Dark
Light

Rangkaian Smart TV Terbaru Samsung Hadir di Indonesia, dari Neo QLED 8K Hingga Super Smart TV+

3 mins read
May 24, 2023
Rangkaian Smart TV Terbaru Samsung Hadir di Indonesia

Saat ini meskipun ada perubahan dalam cara kita mengkonsumsi konten, TV masih menjadi pilihan utama untuk menikmati hiburan di rumah bersama keluarga. Dengan keunggulan ukuran layarnya yang besar dan teknologi layar canggih, TV mampu menyuguhkan pengalaman menonton yang superior.

Bicara TV, hari ini Samsung telah meluncurkan rangkaian Smart TV 2023 di Indonesia. Tahun ini, Samsung mengandalkan Neo QLED 8K sebagai model puncak dari TV ultra-premiumnya, Neo QLED 4K yang menghadirkan pengalaman entertainment dan gaming yang maksimal, Samsung OLED untuk streaming, dan Super Smart TV+ untuk pengalaman digital TV yang lebih cerdas dari sebelumnya.

Samsung Neo QLED 8K

Simon-Lee-Neo-QLED-8K

Samsung Neo QLED 8K tersedia dalam model QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), dan QN700C (65 inci dan 55 inci) yang dijual dengan rentang harga Rp27.999.000 hingga Rp129.999.000. Sesuai namanya, TV ultra-premium ini mengusung Quantum Matrix Technology Pro dengan Quantum Mini LED dan dilengkapi Real Depth Enhancer Pro, sehingga seluruh detail objek dari yang tergelap hingga yang paling terang dapat disajikan.

Meskipun saat ini konten asli 8K masih terbatas, Neural Quantum Processor 8K dan teknologi AI Upscaling akan meningkatkan video beresolusi lebih rendah menjadi setara 8K. Fitur lainnya seperti Eye-Comfort Mode yang dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di sekitar dan Multi View yang mampu membagi layar hingga empat split screen.

Soal audio, Neo QLED 8K dilengkapi speaker multi-direction berteknologi Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) yang dapat menghasilkan 3D surround sound yang dinamis. Lengkap dengan fitur Q-Symphony 3.0 yang akan mensinergikan speaker TV dengan Samsung Soundbar sehingga suara film yang sedang ditonton akan dikeluarkan dari speaker TV dan soundbar secara bersamaan.

Dengan semakin maraknya Smart Home, Neo QLED 8K dapat secara otomatis mendeteksi smart device di sekitarnya, ia bisa menjadi IoT Hub untuk mengelola berbagai perangkat IoT dengan mudah. Lewat aplikasi SmartThings, yang juga dapat menghubungkan Samsung Smart TV dengan perangkat merk non-Samsung yang tersertifikasi Matter.

Samsung juga memperkenalkan fitur baru bernama Relumino Mode untuk membantu penyandang low vision untuk lebih menikmati konten favorit mereka. Dengan Relumino Mode, Neo QLED 8K akan menebalkan garis pada setiap adegan dan juga meningkatkan kontras dan warna.

Samsung Neo QLED 4K

Samsung-Neo-QLED-4K-TV

Samsung membawa Neo QLED 4K dengan sejumlah peningkatan fitur dan beberapa ukuran layar sesuai dengan kebutuhan pengguna, dari ukuran 43 dan 50 inci yang ideal untuk gaming, sampai dengan ukuran 85 inci dan 98 inci untuk pengalaman hiburan yang lebih imersif di layar besar.

Neo QLED 4K hadir dengan Neural Quantum Processor 4K yang mampu melakukan upscaling konten menjadi setara 4K. Didukung Quantum Matrix Technology dengan Quantum Mini LED dan Shape Adaptive Light Control. Neo QLED 4K tersedia dalam model QN90A (98 inci), QN90C (85, 75, 50, dan 43 inci), dan QN85C (65 dan 55 inci) dengan rentang harga Rp13.499.000 hingga Rp99.999.000.

Fitur-fitur Neo QLED 4K lainnya mencakup EyeComfort Mode dan Anti Reflection yang dapat menangkal gangguan pantulan cahaya. Multi View yang dapat membagi layar menjadi dua dan audio dengan multi speaker didukung Dolby Atmos dan OTS+ untuk suara yang dinamis mengikuti adegan.

