Esports Ecosystem

Rekap Week 5 & 6 PMPL ID 2020 Season 2 : Bigetron RA Kebut Perolehan Poin

14 Sep 2020 | Akbar Priono
Bigetron RA yang sempat tertatih di pekan sebelumnya, kebut perolehan poin di pekan terakhir laga Regular Season PMPL ID 2020 Season 2.

Pekan lalu, dua week pertandingan PUBG Mobile Professional League Indonesia 2020 Season 2 dirangkap menjadi satu. Tanggal 8 – 10 September 2020 jadi pertandingan week 5, dilanjut dengan pertandingan week 6 pada tanggal 11 – 13 September 2020. Ada apa saja yang terjadi? Berikut rekap PMPL ID 2020 Season 2, Week 5 dan Week 6.

Week 5 – Bigetron RA Kejar Setoran

Pada pertandingan week 5, Bigetron RA terlihat seperti sedang “kejar setoran”, setelah sang juara Asia sempat tertatih beberapa pekan belakangan. Bigetron RA berada di grup A pada pertandingan week ke-5, dan bertanding di hari pertama pertandingan. Bigetron RA membuka hari dengan istimewa, walau cuma mendapat peringkat 3, tapi mereka berhasil memperoleh 11 poin Kill.

Chicken Dinner yang didamba akhirnya diperoleh Ryzen, Microboy, dan kawan-kawan pada ronde ketiga pertandingan hari pertama, dengan tambahan 10 poin Kill didapat. Siren Esports sempat menyodok di ronde 4, saat bertanding di map Sanhok. Namun Bigetron RA berhasil mempertahankan konsistensinya setelah itu. Dari pertandingan hari pertama, Bigetron RA mendapat 91 poin.

Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id
Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id

https://www.instagram.com/p/CE9YVEnsV7d/

Pertandingan hari kedua adalah antara grup B vs C. Kini giliran AURA Esports, ION Esports, dan MORPH Team yang mendominasi. Sepanjang 6 ronde pertandingan, ketiga tim tersebut saling berbagi Chickken Dinner satu sama lain. Di akhir hari, tiga tim tersebut mendapat perolehan poin yang tipis-tipis, AURA Esports 79 poin, ION Esports 79 poin, MORPH Team 60 poin.

Hari ketiga, Bigetron RA kembali bertanding, kali ini lawannya adalah grup C, dengan AURA Esports sebagai salah satu kontestan terkuat. Sayang performa AURA Esports sedang turun hari itu. BONAFIDE menyodok lewat permainannya yang konsisten sepanjang 6 ronde berjalan. Namun apa mau dikata, Bigetron RA sudah kembali dengan permainan terbaiknya, menyabet 3 Chicken Dinner sekaligus. Bigetron RA pun berhasil menjadi juara mingguan di pertandingan week 5.

Week 6 – Persaingan ION Esports dengan Bigetron RA dan Four Countries Battle

Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id
Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id

Pertandingan week 6 tak hanya menyajikan puncak laga Regular Season PMPL ID 2020 Season 2, tetapi juga menyertakan aksi tim PUBG Mobile terbaik dari 4 negara SEA dalam pertandingan Four Countries Battle. Indonesia diwakili oleh Bigetron RA, ION Esports, BOOM Esports, dan AURA Esports.

Sayangnya dalam pertandingan sebanyak 4 ronde tersebut, tim-tim Indonesia terdominasi tim asal Thailand. Bigetron RA dan ION Esports sudah berusaha semaksimal mungkin, namun hanya berhasil mendapat peringkat 3 dan 5 saja. FaZe Clan berhasil menjadi pemenang Four Countries Battle di akhir hari, berkat usaha mereka mempertahankan placement di top 4 pada setiap ronde.

Kembali ke pertandingan Week 6 PMPL ID 2020 Season 2, hari pertama mempertandingkan grup A dengan B. Setelah pembagian grup kembali diacak, kini giliran MORPH Team yang berjaya. Mereka cuma dapat satu Chicken Dinner, namun berhasil tanding dengan cukup konsisten, dan terpeleset satu kali saja. LOUVRE Kings juga menanjak naik, dengan torehan satu kali Chicken Dinner di ronde 4, dan 3 kali bertengger di peringkat 5 besar.

Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id
Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id

Bigetron RA kembali bertanding di pertandingan hari kedua, antara grup B dengan grup C. Melihat performa Bigetron RA di hari sebelumnya, ION Esports jadi ketar-ketir, takut tergeser dari puncak klasemen sementara. Apalagi ION Esports bermain kurang baik di pertandingan hari pertama week 6, dan hanya mengumpulkan 43 poin saja.

