Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Razer Berkolaborasi Dengan ClearBot untuk Membantu Membersihkan Lautan

10 June 2021Adi Nawan

Program ini adalah bagian dari inisiasi Razer atas kepedulian lingkungan.

Nama Razer identik dengan perangkat gaming kelas premium dengan lampu RGB warna-warni. Namun siapa yang menyangka bahwa di 2021 ini mereka akan mengembangkan sayapnya ke kapal otonom untuk membersihkan lautan.

Hal tersebut baru saja diumumkan Razer pada 8 Juni 2021 lalu, yang bertepatan dengan Hari Lautan Sedunia. Razer kini menjalin kerjasama dengan start-up bernama ClearBot yang ingin membuat sebuah kapal otonom bertenaga surya dan digerakkan AI untuk mengumpulkan sampah di laut.

Clearbot merupakan start-up yang berbasis di Hong Kong yang berfokus pada pengembangan alat pembersih sampah plastik yang ada di perairan. Mereka menjelaskan bahwa diperkirakan ada 11 juta ton plastik yang memasuki lautan setiap tahunnya.

Dan, pihak-pihak yang berusaha untuk membersihkan sampah tadi kewalahan karena teknologi yang sudah kuno, biaya yang mahal, dan juga cara kerja yang tidak efisien. Di sinilah mengapa mereka membuat Clearbot yang mampu mengumpulkannya secara otomatis.

Untuk mendukung proyek kolaborasi ini, para insinyur dan desainer Razer secara sukarela memberikan waktu pribadi serta keahlian teknis mereka untuk merealisasikan prototipe yang telah dibuat Clearbot produk yang dapat dipasarkan masal.

Hasilnya, Razer berhasil membuat Clearbot menjadi sebuah robot otomatis yang lebih efisien, dapat dipasarkan, dan terukur. Drone berbentuk kapal kecil ini dilengkapi dengan AI canggih dan juga machine-learning yang membuatnya mampu mendeteksi sampah plastik sejauh 2 meter di lautan.

Image credit: Razer

Robot ini mampu mengumpukan hingga 250 kg sampah plastik hanya dalam sekali jalan. Hal ini dimungkinkan karena robot ini ditenagai oleh panel surya. Nantinya sampah yang terkumpul akan dibuang/diolah secara bertanggung jawab.

Kerja sama ini merupakan bagian dari Razer Green Fund yang dicanangkan oleh Razer beberapa waktu lalu. Razer juga telah menginisiasi roadmap 10 tahunnya yang berjuluk #GoGreenWithRazer yang menyasar untuk membantu melindungi lingkungan.

Perusahaan berbasis di Singapura ini menargetkan untuk menggunakan 100% energi terbarukan pada 2025. Mereka juga menargetkan untuk menggunakan bahan baku daur ulang dan juga material yang dapat didaur ulang untuk semua produknya pada 2030 sehingga pada tahun yang sama Razer mampu mencapai 100% Carbon neutral.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV