Guide
for SEO
Guide

Build Razor Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

6 May 2022Daniel Hamiaz

"My lupical is my only family. But I don't have four legs, not like them. Because I'm not a real wolf. Sometimes this makes me sad." - Razor.

Sebagai karakter B4, Razor Genshin Impact merupakan karakter yang cukup mudah didapatkan oleh sebagian besar pemain Genshin Impact. Cara bermainnya yang sederhana dan mudah, menjadikannya salah satu karakter yang bagus, khususnya bagi para pemula.

Selain Eula, Razor merupakan karakter lain yang tepat jika Anda ingin bermain karakter Physical. Berikut ini adalah panduan bermain dan mem-build Razor, sang Lone Wolf dari Genshin Impact.

Build Razor Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Razor

Razor merupakan karakter B4 Electro bersenjata claymore. Umunya, ia digunakan sebagai Main DPS, karena sebagian besar damage-nya berasal dari pukulan Normal Attack-nya. Dengan Elemental Burst-nya, serangan Razor akan semakin cepat, menjadikannya sebagai karakter yang membutuhkan waktu lama di arena untuk menghasilkan damage.

Walaupun Razor merupakan salah satu karakter DPS yang memiliki energy cost yang tinggi, namun hal tersebut tidaklah menjadi masalah. Razor memiliki talenta pasif built-in untuk masalah ini. Selain itu, ia juga bisa memanfaatkan karakter lain untuk mengisi energinya.

Cara bermain yang sederhana dan mudah, merupakan salah satu daya pikat dan kelebihannya, khususnya untuk pemain di HP dan pemain yang tidak mau ambil pusing mengenai mekanik yang ada di Genshin Impact.

Elemental Skill – Claw and Thunder

Skill ini memiliki 2 versi, yaitu ditekan dan ditahan.

Saat ditekan:
1. Razor akan menyerang musuh di depannya dengan damage Electro. Saat mengenai musuh, Razor akan mendapatkan satu Electro Sigil.
2. Electro Sigil dapat tercipta maksimal 3 kali. Setiap Electro Sigil yang dimiliki, Razor akan mendapatkan tambahan Energy Recharge.

Saat ditahan:
1. Razor akan menyerang musuh di sekelilingnya dengan damage Electro.
2. Saat skill versi ini digunakan, semua Electro Sigil hilang dan dikonversikan menjadi energi untuk Razor.

Elemental Burst – Lightning Fang

Saat diaktifkan, Razor akan memanggil Wolf Within yang akan memberikan damage Electro di sekitarnya. Wolf Within akan ikut menyerang, setiap kali Razor melakukan Normal Attack. Setiap Electro Sigil juga akan hilang dan dikonversikan menjadi energi.

Jadi ada 2 cara untuk menghisap Electro Sigil, yaitu dari Elemental Skill (hold) dan Elemental Burst

Saat Elemental Burst sedang aktif, Razor akan mendapatkan bonus ATK SPD, Electro Resistance, dan Interruption Resistance. Selain itu, Razor tidak akan terkena damage dari reaksi Electro-Charged dan Razor tidak bisa melakukan Charged Attack.

Talenta Pasif 1: Awakening

Cooldown Elemental Skill dikurangi sebesar 18%. Saat mengaktifkan Elemental Burst, cooldown Elemental Skill akan di-reset.

Talenta Pasif 2: Hunger

Saat energi Razor di bawah 50%, Energy Recharge Razor akan bertambah sebesar 30%.

Talenta Pasif 3: Wolvensprint

Saat Razor berada di tim, konsumsi stamina karakter aktif saat sedang berlari akan dikurangi sebanyak 20%.

Prioritas Talenta: Normal Attack > Elemental Burst > Elemental Skill.

Konstelasi

sumber: Genshin Impact

Secara sederhana, konstelasi Razor dapat dijelaskan seperti berikut:

Konstelasi Penting: C4

C1: Setiap kali Razor mendapatkan partikel, damage-nya akan bertambah 10% selama 8 detik.

C2: Crit Rate Razor akan bertambah sebesar 10% saat melawan musuh dengan HP di bawah 30%

C3: Elemental Burst bertambah 3 level.

C4: Musuh yang terkena Elemental Skill (press) akan mengalami penurunan DEF sebesar 15% selama 7 detik.

(Tidak banyak skill di Genshin Impact yang mampu menurunkan stat DEF, menjadikan konstelasi ini unik dan kuat.)

C5: Elemental Skill bertambah 3 level.

C6: Setiap 10 detik, pedang Razor akan mendapatkan sebuah buff listrik. Buff tersebut akan aktif pada serangan Normal Attack Razor selanjutnya, menghasilkan Electro DMG sebesar 100% ATK Razor.

Jika Razor sedang tidak dalam efek Burst, maka serangan listrik ini akan memberikan 1 Electro Sigil untuk Claw and Thunder (Elemental Skill.

(Electro DMG yang disebabkan oleh C6, tidak akan meng-infused serangan Razor menjadi Electro, melainkan akan memberikan instance damage yang berbeda.)

Artefak

Sebagai karakter Physical DPS, Razor bisa memakai artefak 4 Pale Flame atau 4 Gladiator’s Finale. 4 Pale Flame cocok untuk karakter yang berfokus pada Physical Damage dengan cooldown Elemental Skill yang pendek, sedangkan 4 Gladiator’s Finale cocok juga untuk karakter yang menggunakan Normal Attack sebagai sumber utama damage-nya seperti Razor.

Untuk artefak alternatif, Anda bisa memakai antara 2 Pale Flame, 2 Bloodstained Chivalry, atau 2 Gladiator’s Finale/Shimenawa Reminiscence. Artefak alternatif ini masih lumayan oke sebagai pengganti sementara.