Untungnya Bigetron RA tidak sebegitu “gila” di hari kedua. Mereka bahkan tidak mendapatkan satu pun Chicken Dinner, walau bisa hampir selalu konsisten di peringkat 5 besar. RRQ Ryu yang malah mengamuk. Walau membuka ronde 1 dengan Too Soon, tapi mereka bangkit dengan cepat. Nerpheko dan kawan-kawan berhasil dapat Chicken Dinner setelahnya, mempertahnkan posisi di peringkat 4 besar, bahkan dapatkan Chicken Dinner lagi di ronde 5. RRQ Ryu pun merajai perolehan poin hari kedua dengan 82 poin.

Hari ketiga, hari penentuan, Bigetron RA bertemu dengan ION Esports kali ini. ION Esports membuka hari dengan mendapat Chicken Dinner. Tapi seperti pepatah Wolfy dan Pasta, “habis Chicken terbitlah Too Soon”. ION Esports tersungkur di peringat 8 pada ronde 2, dan mendapat Too Soon sampai ronde 5.

Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id
Sumber: Instagram @pubgmobile.esports.id

Bigetron RA malah sebaliknya. Mendapat Too Soon di awal hari mendorong motivasi mereka untuk jadi lebih baik pada ronde-ronde setelahnya. Mulai ronde 2 mereka mendapat peringkat 3, yang dilanjut dengan serentetan Chicken Dinner di ronde 3 dan 4, dengan total 27 poin Kill didapatkan.

Walaupun demikian, juara mingguan untuk week 6 bukanlah Bigetron RA, melainkan RRQ Ryu yang memperoleh total 152 poin dari 3 hari pertandingan week 6. Terlepas dari itu, Bigetron RA tetaplah juara babak Regular Season PMPL ID 2020 Season 6, dengan total 808 poin yang didapat dari maraton 6 pekan pertandingan. Kemenangan tersebut memberikan Bigetron RA slot untuk melaju langsung ke PMPL SEA Finals.

Catatan viewership PMPL ID 2020 Season 2 – Week 5 dan 6

Menjadi pekan yang padat, PMPL ID 2020 Season 2 berhasil menunjukkan catatan viewership yang konsisten. Penurunan cukup besar hanya terasa di pertandingan week 5 day 1, yang memang diselenggarakan pada hari kerja yaitu hari Selasa.  Berikut catatan viewership PMPL ID 2020 Season 2 Week 5 dan 6, yang Hybrid.co.id rangkum 13 September 2020 kemarin.

Pertandingan Week 5

Day 1 (8 September 2020) – Facebook Gaming

  • Total durasi siaran – 5 jam 17 menit 29 detik
  • Total tayangan dilihat – 971,8 ribu views

Day 2 (9 September 2020) – Facebook Gaming

  • Total durasi siaran – 8 jam 16 menit 59 detik
  • Total tayangan dilihat – 1,1 juta views

Day 3 (10 September 2020) – Facebook Gaming

  • Total durasi siaran – 7 jam 56 menit 17 detik
  • Total tayangan dilihat – 1,7 juta views

Pertandingan Week 6

Day 1 (11 September 2020) – Facebook Gaming

  • Total durasi siaran – 8 jam 7 menit 10 detik
  • Total tayangan dilihat – 1,2 juta views

Day 2 (12 September 2020) – Facebook Gaming

  • Total durasi siaran – 9 jam 25 menit 33 detik
  • Total tayangan dilihat – 1,9 juta views

Day 3 (13 September 2020) – Facebook Gaming

  • Total durasi siaran – 8 jam 57 menit 56 detik
  • Total tayangan dilihat – 1,9 juta views

Selamat untuk Bigetron RA, dan perjuangan yang luar biasa dari seluruh tim PMPL ID 2020 Season 2. Level kompetisi PMPL ID sepertinya semakin meningkat di musim kedua ini, melihat perbedaan poin yang kini jadi lebih tipis-tipis. PMPL ID 2020 Season 2 masih menyisakan satu laga lagi, yaitu laga Grand Finals yang menurut Liquidpedia akan diselenggarakan tanggal 25 – 27 September mendatang.

Mempertandingkan 16 tim terbaik yang lolos dari babak Regular Season, kira-kira siapa yang berhak menyandang sebagai tim PUBG Mobile terbaik Indonesia di musim kedua PMPL ID 2020 ini?