22 August 2016

by Bambang Winarso

Realisasi Samsung Galaxy C9 Kian Dekat?

Bocoran baru indikasikan Samsung Galaxy C9 sedang menjalani fase penggemblengan di India

Samsung meresmikan debut seri Galaxy C pada bulan Mei lalu sebagai perangkat di kelas menengah yang mengemas spesifikasi cukup baik. Dalam debut tersebut Samsung melepaskan dua varian, Galaxy C5 dan C7. Keduanya mempunyai sejumlah kesamaan dan juga perbedaan. Kini, menurut SamMobile, Samsung kian dekat untuk merealisasikan kehadiran penerus keduanya yang diyakini bernama Galaxy C9.

Dugaan itu sebenarnya sudah merebak sejak lama, tapi kemudian diperkuat dengan kemunculan bocoran dokumen eksport dan import dari Zauba, India.

Dalam dokumen tersebut terpampang informasi pengiriman perangkat dengan nomor model SM-C9000 yang diduga kuat merupakan nomor model untuk varian Galaxy C9. Dokumen juga menyebutkan ukuran layar selebar 5,7 inci yang sayangnya tidak disertai informasi lainnya.

Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy C5 tiba dengan layar sebesar 5,2 inci. Layar ini mempunyai resolusi Full HD Super AMOLED yang berlayar bersama chipset Snapdragon 617 dan RAM 4GB. Selain jarigan 4G LTE, ponsel pintar juga mendukung fitur Quick Charge, lalu fitur dual SIM, Android 6.0.1 Marshmallow dan tentu saja grafis dari Adreno 405. Desain Galaxy C5 dapat dijumpai di Galaxy C7, tapi kompatriotnya ini punya bekal yang lebih superior, seperti layar yang lebih lega, yakni selebar 5,7 inci, kapasitas baterai lebih besar, 3,300mAh, prosesor octa-core Snapdragon 625 dan grafis yang lebih muda, Adregon 506.

Nah dari gambaran itu, tak berlebihan jika kita berharap Galaxy C9 akan berada satu level di atas Galaxy C7. Mungkin akan ada chipset yang lebih gahar, baterai lebih bongsor dan akan lebih hebat jika nanti bersamayam Android terbaru, 7.0 Nougat di dalamnya.

Gambar header ilustrasi Galaxy C5.