Bagi gamer konsol, Neo QLED 4K sudah dibekali fitur-fitur pendukung game yang lengkap. Mulai dari fitur Motion Xcelerator Turbo Pro yang akan membuat game racing dengan kecepatan tinggi bisa dimainkan dengan grafis yang lancar. Game adventure maupun RPG bisa dimainkan dalam pengaturan grafis tinggi tanpa lag, didukung AMD FreeSync Premium Pro yang akan membuat frame rate TV dan GPU tersinkronisasi dengan baik.

Selain itu, ada Multi View dan Super Ultrawide Game View yang memberikan lebih banyak pilihan area game, dengan pilihan rasio 16:9, 21:9, dan 32:9. Game Bar pada Neo QLED 4K juga ditingkatkan ke versi 3.0 dengan sejumlah fitur baru, seperti Minimap Zoom, Minimap Sharing, dan Virtual Aim Point untuk membidik target dengan lebih baik dalam game First-Person Shooter (FPS).

Samsung OLED

Samsung-OLED-TV

Beralih ke Samsung OLED yang dipersiapkan untuk pengalaman streaming memukau, tersedia dalam model S90C (77, 65, dan 55 inci) dan S95C (65 inci) dengan rentang harga Rp24.999.000 hingga Rp69.999.000. Layar Samsung OLED tersusun dari 8 juta self-lit pixel dan sudah tervalidasi Pantone, yang berarti pengguna akan menyaksikan warna-warna yang mendekati realita.

Samsung OLED hadir dengan Neural Quantum Processor 4K dan teknologi AI Upscaling untuk mengubah konten berkualitas lebih rendah menjadi setara 4K. Didukung dengan audio yang dinamis dari True Dolby Atmos dan Object Tracking Sound+ yang dapat berharmonisasi dengan Samsung Soundbar melalui fitur Q-Symphony 3.0. Streaming episode demi episode tidak akan membuat mata cepat kelelahan, sebab Samsung OLED sudah dilengkapi EyeComfort Mode.

Samsung Super Smart TV+

Kalau dari tadi membahas Smart TV premium, Samsung juga punya Super Smart TV+ edisi 2023 untuk mendukung program Analog Switch Off di Indonesia. Ini adalah TV digital dengan konektivitas Wi-Fi yang built-in, tidak hanya dapat menangkap siaran TV digital dengan kualitas lebih baik, pengguna juga dapat menikmati film dan konten-konten dari berbagai layanan streaming yang populer di Indonesia.

Super Smart TV+ tersedia dalam berbagai ukuran, Crystal UHD CU8000 43 inci dan 50 inci, T4503 32 inci, dan T6500 43 inci dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp2.599.000 hingga Rp7.499.000. Dengan resolusi layar mulai dari HD, Full HD, hingga Ultra HD (4K).

Selain dapat dikontrol dengan One Remote yang bisa di-charge, pengguna juga bisa menggunakan perintah suara dengan Bixby. Super Smart TV+ juga dapat digunakan sebagai pengganti PC, tinggal hubungkan saja keyboard dan mouse ke TV, lalu dapat digunakan untuk bekerja.

Lewat easy connect, pengguna bisa menghubungkan Super Smart TV+ dengan berbagai perangkat Bluetooth. Bagi yang suka bermain game, lewat fitur Smart View atau Tap View, mobile game di smartphone bisa langsung dimainkan di layar TV yang lebih luas.

Adobe Photoshop kini punya integrasi generative AI
Previous Story

Adobe Suntikkan Generative AI ke Photoshop

Next Story

Game Lokal Lokapala Ekspansi ke Asia Tenggara

Latest from Blog

Don't Miss

Pre-order Z Fold6 dan Z Filp6

Apa yang Bikin Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6 Spesial? Ini Alasannya

Seperti yang sudah diulas sekilas oleh tim Hybrid sebelumnya, Samsung

Samsung Galaxy Watch7 Siap Hadirkan Pengalaman Kesehatan Baru yang Cerdas

Selain merilis seri smartphone lipat baru dan TWS barunya, Samsung