, sekaligus mengabulkan keinginan dari berbagai komunitas pecinta game balap mobil. Playground Games dengan cerdik mengintegrasikan berbagai tipe balapan tersebut ke dalam campaign-nya. Sehingga para pemain akan tetap menjajal berbagai tipe balapan tersebut untuk dapat melanjutkan game-nya.

Tercatat setidaknya ada 6 jenis balapan yang ada di dalam Forza Horizon 5 ini, antara lain road race, dirt race, cross country race, drag race, dan juga stunts. Setiap balapan akan membutuhkan mobil dan konfigurasinya masing-masing. Meskipun pemain sebenarnya dapat mengubah mobil apapun menjadi mobil untuk tipe balapan apapun.

Selain balapan, Forza Horizon 5 juga membawa berbagai aktivitas lain yang berhubungan dengan mobil seperti Horizon Arcade yang merupakan kumpulan mini games yang diadakan secara acak di map. Kemudian ada juga EventLab yang berisikan berbagai custom game yang dibuat oleh komunitas.

Kesimpulan

Forza Horizon 5 menjadi penyempurnaan Playground Games untuk membuat sebuah game balap open-world yang cocok bagi banyak orang. Dengan segala peningkatan yang dilakukan mulai dari sektor grafis, physics, hingga ke fitur-fitur baru, Forza Horizon 5 mencoba menjangkau lebih banyak gamer sebisa mungkin. Hal tersebut terbilang berhasil melihat bahwa game-nya kini telah menembus angka 6 juta pemain.

Dengan kebebasan yang diberikan ke pemain untuk mengatur hampir semua aspek mulai dari penampilan karakter, tampilan mobil, hingga ke pengaturan balapan, pemain memang dapat mencari titik ternyaman untuk menikmati game ini sesuai preferensi masing-masing. Selain segudang konten yang akan memakan waktu lama untuk dinikmati satu-persatu ditambah dengan koleksi mobil yang masif, pemain juga bisa sekadar berjalan-jalan dengan mobil favoritnya menyusuri jalanan Meksiko yang penuh dengan pemandangan indah.

Pada akhirnya, Forza Horizon 5 memang dibuat sebagai sebuah taman bermain raksasa bagi para pecinta mobil ataupun yang baru pertama mencoba game balap. Tidak ada konsekuensi untuk memainkan game ini di level terendah, ataupun tidak mengikuti mode kompetitif online yang dimiliki. Karena pada dasarnya game ini memang dibuat gara gamer dapat bersenang-senang sendirian ataupun bersama-sama.

Details Forza Horizon 5

Platforms: Xbox Series X|S, Xbox One, dan Windows
Price: US$59.99 (Xbox), Rp699 ribu (Steam)
PC Recommended Specs:
Requires a 64-bit processor and operating system
OS: Windows 10 version 15063.0 or higher
Processor: Intel i5-8400 or AMD Ryzen 5 1500X
Memory: 16 GB RAM
Graphics: NVidia GTX 1070 OR AMD RX 590
DirectX: Version 12
Network: Broadband Internet connection
Storage: 110 GB available space

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV