Esports Ecosystem

Resmi Diundur, Le Mans 2020 Digelar Virtual lewat rFactor 2

09 Jun 2020 | Narendra Soejoedi
Untuk pertama kalinya Le Mans 24 Virtual akan hadir sebagai pengganti balapan offline di 13-14 Juni 2020 mendatang

Menyaksikan secara langsung perhelatan adu cepat memang memberikan kenikmatan tersendiri. Sayangnya seturut dengan merebaknya pandemi virus COVID-19 secara global memaksa kita beradapatasi ke dalam new normal, termasuk juga balapan secara virtual misalnya.

Setelah diumumkan diundur, untuk pertama kalinya seri balapan Le Mans 24 digantikan dengan seri virtual. Balapan yang seharusnya diadakan tanggal 13 Juni 2020 secara resmi diundur ke tanggal 19 September 2020.

Menurut ungkapan Pierre Fillon selaku pimpinan Automobile Club de l’Ouest, pihak penyelenggara Le Mans, “gelaran pertama 24 Le Mans Virtual membuka lembaran baru dalam disiplin balap kami.”

Beberapa waktu lalu NASCAR juga mengalihkan balapannya ke ruang virtual melalui helatan eNASCAR iRacing Pro Invitational Series yang diikuti oleh pembalap NASCAR profesional.

200 Pembalap berpartisipasi dalam Virtual Le Mans 24. | Sumber: 24heuresdumans Instagram
200 Pembalap berpartisipasi dalam Virtual Le Mans 24. | Sumber: 24heuresdumans Instagram

Sejak digelar dari 1923, balapan ini adalah kali pertama Lemans 24 dilakukan secara virtual. Berbeda dari balapan pada umumnya yang memberikan piala untuk pembalap tercepat yang melalui garis finis, pemenang dalam balapan ini ditentukan dengan jarak terjauh yang dapat ditempuh sebuah mobil selama kurun waktu 24 jam.

Balapan yang juga berlangsung penuh tanpa jeda memiki daya tarik unik dan tantangan tersendiri bagi produsen mobil serta pembalap yang mengemudikan secara bergantian. Sirkuit de la Sarthe selama berpuluh tahun sudah menjadi saksi pembalap dan mesin saling beradu untuk menjadi yang terkuat

Tampilan starting grid dalam rFractor2. | Sumber: LeMans.org
Tampilan starting grid dalam rFractor2. | Sumber: LeMans.org

Kemajuan teknologi memungkinkan dihelatnya balapan legendaris ini di ruang virtual. Game rFractor2 akan menjadi platform yang digunakan. Dengan mengadaptasi teknologi simulator, Sirkuit de la Sarthe dapat diwujudkan kembali untuk gelaran Le Mans secara virtual.

Tidak sampai di situ saja, helatan virtual ini menggunakan perarturan yang baru juga, salah satunya adalah dipadukannya pembalap profesional dan pembalap Sim Racing ke dalam satu tim.

Virtual Le Mans 24 telah berhasil mengundang antusiasme pembalap profesional F1 dan juga sim racer. Beberapa nama yang turut ambil bagian dalam Virtual Le Mans 24 adalah Fernando Alonso, Charles Leclerc, Max Verstappen, dan masih banyak lagi.

Tampilan sirkuit di waktu malam. | Sumber: Lemans.org
Tampilan sirkuit di waktu malam. | Sumber: Lemans.org

Jangan khawatir jika Virtual Le Mans 24 akan berjalan membosankan, karena balapan juga akan disiarkan lengkap dengan komentator baik dari dunia balap sungguhan dan sim-racing melalui siaran televisi maupun platform video daring lainnya.