Esports Ecosystem

Rekap Grand Final PMPL ID 2020 Season 2: Amukan Aerowolf Limax

28 Sep 2020 | Akbar Priono
Babak Grand Final menjadi tidak terduga. Aerowolf Limax berhasil keluar menjadi juara setelah permainan konsisten selama 3 hari pertandingan.

Setelah 6 pekan pertandingan babak Regular Season, PUBG Mobile Professional League Indonesia 2020 Season 2 (PMPL ID 2020 Season 2) kini sudah memasuki babak puncaknya. Tanggal 25-27 September 2020 kemarin menjadi momen puncak, untuk menentukan siapa tim PUBG Mobile terbaik di Indonesia. Babak Grand Final musim ini jadi teramat menarik, karena pertandingan lebih kompetitif dengan beragam tim berhasil merebut Chicken Dinner. Tanpa berlama-lama lagi, berikut rekap Grand Final PMPL ID 2020 Season 2.

Day 1

Pertandingan hari pertama dari babak Grand Final menjadi showcase bagi BOOM Esports. Voker dan kawan-kawan berhasil bermain dengan teramat apik, sehingga mereka bisa mengamankan dua Chicken Dinner sekaligus di awal-awal ronde. Tak mau kalah, ION Esports juga berusaha keras untuk bisa merebut poin sebanyak-banyaknya, dan berhasil rebut 2 Chicken Dinner juga. Namun terlepas dari itu, Victim dan ONIC menjadi dua tim lain yang turut mencuri Chicken Dinner di hari pertama sehingga berhasil merebut poin yang cukup banyak.

Sumber: Instagram @pubgmobileesports.id
Ilustrasi dari akun Instagram official PUBG Mobile esports Indonesia atas momen clutch dary Cryzen. Sumber: Instagram @pubgmobileesports.id

Pertandingan hari pertama juga sekaligus menunjukkan keberanian, serta naiknya level permainan tim-tim Indonesia di PMPL ID. Salah satu momen paling apik mungkin adalah ketika Cryzen bermain dengan begitu solid, berhasil melakukan Clutch 1 vs 2 pada saat bertanding di map Vikendi.

Day 2

Hari kedua giliran Aerowolf Limax yang menanjak naik. Ronde 1 BOOM Esports masih membawa semangat hari sebelumnya dan berhasil mendapatkan Chicken Dinner. Aerowolf Limax menyaingi setelahnya, lalu diikuti oleh Chicken Dinner yang didapat Louvre Kings setelahnya. Jelang akhir ronde, ION Esports, ONIC, dan Victim Esports juga tak mau kalah merebut Chicken Dinner di hari itu. Perolehan yang sangat variatif membuat persaingan poin menjadi teramat sengit. Terlepas dari itu, Aerowolf berhasil memuncaki hari kedua dengan total perolehan poin sementara sebanyak 140.

Sumber: Instagram @pubgmobileesports.id
Ilustrasi atas amukan Aerowolf Limax di hari kedua. Sumber: Instagram @pubgmobileesports.id

Dengan perolehan poin yang begitu sengit, tak heran jika pertandingan penuh dengan tindakan-tindakan agresif dari para pemain. Momen ONIC menusuk maju dengan gagah berani, RRQ Valdemort hampir tergilas mobil, permainan agresif nan tajam dari Louvre.Henz jadi bukti betapa panasnya pertandingan hari kedua.

Day 3

Hari ketiga hari penentuan. Awal-awal ronde dibuka dengan Chicken Dinner dari Victim Esports, The PIllars, dan AURA Esports. Namun demikian permainan dari Aerowolf Limax begitu konsisten pada hari itu. Walaupun tak dapat Chicken Dinner, mereka masih dapat pertahankan posisi di puncak klasemen sementara. Ronde selanjutnya Siren Esports, MORPH Team, dan Bigetron RA berhasil mencuri Chicken Dinner. Terlepas dari itu, poin Aerowolf Limax tak terkalahkan karena permainan yang begitu solid dari Spaov dan kawan-kawan. Alhasil, Aerowolf Limax berhasil keluar menjadi juara PMPL ID 2020 Season 2 dengan total perolehan sebesar 184 poin.

Sumber: Instagram @pubgmobileesports.id
Sumber: Instagram @pubgmobileesports.id

Kemenangan Aerowolf Limax menjadi dobrakan yang besar, mengingat sang serigala putih yang hanya berhasil finish di peringkat 10 pada musim lalu. Dari Selain itu, nasib BOOM Esports mungkin menjadi salah satu yang paling nahas di final PMPL ID 2020 ini. Bukan soal performa, tapi soal akumulasi poin yang didapat BOOM Esports dari 3 hari pertandingan. BOOM Esports harus puas berada di peringkat 3 dengan perolehan 163 poin, hanya selisih SATU poin saja dengan AURA Esports yang berada di peringkat 2. Maka dari itu, Aerowolf Limax, dan AURA Esports akan melaju ke PMPL SEA Finals, menemani Bigetron RA yang sudah lolos terlebih dahulu berkat kemenangannya di babak Regular Season.

Catatan viewership Grand Final PMPL ID 2020 Season 2

Tayangan Grand Final PMPL ID 2020 Season 2 berhasil memenuhi ekspektasi, dengan catatan viewership yang lebih banyak daripada hari-hari biasa di Regular Season. Namun demikian, satu yang menarik adalah, jumlah views terbanyak justru dikumpulkan di pertandingan hari pertama. Melihat hal ini, turunnya performa pertandingan Bigetron RA (yang sangat digandrungi penonton esports PUBG Mobile Indonesia) mungkin jadi salah satu alasan.

Day 1 – Facebook Gaming

  • Durasi Siaran – 8 jam 56 menit 13 detik
  • Total views – 3.4 juta views

Day 2 – Facebook Gaming

  • Durasi Siaran – 9 jam 1 menit 57 detik
  • Total views – 3.2 juta views

Day 3 – Facebook Gaming

  • *Durasi siaran tidak tersedia karena VOD hari ketiga hilang dari page Facebook PUBG Mobile Indonesia pada saat artikel ini ditulis tanggal 28 September 2020.
  • Total views – 3,2 juta views

Selamat untuk Aerowolf Limax. Kehadiran juara baru tentu membuat PMPL ID menjadi semakin kompetitif, dan semakin menarik disimak. Bigetron RA, Aerowolf Limax, dan AURA Esports akan berjuang membawa nama Indonesia pada pertandingan PMPL SEA Finals 2020 Season 2. Mengutip Liquidpedia, pertandingan akan dimulai 23 November mendatang. Semoga tiga wakil Indonesia bisa menunjukan permainan terbaiknya di PMPL SEA Finals 2020 Season 2 mendatang!