Sebagai catatan, sebaiknya jangan menggunakan 4 Noblesse Oblige untuk Razor, karena artefak tersebut hanya meningkatkan damage dari Elemental Burst, sedangkan Burst Razor tidak berfokus ke damage, melainkan bersifat self-buff. Burst jenis ini juga dapat ditemukan pada karakter seperti Xiao dan Itto.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ATK%.
  • Goblet: Physical DMG Bonus% / ATK% (jika memakai Serpent Spine).
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Prioritas sub stat: Crit Rate/DMG% >  ATK% > Energy Recharge% > flat ATK.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata terbaik Razor adalah Wolf’s Gravestone. Senjata yang berasal dari Wolvendom ini memiliki base ATK yang tinggi, dan efek pasif yang akan menambah stat ATK lebih tinggi lagi. Karena Razor memiliki Physical DMG Bonus sebagai stat Ascenscion-nya, maka ATK% dari senjata ini sangatlah bermanfaat bagi Razor.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai antara Song of Broken Pines, The Unforged, Skyward Pride, Redhorn Stonethresher, dan Serpent Spine dari Battlepass.

Jika Anda menggunakan Serpent Spine, Anda bisa memakai Goblet ATK%. Hal ini dikarenakan Physical DMG Bonus% dan efek pasif dari Serpent Spine, memiliki posisi yang sama di Damage Formula, sehingga akan lebih baik untuk meratakan stat, daripada menumpuk satu stat serupa saja. Namun hal ini bersifat opsional saja dan bukan sebuah keharusan.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa menggunakan Prototype Archaic. Senjata ini memiliki stat yang sama dengan Wolf’s Gravestone. Efek pasif dari senjata ini juga masih lumayan oke.

Sebagai alternatif, Anda bisa memakai Blackcliff Slasher, Lithic Blade, Snow-Tombed Starsilver, Luxurious Sea-Lord, dan jika benar-benar tidak memiliki senjata yang telah disebutkan, Anda bisa memakai Skyrider Greatsword.

Luxurious Sea-Lord memang tidak akan menambah damage Burst secara signifikan, namun setidaknya stat ATK% dan efek pasif yang akan mengeluarkan damage tambahan, masih berguna untuk Razor.

Komposisi Tim

Razor sebenarnya tidak membutuhkan karakter spesifik di tim. Seperti komposisi tim pada umumnya, Anda bisa mengisi dua DPS off-field dan satu support/healer. Anda bisa menggunakan contoh komposisi tim yang ada di atas.

Karena menggunakan Normal Attack sebagai sumber damage, Xingqiu bisa digunakan bersama Razor. Untuk karakter Cryo, Anda bisa memakai Rosaria, yang bisa meningkatkan Crit Rate. Alternatif dari Rosaria adalah Kaeya dan Diona.

Fischl merupakan sub DPS paling cocok untuk Razor, karena ia memberikan banyak hal. Mulai dari raw damage yang tinggi, energi partikel yang dihasilkan banyak, hingga Electro Resonance.

Selain karakter spesifik, Razor juga bisa memanfaatkan Elemental Resonance. Resonance yang cocok untuk Razor salah satunya adalah Geo Resonance. Contoh duet karakter Geo yang paling terkenal adalah Albedo dan Zhongli. Untuk karakter terakhir Anda bisa menggunakan karakter Cryo untuk reaksi Superconduct atau Fischl untuk mengakses Electro Resonance.

Tips Razor Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Razor merupakan salah satu karakter yang bisa memanfaatkan teknik Dragonstrike. Secara sederhana, Dragonstrike adalah sebuah teknik, yang memanipulasi kecepatan dan hitlag untuk melakukan Plunge Attack secara konsisten. Berikut ini adalah cara dan penjelasan lengkapnya:

Selain menambah damage, Dragonstrike akan membuat cara bermain yang lebih keren, karena mampu melakukan Plunge Attack pada terrain level yang sama berulang kali. Untuk Razor sendiri, ia bisa memanfaatkan hitlag dari Elemental Skill-nya untuk melakukan Dragonstrike.

2. Dalam satu string serangan, Razor akan mengayunkan pedangnya sebanyak 4 kali. Untuk serangan optimalnya, disarankan untuk melakukan serangan Normal Attack sebanyak 3 kali saja.

Hal ini dikarenakan ayunan pedang Razor yang keempat kalinya, memakan waktu yang lama. Dengan demikian, damage yang dihasilkan akan lebih tinggi jika melakukan 3 serangan dibandingkan dengan 4 serangan dalam satu rotasi.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan trik animation cancelling. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh, yaitu setelah serangan ketiga berhasil dilakukan, Anda bisa melompat (jump=cancelling), berlari (dash-cancelling), atau menggunakan Elemental Skill maupun Burst.

Selain memberikan damage yang lebih besar, 3-hit-combo dari Razor mencegah musuh untuk terlempar ke belakang (knockback), sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengejar musuh yang terpental.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Razor memang bukanlah tipe karakter yang bisa menghasilkan damage yang fantastis. Namun yang banyak pemain sering abaikan adalah kemudahan bermain yang bisa Razor sediakan.

Apalagi, ia merupakan karakter yang paling bagus saat pemain ingin mendapatkan Crystal Chunk dengan cepat, namun tidak memiliki Zhongli. ia juga karakter yang bisa mengurangi konsumsi stamina saat berlari, menjadikannya cocok sebagai karakter untuk berkeliling mencari batu.

Mencari batu atau menambang merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sembari menunggu penuhnya Resin. Untuk kegiatan lain yang tidak menggunakan Resin, Anda bisa cek di sini.

sumber header: Genshin Impact.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV