Dark
Light

Redwing: Tahun 2013 Tunjukkan Investasi Startup di Indonesia Lebih Banyak dan Lebih Matang

1 min read
June 20, 2013

Redwing memberikan infografis kompilasi investasi startup teknologi di Indonesia sepanjang tahun 2011-2013. Redwing mencatat ada 18 investasi high profile yang dilakukan kurun waktu enam bulan pertama tahun 2013. Jumlah tersebut jauh lebih banyak ketimbang jumlah yang sama sepanjang tahun 2011. Di tahun 2012 jumlah investasi yang diumumkan ke publik mencapai angka 20 buah.

Selain jumlah yang berkembang secara signifikan, kebanyakan investasi tersebut merupakan investasi lanjutan (Round 1 dan Round 2), bukan sekedar seed investment. Ini merefleksikan tingkat kematangan startup Indonesia yang lebih baik untuk bertahan dan memperoleh investasi lanjutan. Redwing juga mencatat bahwa lebih sedikit akuisisi yang terjadi setelah mini-boom di tahun 2011, yang memberikan sinyal bahwa investor sekarang memilih untuk berinvestasi jangka panjang.

Untuk nilai investasi, meskipun 2/3 dari total deals dilakukan oleh investor Indonesia dan Singapura, besaran nilainya masih kalah jika dibandingkan dengan investasi yang dilakukan oleh investor Eropa dan Amerika Serikat. Investasi yang dilakukan terhadap grup Rocket Internet (Lazada dan Zalora) yang bernilai puluhan juta dollar setiap putarannya memang tidak tertandingi oleh yang lain. Tokopedia mungkin menjadi satu-satunya startup teknologi di Indonesia yang sudah memperoleh investasi hingga putaran keempat, di mana yang terakhir diperoleh dari Softbank Ventures Korea.

Meskipun memang tidak semua investasi startup Indonesia yang diumumkan ke publik masuk ke dalam infografis Redwing, bisa disimpulkan bahwa seharusnya perkembangan dunia startup di Indonesia sudah menuju ke arah yang tepat.

Investor tidak lagi mencari startup-startup bombastis dengan harapan akuisisi dalam waktu singkat, tapi memilih berinvestasi ke startup yang memiliki outlook bagus dan mampu bertahan setidaknya untuk 2-3 tahun ke depan. Dengan arahan seperti itu, tentu saja penggiat startup juga harus memiliki visi serupa dan memiliki proyeksi jangka panjang serta tidak terbuai dengan mimpi-mimpi startup seperti halnya yang kita dengar dan baca setiap hari di Silicon Valley.

Berikut ini adalah infografis yang dikompilasi oleh Redwing:

*Update: infografi telah diperbarui oleh RedWing Asia karena terdapat beberapa kesalahan.

Previous Story

Former Multiply Country Manager Daniel Tumiwa Heads Garuda Indonesia’s E-Commerce Division

Next Story

Mantan Petinggi Multiply Indonesia, Daniel Tumiwa, Pimpin Divisi E-Commerce Garuda Indonesia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Tencent Tutup Layanan Streaming Game, Sony Dikabarkan Bakal Buat Horizon 3

Minggu lalu, ada tiga perusahaan game yang mengungkap bahwa mereka

Netflix Akuisisi Developer Game Asal Finlandia, Jumlah Pemain Metaverse The Sandbox Capai 2 Juta Orang

Tren akuisisi di industri game masih berlanjut. Minggu lalu, Netflix