15 November 2018

by Bambang Winarso

[Review Apps] Menggandakan Diri di Satu Perangkat dan Aplikasi dengan Parallel Space

Parallel Space mendukung hampir semua aplikasi keluaran terbaru

Bukan perkara baru dan bukan hal yang aneh lagi dengan fenomena adanya akun media sosial atau aplikasi pesan instan ganda yang dimiliki oleh satu orang. Saya sendiri punya lebih dari satu akun di layanan yang sama, walaupun tidak di semua situs.

Mempunyai lebih dari satu akun di layanan yang sama bukannya tanpa resiko. Resiko paling nyata misalnya, kita akan dibuat lebih repot saat harus merespon beberapa notifikasi di kedua akun. terlebih jika layanan tersebut tidak menyediakan dukungan multiple account di satu aplikasi. Hanya sedikit aplikasi yang menyediakan dukungan itu, salah satunya Instagram.

Untungnya sekarang ada opsi lain yang dari pantauan saya cukup diminati. Yaitu dengan menggunakan aplikasi Parallel Space yang tersedia di Play Store.

Aplikasi Parallel Space bekerja dengan cara unik, di mana ia menyediakan ruang virtual bagi aplikasi untuk kemudian diduplikasi. Dengan begitu, pengguna dapat mengakses layanan yang sama namun dengan akun yang berbeda. Misalnya, di perangkat Anda saat ini sudah ada aplikasi WhatsApp, Parallel Space nantinya akan menduplikasi WhatsApp di mesin virtual, sehingga Anda akan mempunyai dua aplikasi di satu perangkat dan mengakses masing-masing dengan nomor yang berbeda.

Soal popularitas, Parallel Space bisa dibilang satu dari sedikit aplikasi yang menguasai ceruk ini. Apalagi belum semua perangkat menawarkan ruang untuk duplikasi seperti yang mereka tawarkan. Hanya tersedia di Play Store, Parallel Space sudah diunduh tak kurang dari 100 juta kali sejak pertama kali diluncurkan. Dari 3,3 juta yang meninggalkan ulasan, 2,5 juta di antaranya memberikan bintang 5 dan 400 ribu orang memberi 4 bintang. Artinya, mayoritas pengguna puas dengan performanya.

Sekarang kita coba selami lebih dalam untuk melihat antarmuka dan fitur-fiturnya.

Interface

Dari segi interface, saya bisa bilang tak ada yang istimewa dari Parallel Space. Mungkin dikarenakan fokus pada fungsi, pengembang tak ingin terlalu pusing dengan keindahan antarmukanya.

Saat pertama kali dijalankan, Parallel Space menampilkan video singkat tentang cara kerja dan fitur-fiturnya. Kemudian sebuah tombol Start akan muncul yang akan menjadi pintu masuk menuju tatap muka utama.

Setelah langkah-langkah konfigurasi awal dijalankan, Parallel Space akan menampilkan antarmuka berlatar belakang putih dengan barisan shortcut aplikasi yang sudah dipilih di tahap konfigurasi sebelumnya. Di bagian teratas ada ikon iklan dan tombol menu utama yang terdiri dari tiga titik disusun vertikal. Di menu inilah nantinya diletakkan beberapa penyesuaian lanjutan seperti menu notifications, password, speed mode, like us, settings dan lain-lain.

Sampai di sini, praktis bahasan interface tuntas sudah. Parallel Space hanya memiliki satu interface utama, sedangkan jendela dialog lainnya mayoritas berupa jendela dari fungsi-fungsi yang tersedia, seperti penambahan aplikasi, settings, dan berlangganan versi premium.

Fitur-fitur di Parallel Space

Menggandakan Aplikasi

Parallel Space mempunyai fitur yang merupakan fungsi utamanya, yaitu menggandakan aplikasi yang sudah terpasang di dalam perangkat. Tidak semua aplikasi, hanya aplikasi yang memang sudah mendukung operasi tersebut. Tetapi hampir 99% aplikasi terbaru sudah mendukung penggandaan diri. Misalnya, WhatsApp, Facebook, Instagram, Gmail, Mobile Legends, Trello, BBM, Go-Jek, Hangouts, bahkan aplikasi bawaan seperti Mi Forums, Mi Community, Music dan Compass.

Penggandaan aplikasi ini tidak akan mewajibkan perangkat menanggung beban pemasangan aplikasi kedua, karena Parrallel Space melalui situs resminya mengatakan bahwa aplikasi kedua dipasang di mesin virtual. Sehingga memori yang dibebankan juga bukan berarti dua kali lipat dari beban yang sudah ada di dalam perangkat.

