23 April 2022

by Glenn Kaonang

Razer Leviathan V2 Adalah Soundbar Unik yang Diciptakan untuk Mendampingi Gaming PC

Razer Leviathan V2 memiliki bodi yang tidak lebih panjang daripada monitor 24 inci, tapi suara yang dihasilkan dijamin menggelegar

Soundbar pada umumnya selalu ditandemkan bersama televisi. Namun lain ceritanya kalau soundbar-nya berasal dari lab milik perusahaan seperti Razer. Sebagai produsen periferal gaming, Razer tentu lebih banyak menciptakan produk-produk yang ditujukan untuk PC, dan soundbar yang satu ini pun tidak terkecuali.

Seperti yang bisa ditebak dari namanya, Razer Leviathan V2 merupakan produk generasi kedua, dan ia tentu sudah dibekali dengan beberapa penyempurnaan. Yang paling utama adalah dari segi kualitas audio; konfigurasi dua driver full-range dan dua tweeter-nya sama seperti pendahulunya, namun yang berbeda adalah keberadaan sepasang radiator pasif, yang pastinya bakal sangat berpengaruh terhadap kualitas bass yang dihasilkan.

Lebih lanjut, Leviathan V2 juga terhubung ke unit subwoofer down-firing yang terpisah, sehingga dentuman bass-nya jelas bakal lebih mantap lagi. Secara keseluruhan, Razer menjanjikan keseimbangan antara treble dan bass, tidak ketinggalan pula efek soundstage yang realistis.

Efek soundstage ini dimungkinkan berkat integrasi teknologi surround 7.1 THX Spatial Audio. Jadi meskipun fisik perangkatnya lebih kecil daripada kebanyakan soundbar konvensional — dan tidak lebih lebar daripada kebanyakan monitor 24 inci — Razer memastikan suaranya bakal selalu bisa mengisi ruangan secara optimal.

Bicara soal fisiknya, Leviathan V2 memiliki dua pasang kaki yang dapat dilepas-pasang, sehingga pengguna bisa menempatkannya di bawah monitor dengan angle yang sempurna. Tentu saja, produk Razer tidak akan lengkap tanpa sistem pencahayaan RGB yang programmable, apalagi untuk produk yang posisinya bakal berada di tengah meja seperti soundbar ini. Tidak tanggung-tanggung, Razer menyematkan Chroma RGB dengan 18 zona pencahayaan di setiap sisi Leviathan V2.

Meski peran utama Leviathan V2 adalah sebagai speaker komputer, ia turut dibekali konektivitas Bluetooth 5.2 sehingga dapat dihubungkan ke ponsel maupun perangkat lain seperti Nintendo Switch. Untuk berganti sumber audio, cukup klik tombol paling kiri di sisi atasnya, persis di sebelah tombol Bluetooth, tombol power, dan tombol volume.

Buat yang tertarik, Razer Leviathan V2 saat ini sudah tersedia secara resmi di Indonesia. Harganya dipatok Rp4.349.000.