Esports Ecosystem

Rekap Week 1 PMPL ID Season 1, Kejutan Dari Tim Debut

09 Mar 2020 | Akbar Priono
Pertandingan pekan pertama menyajikan kejutan tim debut dan kebangkitan Bigetron RA di akhir hari. Berikut Rekap Week 1 PMPL ID Season 1

Laga PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 1 (PMPL ID Season 1) telah dimulai! Pekan lalu, pertandingan diselenggarakan sejak dari hari Jumat (6 Maret 2020) sampai Minggu (8 Maret 2020). Walau masih merupakan laga perdana, namun pertandingan segera berjalan dengan sangat kompetitif. Apalagi klasemen serta perolehan Chicken Dinner antar ronde berjalan sangat dinamis dan sulit untuk diduga. Apa saja aksi yang patut disorot selama pekan lalu? Berikut Rekap Week 1 PMPL ID Season 1.

Amukan BOOM Esports di Hari Pertama

Pemain BOOM Esports saat diwawancara oleh MC yang bertugas di PMPL ID Season 1
Pemain BOOM Esports saat diwawancara oleh MC yang bertugas di PMPL ID Season 1. Sumber: Dokumentasi Official Tencent

Gelaran perdana PMPL ID Season 1 dibuka dengan pertemuan grup A dan grup B. Dua grup ini berisikan beberapa tim ternama di skena kompetifif PUBG Mobile, seperti RRQ Ryu, AURA Esports, atau ONIC Esports. Menariknya, dominasi BOOM Esports malah jadi tema utama pada pertandingan hari pertama ini.

Bertanding sebanyak 6 kali, BOOM Esports berhasil mengamankan 3 kali Chicken Dinner. Namun demikian, di sela-sela itu beberapa tim lain yang tak pernah diduga sebelumnya juga berhasil mendapatkan kemenangan yang gemilang. Seperti DG Esports, mendapatkan Chicken Dinner pada pertandingan ronde kedua di map Sanhok. Mereka berhasil dapat Chicken Dinner setelah menjadi pihak ketiga yang menyergap lawan-lawannya yang lengah.

Ada juga The Pillars Slayer, tim debutan dengan satu pemain perempuan di dalamnya menunjukkan permainan yang apik di map salju Vikendi. Lalu terakhir IOG, yang menunjukkan tajinya di map Miramar, bahkan berhasil menaklukkan tim yang dijuluki sebagai King of Miramar yaitu AURA Esports.

Atta Halilintar menjadi shoutcaster undangan pada pembukaan PMPL ID Season 1
Atta Halilintar menjadi shoutcaster undangan pada pembukaan PMPL ID Season 1. Sumber: Dokumentasi Official Tencent

Tak kalah meriah, pertandingan hari pertama juga menghadirkan Youtuber Kondang, Atta Halilintar, sebagai shoutcaster undangan. Menjadi komentator game, Atta mengaku senang karena mendapat pengalaman baru. “Gue seneng banget bisa jadi bagian dari komunitas PUBG Mobile Indonesia. Gue sudah mempelajari tim keren Indonesia dan semoga gue nggak salah komentar ketika nanti jadi caster.” ucapnya.

The Pillars Slayer Melibas Musuh-Musuhnya di Hari Kedua

Pertandingan antara grup B dengan C jadi semakin menarik, karena pertemuan dua grup ini yang bisa dibilang sebagai grup neraka. Grup B memiliki tim-tim yang mengerikan seperti RRQ.Ryu, AURA Esports, ataupun BOOM Esports yang mendominasi hari pertama. Sementara Grup C punya sang raja, Bigetron Red Aliens, serta tim lain berpotensi lainnya seperti MORPH Team, NFT Esports, ataupun Red Rocket Cosmic.

Menariknya tim yang mencuat ke posisi puncak malah di luar dugaan. Adalah The Pillars Slayer, tim esports bentukan Ariel vokalis band Noah, yang berhasil mengepul poin terbanyak di pertandingan hari kedua. Selain dari itu, BONAFIDE yang juga tergolong tim kuda hitam tampil dengan baik dan mengamankan peringkat dua di akhir hari. Memang, tim-tim papan atas lain masih mendapatkan hasil yang lumayan, walau tidak mendapat posisi puncak.

