Dark
Light

Resmi Rilis, Pre-order Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6 Sudah Dibuka

5 mins read
July 10, 2024
Pre-order Galaxy Z6 Series

Samsung baru saja merilis jajaran perangkat ponsel lipat mereka yaitu Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6. Perangkat ini membawa desain yang sedikit berbeda dari seri sebelumnya serta beberapa peningkatan lain. 

Pada acara yang berlangsung di Paris, selain dua perangkat lipat, Samsung juga mengumumkan beberapa perangkat lain seperti Galaxy Ring, Galaxy Watch Ultra, Galaxy Watch7 serta duo TWS Galaxy Buds3 dan Galaxy Buds3 Pro. Namun tidak semuanya langsung tersedia di Indonesia, dua yang saya sebutkan di atas belum masuk pasar sini. 

Jadi pengguna di pasar Indonesia sudah bisa memesan beberapa perangkat antara lain Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6, Galaxy Watch7 serta TWS Galaxy Buds3 dan Galaxy Buds3 Pro. Semua bisa dipesan lewat samsung.com/id. 

Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6

Highlight dari acara peluncuran ternyata tidak melulu dari perangkat keras tetapi lebih banyak dari sisi bagaimana perangkat digunakan dan juga Galaxy AI. Untuk sisi desain, perangkat ini disebutkan tangguh dan durable. Sedangkan dari sisi AI, diajaknya perwakilan Google ke panggun dalam acara Unpacked memberikan gambaran integrasi AI yang cukup mendalam di perangkat ini.

“Sejarah panjang Samsung dalam berinovasi membuat kami memimpin dunia mobile, menciptakan foldable form factor, dan membuka era mobile AI. Kami bersemangat untuk menyatukan kedua teknologi yang saling melengkapi ini dan membuka peluang-peluang baru bagi pengguna di seluruh dunia,” tutur TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business at Samsung Electronics. “Lini produk HP lipat kami mampu memenuhi kebutuhan unik setiap pengguna dan kini semakin ditingkatkan dengan hadirnya Galaxy AI. Dengan begitu, Samsung menghadirkan pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya.”

Dari sisi prosesor, kedua perangkat menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Kini kedua perangkat mengusung desain flat ala Galaxy S24 Ultra. Untuk ketahanan, dijelaskan lewat rilis, ‘struktur dual rail hinge juga didukung oleh folding edge yang diperkuat, sehingga mampu mendistribusikan dampak dari benturan eksternal dengan lebih baik.’ 

Untuk keamanan, kedua perangkat ponsel lipat ini juga sudah dilengkapi Samsung Knox. Untuk urusan AI, Samsung juga mempersilahkan penggunanya untuk malakukan pengautran devise sesuai preferensi. 

Ada pula fitur lain seperti Enhanced Data Protection menawarkan enkripsi end-to-end saat pengguna melakukan backup, sync, atau restore data dengan Samsung Cloud. Juga fitur Knox Vault, Security & Privacy Dashboard, Auto Blocker, passkeys, Secure Wi-Fi, dan Private Sharing di Quick Share.

Galaxy Z Series menyediakan upgrade OS tujuh generasi dan pembaruan keamanan selama tujuh tahun.

Galaxy Z Fol6

Pre-order Galaxy Z6 Series

Lapisan lipatan juga ditungkatkan. Seri Galaxy Z terbaru juga dilengkapi dengan Armor Aluminum dan Corning® Gorilla® Glass Victus® 2. Untuk kegiatan gaming, perangkat dilengkapi dengan vapor chamber 1.6x lebih besar. Ada pula fitur Ray Tracing yang membuat kegiatan gaming jadi lebih seru. Luas layar ketika dibuka adalah 7.6 inci dengan refresh rate 120Hz. 

Seperti yang saya singgung di atas, acara Unpacked lebih banyak menceritakan tentang cara penggunaan perangkat ini. Galaxy Z Fold6 menjadi perangkat Samsung yang diarahkan untuk produktivitas, dan kini ditambah AI menjadi semakin powerfull.

