Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Razer Luncurkan Wolverine V2, Controller Baru untuk Gamer Xbox Sekaligus PC

27 November 2020Glenn Kaonang

Dilengkapi switch mekanis yang responsif sekaligus akurat pada keempat tombol action beserta tombol D-Pad-nya

Beberapa hari lalu, Valve mengumumkan insight yang cukup menarik: dalam dua tahun terakhir, rata-rata pengguna harian Steam yang memainkan game menggunakan controller naik lebih dari dua kali lipat jumlahnya. Seandainya suatu game memang mendukung penggunaan controller, sekitar 60% pengguna bakal memilih menggunakannya ketimbang mouse dan keyboard.

Pilihan controller yang digunakan jelas beragam, apalagi mengingat PlayStation 5 dan Xbox Series X baru saja dirilis. Anda bisa memakai DualSense, controller bawaan PS5, atau controller milik Xbox Series X jika kurang suka dengan layout yang simetris. Alternatif lainnya bisa dari produsen periferal pihak ketiga, macam Thrustmaster atau Razer.

Dari kubu Razer, mereka belum lama ini memperkenalkan Razer Wolverine V2, versi baru dari controller Xbox yang mereka luncurkan di tahun 2017. Dari segi estetika maupun ergonomi, Wolverine V2 membawa banyak perubahan sekaligus penyempurnaan. Grip-nya yang gemuk kini dilapisi karet bertekstur sehingga controller akan terasa lebih mantap dalam genggaman, sesuatu yang sepenuhnya absen pada versi lama Wolverine.

Dibanding controller bawaan Xbox Series X, Wolverine V2 hadir mengusung sejumlah fitur unik. Salah satunya adalah switch mekanis dengan karakteristik yang taktil pada keempat tombol action sekaligus tombol D-Pad-nya. Menurut Razer, switch ini punya jarak aktuasi hanya 0,65 mm, atau sekitar 35% lebih dangkal daripada switch tradisional bertipe membran.

Berhubung jarak aktuasinya lebih dangkal, masing-masing tombol semestinya bisa terasa lebih responsif, namun di saat yang sama karakternya yang taktil memastikan bahwa setiap klik bisa pengguna rasakan sehingga akurasi pun dapat tetap terjaga dengan baik. Lebih lanjut, Razer turut mengklaim bahwa switch mekanis ini lebih tahan lama karena masih bisa berfungsi secara normal hingga 3 juta klik.

Wolverine V2 turut dibekali sepasang tombol ekstra yang dapat diprogram sesuai kebutuhan. Tombol berlabel “M1” dan “M2” tersebut terletak di sebelah masing-masing tombol trigger. Kustomisasinya sendiri dapat dilakukan via aplikasi Razer Controller Setup for Xbox yang dapat diunduh lewat Microsoft Store.

Di Amerika Serikat, Razer Wolverine V2 saat ini telah dipasarkan seharga $100.

Sumber: PC Gamer.