Dark
Light

Rangkuman Dari Acara JakMob “Go Mobile with Windows8”

by
1 min read
November 3, 2012

Trenologi tidak bisa hadir di acara JakMob kemarin, tetapi kami mendapatkan informasi dari panitia tentang rangkuman acara yang diadakan pada tanggal 30 Oktober kemarin. Berikut informasinya.

JakMob adalah komunitas untuk para pengembang aplikasi mobile di Jakarta. Mereka beberapa kali mengadakan acara pertemuan, salah satunya adalah meetup dengan tema ‘Go Mobile with Windows8’ yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Meetup kali ini menghadirkan beberapa pembicara, antara lain Irving Joan dari Microsoft yang menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan sistem operasi terbaru yang dikeluarkan Microsoft, Windows 8.

Berikut beberapa poin rangkuman dari acara yang disarikan dari panitia JakMob via email:

  • Microsoft membuat tablet Windows 8 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan bekerja/beraktifitas seperti di PC-nya namun bisa digunakan secara mobile.
  • Windows 8 menganut konsep seamless. Yang artinya User Experience di semua perangkat (PC, tablet, smartphone) harus sama. Alias jika kita main game Angry birds sudah sampai level 20 di tablet, maka ketika kita main di PC juga harus di level 20. Tidak diulang dari awal. Dengan syarat menggunakan akun Windows yang sama di setiap perangkatnya.
  • Dalam acara ini para peserta melihat tampilan UI/UX Windows 8 yang memperhatikan kebiasaan pengguna. Seperti peletakan virtual keyboard dan peletakan menu di sisi sebelah kanan atau kiri waktu main game karena pengguna pasti meletakkan tangannya di sisi kanan dan kiri tablet atau smartphone jadi menu mudah terjangkau.
  • Konsep Windows 8 Style UI dengan bentuk kotak-kotak besar seperti ubin juga menarik. Karena di tampilan menu, membuat ikon aplikasi menjadi lebih menarik dan menjual. Dibanding OS lain yang memiliki ikon-ikon aplikasi yang kecil-kecil. Serta untuk di dalam aplikasi, konsep ini membuat pengembang dapat lebih menjual konten dan pengguna tetap mendapat konsistensi dari konsep Windows 8 Style sehingga tidak bingung setiap pindah aplikasi.

Selain Irving, ada pula sesi sharing dari Edo Pamungkas – Merah Putih Inc. serta Dwi dari Bolalob.com. Dari sesi ini para peserta mendapatkan informasi tentang:

  • Masukan untuk para pengembang bahwa dari segi konten untuk membuat Windows 8 app terdapat banyak open API (application programming interface) yang dapat dimanfaatkan. Seperti dari Merah Putih Group ada API Mindtalk, Bolalob, Infokost, dll. Bahkan kami juga diberi tahu secara langsung kode Javascript untuk mengakses API Mindtalk.
  • Dua pembicara ini juga membagikan cerita tentang suka duka dalam mengembangkan aplikasi di Windows 8. Sukanya karena untuk mengatur tampilan yang berbeda-beda seperti di tablet dan smartphone cukup mudah dilakukan di Windows 8 dan bahasa pemrograman yang dipakai juga bisa menggunakan Javascript dan HTML 5. Untuk dukanya, yaitu cukup sulit untuk memasukan aplikasi ke Windows Store. Jadi membutuh beberapa kali revisi baik dari segi teknis maupun non-teknis. Namun kepuasan ketika bisa masuk Windows Store juga besar. Karena masih sangat jarang aplikasi buatan Indonesia yang masuk sana.

Meetup kemarin adalah pertemuan yang kedua untuk komunitas JakMob, dan bukan yang terakhir. Untuk informasi kapan akan ada pertemuan lagi, bisa ikuti akun Twitter mereka di @jakmob. Berikut beberapa foto dari acara kemarin.

Foto: Panitia dan Edo Pamungkas.

*) Trenologi adalah salah satu media partner acara JakMob 

Previous Story

Lagi, Aplikasi Asal Indonesia Dibajak Oknum Pengembang Asing

Next Story

Twitter Akan Buat Fasilitas Filter Foto?

Latest from Blog

Don't Miss

Rukita Co-Living

Konsep Co-Living Makin Diminati, Rukita Perbarui Aplikasi Targetkan Komunitas

Konsep hunian co-living menjadi semakin diminati, terutama di kota-kota besar

Social Commerce Mendapat Momentum di Indonesia Berkat Pengguna di Daerah

Danik Indriati adalah seorang ibu rumah tangga yang bekerja sebagai