30 April 2015

by Bambang Winarso

"Rest In Peace", Aplikasi Secret Resmi Ditutup

Penghujung April 2015 ini merupakan momen yang kelabu bagi David Byttow, yang tak lain adalah CEO aplikasi pesan Secret. Pasalnya, ia memutuskan untuk menutup pengembangan aplikasinya dan akan mengembalikan dana yang ia terima dari investor.

Dengan begitu, maka aplikasi Secret tidak akan lagi beroperasi efektif dalam beberapa minggu ke depan.

Konfirmasi penutupan Secret dikonfirmasi secara resmi oleh David Byttow melalui akun Medium, berikut adalah cuplikan pernyataannya.

“Setelah melalui pertimbangan dan konsultasi, saya memutuskan untuk menutup Secret. Ini adalah keputusan terberat yang pernah saya buat, tetapi Secret tidak lagi merepresentasikan visi saya kala mulai membangun perusahaan. Jadi, ini adalah keputusan yang terbaik untuk semua orang.”

Ia juga berkicau di Twitter.

Visi yang tak sejalan boleh saja dijadikan kambing hitam atas keputusan mengejutkan itu. Namun perpecahan internal tampaknya menjadi faktor terbesar yang menenggelamkan Secret.

Info Menarik: Microsoft Edge Adalah Nama Resmi Browser Baru Windows 10

Beberapa bulan terakhir Secret dikabarkan kehilangan banyak sekali talenta-talenta potensial, sebut saja Sarah Haider, Safeer Jiwan, Amol Jain dan bahkan termasuk co-foundernya, Chrys Bader-Wechseler.

Buntutnya, kondisi internal Secret berada dalam situasi yang tidak kondusif bagi sebuah startup piranti lunak yang butuh untuk terus berkembang dan berinovasi. Tanpa inovasi, mereka tidak akan mampu bersaing. Apalagi industri yang mereka geluti dihuni oleh nama-nama besar yang sudah kadung punya sumber daya yang kokoh.

Kemarin menjadi titik balik perjalanan singkat Secret yang masih seumur jagung, memulai kiprah di tahun 2014, David Byttow bersama Chrys Bader-Wechseler sempat mempunyai harapan yang cerah pasca mendapatkan pendanaan sebesar $35 juta dari sejumlah investor. Sayang, kita tidak akan melihat perayaan hari jadinya yang kedua tahun depan.

Dari pantauan TRL hari ini, aplikasi Secret sudah tidak dapat ditemukan di Play Store dan juga App Store. Jadi bagi Anda pengguna Secret? Mulai hari ini dan beberapa hari ke depan adalah waktu terakhir untuk mengucapkan selamat tinggal ke “teman rahasia” yang Anda kenal di luar sana.

Sumber berita Techcrunch.