The Pillars Slayer, tim besutan Ariel vokalis band Noah, menunjukkan debut yang menakjubkan di pekan pertama PMPL ID Season 1
The Pillars Slayer, tim besutan Ariel vokalis band Noah, menunjukkan debut yang menakjubkan di pekan pertama PMPL ID Season 1. Sumber: Dokumentasi Official Tencent

Setelah pertandingan hari kedua usai, RRQ Ryu bertengger di peringkat 3 dengan 70 poin, diikuti MORPH Team di peringkat 4 dengan 68 poin, sementara sang raja dunia ada di peringkat 5 dengan 67 poin. Permainan The Pillars Slayer memang sangat eksplosif di hari kedua. Dari 6 ronde pertandingan, ia mendapatkan dua kali Chicken Dinner, yaitu pada ronde 4 di map Vikendi dan pertandingan ronde 6 di map Erangel.

 

Raja Dunia yang Bangkit Kembali di Hari Ketiga

Bigetron Red Aliens memberikan pesan yang jelas kepada kontestan PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 1. Zuxxy, Luxxy, Microboy, dan Ryzen seakan ingin berkata, sebaik apapun usaha yang dilakukan tim kontestan, sang raja akan tetap memegang tahta sebagai tim terbaik di kancah lokal. Mempertandingkan grup A dengan C, pertandingan hari ketiga menyajikan aksi tiada henti, dengan pertandingan antar ronde yang sangat dinamis.

Bigetron RA tampil konsisten hari ini. Tetapi, perolehan Chicken Dinner hanya mereka dapatkan pada ronde ke-4 di map Sanhok Pada ronde ke-6 di map Miramar Bigetron RA sudah hampir mendapat Chicken Dinner. Sayang, usaha mereka gagal karena Aerowolf. Pertarungan tersebut berjalan dengan teramat apik. Pada Circle terakhir, tersisa satu area dataran tinggi yang sudah diamankan oleh tim Bigetron seorang.

BTR.Microboy, pemain dengan determinasi tinggi yang menjadi last survivor pada pertandingan ronde 6 di map Miramar. Sumber: Dokumentasi Official Tencent
BTR.Microboy, pemain dengan determinasi tinggi yang menjadi last survivor pada pertandingan ronde 6 di map Miramar. Sumber: Dokumentasi Official Tencent

Lucunya, pertarungan berjalan seperti Bigetron melawan semua penantangnya. Tersisa 4 skuat pada Circle ketujuh. Walau posisinya strategis, namun apa mau dikata, Circle terlempar ke daerah dataran rendah yang sudah diawasi oleh tim Aerowolf. Berusaha mendapatkan Circle, Bigetron RA bertarung setengah mati melawan dua tim sekaligus. Aerowolf lalu menyambut Bigetron RA yang sudah luluh lantah dengan hangat lewat tembakan beruntun tanpa henti. Semua anggota Bigetron RA tumbang, tinggal tersisa Microboy seorang diri sehingga ia harus pasrah memberikan Chicken Dinner di ronde terakhir kepada Aerowolf.

Walau tidak berhasil mendapat banyak Chicken Dinner, namun permainan Bigetron yang konsisten berhasil menyempurnakan usaha comeback Zuxxy Luxxy dan kawan-kawan. Mereka kembali berada di puncak klasemen keseluruhan, dengan perolehan 107 poin.

PMPL Indonesia Season 1 akan berlanjut pada pekan keduanya mulai hari Rabu ini (11 Maret 2020). Pertandingan akan menggunakan format round-robin yang sama, dan akan berlangsung hingga hari Minggu (15 Maret 2020) nanti. Babak Regular Season sendiri berjalan mulai dari 6 Maret hinggai 29 Maret 2020 mendatang.

Memperebutkan US$150.000 (sekitar Rp2,2 miliar) 24 tim bertanding merebut posisi 16 besar untuk melaju ke babak Playoff yang diselenggarakan 4-5 April 2020 mendatang. Melihat tingkat kompetisi yang disajikan pada pekan lalu, tentunya pertandingan akan jadi makin panas pekan ini, apalagi melihat posisi Bigetron RA yang sudah bangkit.