Incognito Installer

 

Fitur ini memungkinkan pengguna memasang aplikasi yang tersedia di Play Store tetapi shortcut aplikasi tersebut hanya akan terlihat di dalam Parallel Space, tidak akan terlihat di layar home, app drawer bahkan panel pengaturan. Untuk secara penuh melindungi privasi, Anda juga bisa menggunakan fitur Password yang ada di Parallel Space. Fitur ini akan kita bahas di poin berikutnya.

Password

 

Ketimbang menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya untuk melindungi akses ke dalam Parallel Space, pengembang menyediakan tool bernama Password yang akan menjadi petugas keamanan khusus ke Parallel Space. Sehingga, hanya Anda dan orang yang mengetahui sandi yang bisa membuka aplikasi.

Speed Mode

 

Sadar betul penggunaan aplikasi ganda dapat menyebabkan lonjakan konsumsi daya dan data, Parallel Space menyediakan tool bernama Speed Mode yang secara signifikan membantu memangkas penggunaan daya baterai. Tetapi, fitur ini tidak bisa dipakai di aplikasi yang membutuhkan akses Google Play Store dan Play Games, misalnya Gmail, Hangouts dan Meetings.

Notifikasi

 

Pengaturan notifikasi ditempatkan di menu ini, memudahkan pengguna untuk memilih aplikasi mana saja yang boleh menampilkan pemberitahuan dan mana yang tidak boleh. Opsi ini dapat digunakan dengan mudah, hanya dengan memberi tanda centang ke aplikasi yang diinginkan.

Task Manager

Fitur Task Manager diletakkan di menu Settings, di mana panel ini memberi informasi beban tugas perangkat saat semua aplikasi berjalan seperti biasa. Di panel ini, pengguna juga dapat menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menyentuh tombol Stop.

Storage

Sesuai namanya, panel ini digunakan untuk memantau ruang memori yang terpakai dan yang bebas. Dari sini, pengguna tidak hanya sekadar memantau tapi juga bisa mencopot aplikasi dari Parallel Space apabila memori perangkat terasa sesak.

Swipe into Parallel Space

Fitur ini bisa diaktifkan seandainya pengguna menginginkan akses cepat ke dalam Parallel Space, misalnya dengan menggeser layar home dari bawah ke atas. Apabila fungsi gesture di perangkat Anda dalam posisi mati, fitur ini bisa jadi jalan pintas yang asik untuk dipakai.

Meniadakan Iklan

Untuk menutup biaya operasional dan mengembangkan diri, pengembang Parallel Space menampilkan iklan di saat-saat tertentu. Jika Anda merasa terganggu, Anda dapat meniadakan iklan dengan berlangganan versi berbayar yang harganya bervariasi mulai Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu dengan rentang waktu yang juga berbeda.

Kesimpulan

Kendati tak banyak yang bisa dibanggakan dari sisi interface, namun bicara fitur Parallel Space benar-benar mampu menjawab kebutuhan pengguna lewat fitur-fiturnya. Hampir tak ada kritik pedas yang bisa saya lemparkan selama dua hari menggunakan Parallel Space. Beberapa pengguna mengeluhkan soal konsumsi baterai yang meningkat, saya merasa hal itu wajar terjadi karena perangkat memproses dua akun secara bersamaan.

Kritik ringan dari saya, hanya ada dua:

  1. Akan lebih baik jika setiap aplikasi yang berjalan di Parallel Space dapat mengakses akun-akun yang sebelumnya sudah tersimpan di dalam sistem, tanpa harus login secara manual.
  2. Mengapa dukungan untuk aplikasi 64-bit harus melibatkan aplikasi lainnya, mengapa tidak menyertakan opsi ini dalam bentuk add-on atau plugin tanpa meninggalkan aplikasi Parallel Space, sehingga pengguna awam tidak kebingungan saat diminta untuk memasang aplikasi kedua untuk mengatasi komputasi 64-bit.

Sparks

  • Fungsi-fungsi utamanya bekerja tanpa cela.
  • Secara umum mudah digunakan.
  • Antarmuka yang sederhana
  • Cukup ringan, hanya 8MB

Slacks

  • Kewajiban memasang aplikasi kedua untuk dukungan 64-bit cukup membingungkan.
  • Parallel Space tidak dapat membaca akun-akun yang sudah ditambahkan di dalam sistem perangkat. Misalnya duplikasi Gmail, meskipun Anda punya 5 akun di dalam sistem, Anda tetap harus login secara manual untuk akun kedua yang ingin diakses dari Parallel Space.
Application Information Will Show Up Here