Fitur Galaxy AI seperti Note Assist kini menjadi lebih powerfull dengan fitur PDF overlay translation pada aplikasi Notes, lalu ada fitur Composer terbaru di Samsung Keyboard yang bisa memberikan saran teks berdasarkan keyword simple. 

Untuk fitur yang digunakan bersama S Pen bisa menggunakan Sketch to Image yang memungkinkan perangkat membuat gambar rumit dari goresan sederhana. 

Yang mencuri perhatian saya adalah integrasi Gemini, chatAI yang dikembangkan Google di  Galaxy Z Fold6. Aplikasi terbaru Google Gemini disebutkan sepenuhnya terintegrasi pada  Galaxy Z Fold6. Untuk mengaksesnya hanya dengan swipe sudut layar atau mengatakan ‘Hey Google’ makan overlay Gemini akan muncul. 

Dikatakan pula bahwa Gemini terintegrasi di sejumlah aplikasi Google Populer. Dan tentu saja, fitur AI yang jadi andalan Galaxy S24 Series, Circle to Search with Google hadir di perangkat ini. 

Firur AI lain seperti Interpreter menjadi lebih powerfull di  Galaxy Z Fold6. Karena ada fitur dual screen form factor yang memungkinkan masing-masing pihdak melihat hasil terjemahan secara langsung. 

Untuk fotografi, fitur seperti ProVisual Engine dengan AI juga hadir. Photo Assist untuk meng-edit foto atau fitur Portrait Studio yang memungkinkan pengguna membuat foto profil dengan kartun 3D bisa Anda nikmati. 

 Galaxy Z Flip6

Pre-order Galaxy Z6 Series

Untuk perangkat yang satu ini, Samsung masih belum mengubah gaya komunikasinya. Ditujukan untuk konsumen yang lebih muda, lebih aktif dan lebih pada mereka yang berkreasi. 

Layar depan Super AMOLED FlexWindows 3.4 inci menjadi salah satu fitur yang ditambah AI. Suggested replies memungkinkan perangkat menganalisis pesan untuk mengirimkan respon yang tepat. 

Fitur gaya hidup seperti Widgets dan Photo Ambient menjadi fitur yang bisa bikin anak muda pengguna perangkat ini seru-seruan. Wallpaper dengan nuansa realtime. 

Fitur FlexCam juga masih jadi andalan. Untuk mereka yang ingin membuat konten, fitur ini bisa jadi andalan karena bisa mengatur angle kamera dengan gaya berbeda. 

Dari sisi kamera,  Galaxy Z Fold6 kini membawa sensor 50MP dan 12MP ultra wide, yang disebutkan Samsung sudah ditingkatkan kemampuannya. Sensor 50MP juga mendukung 2x optical zoom dan AI zoom sampai 10x. 

Untuk foto dalam cahaya temaram ada Nightography yang ditingkatkan. Yang menarik adalah integrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Instagram. Kini pengguna bisa menikmati fitur night capturing di aplikasi Instagram. 

TWS dengan desain baru

Salah dua yang mencuri perhatian saya adalah Galaxy Buds3 Series, perangkat TWS Samsung yang menjadi salah satu perangkat TWS favorit saya sampai saat ini. Kini TWS ini hadir dengan desain yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya. 

Ada dua TWS yang diumumkan langsung oleh Samsung yaitu Galaxy Buds3 dan Galaxy Buds3 Pro. Perbedaan yang paling mendasar selain urusan kualitas suara adalah, Galaxy Buds2 menggunakan tipe open ear dan Galaxy Buds3 Pro menggunakan tipe in ear. 

Desain desain yang menggunakan tangkai, Galaxy Buds3 series ini sudah pasti mengfokuskan pada penggunaan mic. Fitur Interpreter bisa terhubung dari perangkat Z Fold6 Series ke Galaxy Buds3 Series. Ada pula pengaturan menu dengan Voice Command. 

