Gadget News
for SEO
Gadget News

Rangkaian Monitor Terbaru ASUS di 2022, Dari Monitor Gaming ROG, ProArt, Hingga ZenScreen

20 January 2022Lukman Azis

Mencakup monitor gaming OLED dengan lapisan micro-texture anti-silau, monitor esports 1440p 360 Hz, dan monitor portabel ProArt dengan teknologi Wacom EMR

Sebagian kalangan membutuhkan monitor eksternal untuk menunjang pekerjaan mereka. Termasuk para profesional kreatif, gamer, hingga mereka yang bekerja dari rumah. Kalau Anda berencana membeli atau upgrade monitor lama ke model 2022, rangkaian monitor terbaru dari ASUS yang sempat dipamerkan di ajang CES 2022 berikut ini bisa menjadi pertimbangan.

Jajarannya mencakup monitor gaming OLED pertama di dunia dengan lapisan micro-texture anti-silau, monitor esports 1440p 360 Hz pertama di dunia, dan monitor portabel ProArt dengan teknologi Wacom EMR. Mari bahas lebih lanjut.

Monitor Gaming ROG

ROG Swift 360 Hz PG27AQN

Mari mulai dari monitor gaming ROG, jajarannya termasuk ROG Swift 360 Hz PG27AQN, monitor gaming 1440p 360 Hz pertama di dunia. Kemudian ROG Swift OLED PG42UQ dan PG48UQ, monitor gaming OLED 42 inci dan 48 inci pertama di dunia dengan lapisan micro-texture anti-silau, serta monitor 4K mini LED ROG Swift PG32UQXE.

ROG Swift 360 Hz PG27AQN adalah monitor esports 27 inci beresolusi 2560×1440 piksel, yang dirancang untuk menangani game kompetitif esports secara responsif berkat refresh rate mencapai 360 Hz. Monitor ini menggunakan panel dengan teknologi IPS ultrafast yang memberikan waktu respon cepat untuk monitor LCD.

Monitor ROG Swift 360 Hz PG27AQN juga sudah mengadopsi teknologi monitor G-SYNC terbaru NVIDIA yang menawarkan visual yang mulus dan respons lebih cepat dengan overdrive variabel. Itu termasuk NVIDIA Reflex Analyzer untuk mengukur latensi sistem ujung ke ujung saat dipasangkan dengan mouse NVIDIA Reflex.

ROG Swift OLED 1

Beralih ke ROG Swift OLED yang mencakup Swift OLED PG42UQ 42 inci dan Swift OLED PG48UQ 48 inci. Keduanya menggunakan panel OLED 4K dengan refresh rate 120 Hz dan memiliki lapisan micro-texture anti-silau baru pada permukaan panel untuk mengurangi silau.

Monitor ini juga menawarkan solusi termal unik dengan heatsink khusus dan tata letak aliran udara internal yang dirancang untuk mengoptimalkan pertukaran panas. Menjaga suhu pengoperasian di bawah 50˚C sambil mencapai kecerahan puncak 900 nits.

ROG Swift OLED 2

ROG turut menyertakan port HDMI 2.1 FRL yang menawarkan bandwidth 48 Gbps penuh kepada gamer untuk mendukung visual 4K 120 Hz asli tanpa subsampling chroma. Gamer konsol juga dapat memanfaatkan teknologi variable-refresh-rate dan mode auto-low-latency.

ROG SWIFT PG32UQXEjpg

Terakhir ROG Swift PG32UQXE adalah monitor gaming NVIDIA G-SYNC 4K HDR LED mini. Monitor ini menampilkan panel Fast IPS 4K (3840×2160 piksel) 32 inci yang dapat di-overclock hingga 160 Hz, memiliki warna 10-bit, akurasi warna Delta E <2, gamut DCI-P3 97% dan kecerahan puncak hingga 1000 nits.

Monitor ProArt Series

Untuk profesional kreatif, penawaran monitor ASUS ProArt termasuk PA169CDV, monitor portabel pertama di dunia dengan sertifikasi ganda yakni PANTONE Validated dan Calman Verified. Monitor dengan panel IPS 15,6 inci 4K UHD ini dibekali teknologi Wacom EMR untuk kompatibilitas dengan ProArt Pen yang disertakan. Pena yang ringan ini bebas baterai dan kompatibel dengan ASUS Dial.

Selain itu, ada ProArt Display OLED PA16DC. Monitor OLED HDR 4K 15,6 inci yang menawarkan warna 10-bit, akurasi warna Delta E <1, mencakup 100% ruang warna DCI-P3 dan memiliki rasio kontras 1.000.000:1.

ProArt Display OLED PA16DC menargetkan spesifikasi DisplayHDR 400 True Black dan menyertakan teknologi ASUS Smart HDR untuk mendukung berbagai format HDR dan kurva PQ. Colorimeter internal memberikan pengalaman kalibrasi yang mudah untuk membantu memastikan akurasi warna jangka panjang.

Beralih ke ProArt Display PA348CGV, monitor datar 34 inci 21:9 UWQHD yang menampilkan frame rate variabel 120 Hz untuk memberikan rendering 2D atau 3D yang mulus. Monitor ini sudah mendapatkan verifikasi Calman dan telah dikalibrasi sebelumnya untuk akurasi warna Delta E <2.

Mereka yang ingin bekerja atau bersantai saat bepergian akan dimanjakan dengan monitor portabel nirkabel ZenScreen Go MB16AWP dengan baterai berkapasitas tinggi. ZenScreen Go MB16AWP mengusung panel IPS 15,6 inci Full HD dengan permukaan anti-silau.

Monitor ini dilengkapi WiFi built-in yang menghilangkan kebutuhan akan kabel, memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video dan film dari smartphone mereka atau melakukan presentasi melalui laptop atau perangkat lain. Monitor ini memiliki baterai 7800 mAh yang menyediakan hingga 3,5 jam penggunaan.

ZenScreen Go MB16AWP turut dilengkapi G-sensor terintegrasi yang memungkinkan fungsi rotasi otomatis untuk beralih antara mode landscape dan portrait. ZenScreen Go memiliki desain sandaran kickstand lipat baru yang menawarkan penyesuaian kemiringan yang mudah untuk memastikan sudut pandang yang nyaman.

Selain itu, ada ZenScreen Ink MB14AHD, monitor 14 inci dengan panel IPS yang menawarkan sentuhan 10 titik dan stylus aktif untuk menulis. Kickstand terintegrasi memungkinkan skenario variabel di kantor, di rumah atau di luar ruangan. Stylus mendukung Microsoft Pen Protocol (MPP) 2.0, dan menawarkan sensitivitas tekanan tingkat 4096 dan latensi rendah.

Terakhir adalah ASUS Webcam BE24ECSNK, monitor dengan panel IPS 23,8 inci Full HD yang dilengkapi dengan mikrofon dan webcam 2 MP FHD terintegrasi, menjadikannya ideal untuk konferensi video dan pembelajaran jarak jauh melalui Microsoft Teams, Webex, Google Meet, Zoom atau aplikasi populer lainnya.

Webcam internal tersebut menyertakan teknologi Face Auto Exposure yang secara otomatis mendeteksi wajah dan mengoptimalkan gambar untuk pengalaman konferensi video yang lebih baik. Monitor ini juga dilengkapi mikrofon ganda dengan teknologi AI Noise Cancellation yang menghilangkan hampir semua kebisingan latar belakang.

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV