Dark
Light

Realme GT3 Dengan 240W SUPERVOOC Diluncurkan Secara Global, Ini Kehebatannya

2 mins read
March 1, 2023
realme-GT3

Menurut Counterpoint Research, realme memimpin dalam penetrasi teknologi pengisian daya cepat di smartphone. Pada acara teknologi MWC 2023, realme pun mengumumkan peluncuran global smartphone flagship terbarunya, realme GT3.

Perangkat ini dilengkapi dengan teknologi pengisian daya tercepat di dunia, 240W SUPERVOOC yang pertama diaplikasikan ke produk komersial dan diproduksi secara massal dengan daya pengisian maksimum yang dimungkinkan di dalam standar USB-C.

realme-GT3-Feb-28th-Live_08
(Foto: Mark Wesley – Product Communications Manager, realme Global)

Dalam hal pengalaman pengguna, menurut realme 240W SUPERVOOC adalah jawaban terbaik untuk mengatasi masalah baterai di smartphone. Teknologi ini mempersingkat waktu yang diperlukan ketika mengisi daya baterai dalam hitungan menit.

Dengan menggunakan kekuatan pengisian daya 240W SUPERVOOC, realme GT3 hanya membutuhkan waktu 80 detik untuk mengisi daya hingga 20%. Sementara untuk mengisi penuh baterai 4.600 mAh, pengguna tidak perlu menunggu lama hanya butuh 9 menit 30 detik.

Tentu saja, fitur fast charging ini sangat berguna ketika kita memiliki waktu terbatas dan perlu mengisi daya smartphone dengan cepat sebelum pergi ke tempat lain atau melakukan aktivitas lainnya. Dalam situasi seperti itu, 240W SUPERVOOC dapat membantu menghemat waktu dan memastikan realme GT3 selalu memiliki baterai yang cukup untuk digunakan.

Inovasi Baterai dan Pengisian Daya yang Lengkap

realme-GT3-Feb-28th-Live_05
(Foto: Chase Xu – Vice President realme dan President of realme Global Marketing)

Lebih lanjut, realme mengklaim telah mencapai inovasi secara menyeluruh, mulai dari keamanan pengisian daya, daya tahan baterai, hingga kompatibilitas aksesori. Dimulai dari arsitektur pengisian daya, realme GT3 memiliki tiga chipset yang dimaksimalkan untuk mengisi daya pada saat yang bersamaan, sehingga menghasilkan efisiensi transfer yang lebih baik hingga 98,5%.

Selain itu, realme GT3 dilengkapi dengan kabel pengisian daya 12A khusus dan menyediakan teknologi Double GaN. Hasilnya meskipun memiliki daya 60% lebih besar, adaptor charger 240W memiliki ukuran yang sama dengan adaptor 150W.

Menurut realme, salah satu rintangan tersulit dalam pengisian daya bertenaga tinggi adalah kontrol suhu. Oleh karena itu, realme GT3 dilengkapi dengan VC liquid cooling system berukuran 6580mm² yang dapat mendinginkan 61,5% baterai dan memastikan pembuangan panas yang efisien.

Untuk memastikan keamanan pengisian daya yang maksimal, realme GT3 juga dilengkapi dengan desain tahan api PS3, 13 sensor suhu, dan 60 lapisan perlindungan keamanan. TÜV Rheinland juga telah mensertifikasi realme GT3 untuk sistem pengisian daya cepat yang aman.

Bagaimana dengan kekhawatiran kerusakan baterai? Menurut pengujian laboratorium internal, realme GT3 memiliki masa pakai 80% setelah lebih dari 1.600 siklus pengisian daya dengan kekuatan 240W, lebih dari dua kali lipat dari standar industri yang menetapkan 80% masa pakai baterai setelah 800 siklus pengisian daya.

Realme GT3 juga menggunakan pengisian daya cerdas, yang mendeteksi status pengguna dan mengalihkan status pengisian daya ke travel mode, sleep mode, atau in-car mode. Tidak hanya smartphone dapat ditenagai secara cerdas, tetapi juga membantu menjaga kesehatan baterai dan menghindari pengisian daya yang berlebihan.

Desain & Spesifikasi realme GT3

Desain & Spesifikasi realme GT3

Selain fitur 240W SUPERVOOC yang dapat mengisi penuh kurang dari 10 menit, realme GT3 memiliki jendela tembus pandang di sebelah modul kamera. Pengguna akan dapat melihat desain chipset, NFC, dan Pulse Interface System yang inovatif dengan cincin pencahayaan RGB berbentuk ‘C’ di dalamnya.

Di bagian muka, layarnya membentang 6,74 inci beresolusi 2772×1240 piksel, mengandalkan panel AMOLED 10-bit dengan cakupan DCI-P3 100%. Dibekali refresh rate 144 Hz dan touch sampling rate di angka 1.500 Hz yang responsif terhadap sentuhan.

Pada aspek kamera, perangkat ini dibekali tiga unit kamera belakang. Kamera utamanya 50MP dengan OIS menggunakan sensor gambar Sony IMX890. Bersama kamera 8MP dengan lensa ultrawide 112 derajat dan 2MP dengan lensa macro. Sedangkan kamera depannya 16MP yang tersemat di punch hole.

Perangkat ini ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dan akan hadir dalam berbagai pilihan varian penyimpanan yang dapat dipilih, yaitu 8+128GB, 12+256GB, 16+256GB, 16+512GB, dan varian khusus 16+1TB. Tersedia dalam dua pilihan warna Pulse White dan Booster Black, dengan harga jual mulai dari US$649 atau sekitar Rp9,8 jutaan.

Previous Story

Peran AI di Media, Akankah Menggantikan Manusia?

BOOM Esports juara PMPL ID Spring 2023
Next Story

BOOM Esports Berhasil Jadi Juara di PMPL ID Spring 2023

Latest from Blog

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai
Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,