Untuk ANC, mikrofon pada Galaxy Buds3 Series  bisa menganalisis suara internal dan eksternal secara real time yang kemudian digunakan untuk meningkatkan kualitas suara dan Active Noise Cancellation (ANC) lewat Adaptive EQ dan Adaptive ANC. 

Selain lewat suara, pengguna juga masih bisa meangakses menu lewat gerakan seperti pinch, swipe up, atau swipe down pada blade (atau tangkai earpiece)

Untuk kualitas suara, Galaxy Buds3 Pro adalah TWS yang lebih premium karena dilengkpai 2-way speakers yang telah disempurnakan dengan planar tweeter untuk produksi suara yang lebih luas. Dual amplifier juga jadi fitur menarik yang ada di perangkat ini. 

Ketersediaan dan harga Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 serta Galaxy Buds3 Series

Mendukung eco friendly, Samsung mengatakan bahwa mineral daur ulang seperti kobalt dan elemen rare earth dkini bisa ditemukan di dalam komponen Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, bersama dengan plastik, aluminium, dan kaca daur ulang. 

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 juga menggunakan kotak kemasan yang terbuat dari 100% bahan kertas daur ulang. 

Galaxy Z Fold6, Z Flip6, dan Galaxy Buds3 Series akan tersedia untuk pre-order mulai hari ini, 10 Juli 2024. Ketersediaan secara luas akan dimulai pada tanggal 24 Juli 2024.

Harga untuk Galaxy Z Fold6: 12GB/256GB 26.499.000 rupiah, 12GB/512GB 28.499.000 rupiah dan 12GB/1TB 31.999.000 rupiah.

Harga untuk Galaxy Galaxy Z Fold6: 12GB/256GB 17.499.000 rupiah, 12GB/512GB 29.499.000 rupiah.

Harga untuk Galaxy Buds3 Pro adalah 3.299.000 rupiah dan Galaxy Buds3 2.299.000 rupiah.

Galaxy Z Fold6 tersedia dalam warna Silver Shadow, Pink, dan Navy, sedangkan Galaxy Z Flip6 tersedia dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue dan Mint sehingga pengguna dapat memilih warna yang paling sesuai dengan gaya pengguna. Pesan secara online melalui Samsung.com untuk mendapatkan Galaxy Z Series dengan warna-warna eksklusif, seperti Crafted Black dan White untuk kedua foldables serta Peach khusus untuk Galaxy Z Flip6.

Galaxy Buds3 Series menawarkan desain yang sangat ramping, modern, dan nyaman yang tersedia dalam dua warna, yaitu Silver dan White.

Selama masa pre-order, layanan Samsung Care+ yang melindungi produk pengguna dari kerusakan yang tak disengaja dengan perawatan bersertifikat oleh para ahli di Samsung akan diberikan gratis selama satu tahun.

Untuk informasi lebih lanjut tentang promo saat pemesanan Galaxy Z Fold6, Z Flip6, Galaxy Buds3, dan Buds3 Pro, silakan kunjungi: Samsung.com/id 

Mulai dari Sejutaan, Ini 5 Monitor Skyworth Terbaru Buat Gaming dan Kebutuhan Bisnis
Previous Story

Ini Keunggulan 5 Monitor Skyworth Terbaru Buat Gaming dan Kebutuhan Bisnis

Next Story

Samsung Galaxy Watch7 Siap Hadirkan Pengalaman Kesehatan Baru yang Cerdas

Latest from Blog

Don't Miss

Sasar Gen Z yang Suka Olahraga, Samsung Unggulkan Fitur Kamera Galaxy Z Flip6

Pasca peluncuran pre-order-nya beberapa waktu silam, Samsung Galaxy Z Flip6

Blibli Buka Pre-Order Samsung Galaxy Z Series dengan Berbagai Benefit Menarik!

Kehadiran Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 tentu menjadi salah