28 August 2017

by Yoga Wisesa

Recoil Suguhkan Serunya Bermain Game Shooter di Pekarangan Rumah

Penyajian Recoil mirip seperti permainan laser tag yang populer di tahun 90-an.

Upaya membuat konten hiburan yang lebih 'immersive' melahirkan banyak sekali perangkat unik, dan sudah ada berbagai macam realisasinya: VR, AR, hingga percobaan memadukan mainan dengan video game. Mereka telah menjelma ke berbagai produk, dari mulai Anki Drive, Prodigy, sampai permainan mobile berbasis AR populer, Pokémon Go.

Kali ini giliran Skyrocket Toys yang mencoba membenamkan teknologi modern ke dalam mainan fisik. Mungkin melihat populernya permainan-permainan shooter, perusahaan itu terdorong buat mengadopsi genre ini ke produk baru mereka. Berbekal augmented reality serta konektivitas Wi-Fi, Skyrocket Toys menciptakan Recoil, versi mainan dari game 'tembak-tembakan' seperti Battlefield atau Call of Duty.

Penyajian Recoil mirip seperti permainan laser tag yang populer di tahun 90-an. Bedanya, permainan ini beroperasi layaknya game. Ia dilengkapi bermacam-macam mode, betul-betul menghidangkan suara tembakan dan ledakan, dibekali sistem mission objective sampai pengisian ulang amunisi, dan selanjutnya, Anda juga dapat berkomunikasi dengan anggota tim via suara.

Recoil membutuhkan beberapa komponen agar bisa bekerja: pistol, sensor, AR tag, serta unit 'Game Hub' Wi-Fi. Semua pernak-pernik penting ini sudah dibundel dalam Starter Set. Game Hub merupakan jantung dari permainan ini, dapat menjangkau area seluas 152m dan mendeteksi 16 pemain. Selanjutnya, Anda tinggal menyambungkan smartphone ke pistol melalui aplikasi mobile serta memasangnya di sana via mounting.

App serta smartphone berperan sebagai UI. Mereka bertugas untuk menginformasikan status Anda, mengarahkan ke lokasi respawn, isi ulang amunisi, serta ke area target. Selain itu, smartphone berfungsi menghidangkan bermacam-macam efek suara, misalnya lemparan granat, desingan peluru, hingga memberi tahu saat akan ada serangan udara. Silakan pilih headset yang Anda sukai, pastikan saja ia tak mudah terlepas ketika Anda berlarian.

Bundel Starter Set Recoil terdiri dari satu Game Hub, dua pistol RK-45 Spitfire, sensor damage, mounting, AR tag, dan buku panduan. Pistol RK-45 Spitfire juga dijual terpisah, dan sebagai alternatifnya, Skyrocket Toys menawarkan pilihan senjata berlaras panjang, SR-12 Rogue. Tersedia pula granat tangan opsional, efektif untuk membuat tim lawan berlarian dari tempat persembunyian mereka.

Produk sudah mulai dipasarkan di toko retail di kawasan Amerika (Walmart, Toys"R"Us, hingga Gamestop). Recoil Starter Set Multiplayer dibanderol seharga US$ 130; lalu Pistol RK-45 Spitfire, senapan SR-12 Rogue dan frag granade masing-masing dijajakan di harga US$ 50, US$ 70, dan US$ 15.

Sumber: TheWorldIsNowGame.com.