14 February 2022

by Lukman Azis

Rangkaian Fitur AI Portrait Video di OPPO Reno Series

Kira-kira seperti apa fitur portrait video baru di Reno7 5G?

Sejak Reno4 series, OPPO mulai berfokus meningkatkan kemampuan kamera dalam menangkap portrait dengan teknologi fotografi komputasi berbasis AI. Untuk pertama kalinya OPPO menghadirkan fitur portrait seperti AI Color Portrait, AI Monochrome Video, dan Night Flare Portrait di Reno4 series.

Hal yang amat menarik adalah OPPO tak hanya mengembangkan fitur portrait untuk keperluan foto saja, melainkan juga tersedia untuk perekaman video. Sekarang mari bahas lebih jauh lagi, perkembangan fitur portrait untuk video di perangkat Reno series.

1. Reno4 Series

Mulai dari AI Color Portrait yang dapat memisahkan antara warna objek dengan latar belakang, fitur ini tersedia pada mode foto portrait dan juga mode video. AI Color Portrait akan menonjolkan subjek yang tetap berwarna, sedangkan latar belakangnya dibuat hitam putih klasik.

Selanjutnya AI Monochrome Video, fitur ini akan mempertahankan warna RGB tertentu saja dan sisanya hitam putih. Pilih Crimson untuk mempertahankan warna merah, Forest Green untuk hijau, dan Sky Blue untuk biru.

2. Reno5 Series

Beralih ke Reno5 series, OPPO membawa fitur portrait baru untuk video yakni AI Highligth Video, AI Mix Portrait, dan Dual-View Video. Pada AI Highlight Video, OPPO menggunakan algoritme AI untuk mendeteksi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

Dalam kondisi minim cahaya, kamera akan mengaktifkan algoritme Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video dan menerangkan bagian-bagian yang gelap sekaligus menjaga tingkat detailnya. Sedangkan saat subjek membelakangi sorotan cahaya yang kuat (backlight), maka giliran algoritme HDR Live yang diterapkan untuk menjaga tone warna tetap alami dan wajah tetap cerah.

Untuk AI Mixed Portrait, fitur ini dapat menggabungkan video portrait dengan latar belakang dalam satu bingkai yang sama alias menghadirkan efek double-exposure. Sementara, fitur Dual-View Video yang memungkinkan merekam video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, lengkap dengan beberapa opsi framing yang kreatif ketika nge-vlog.

3. Reno6 Series

Pada Reno6 series, OPPO berhasil meningkatkan fitur portrait foto Night Flare Portrait yang pertama kali di Reno4 series untuk penggunaan video, dengan nama Bokeh Flare Portrait Video. Lewat fitur ini, memungkinkan kita menghasilkan rekaman video portrait dengan efek 'bokeh sinematik'.

Cara kerjanya Reno6 menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang. Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Setelah segmentasi, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang. Pada gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya.

Pada saat yang sama, teknik computational vision digunakan untuk melakukan pemburaman latar belakang, pengingkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya pada gambar latar belakang. Hasilnya Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa aperture besar.

Apa Selanjutnya Di Reno7 5G?

OPPO menerapkan fotografi komputasional sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan kamera dalam mengabadikan portrait dalam bentuk foto maupun video. Tentu saja, proses yang terjadi di belakang fitur portrait di video jauh lebih kompleks.

Hasilnya benar-benar mengesankan, apapun kondisi pencahayaannya termasuk dalam keadaan menantang seperti backlight dan low light. Untuk pengambilan gambar secara tradisional menggunakan kamera digital, dibutuhkan lensa dan peralatan lighting yang mendukung, serta post processing yang rumit.

Secara kualitas, tentu masih banyak pekerjaan rumah yang perlu ditingkatkan oleh OPPO. Salah satunya resolusi, sampai di Reno6 - fitur portrait di video hanya mendukung resolusi sebatas 720p dan saya berharap Reno7 5G yang dipastikan akan segera hadir di Indonesia mendukung sampai 1080p.

Sayangnya OPPO masih belum membeberkan fitur kamera secara lengkap pada Reno7 5G, saya juga sangat penasaran fitur portrait apa yang akan dibawakan oleh OPPO. Yang pasti, OPPO mengandalkan tiga elemen penting. Termasuk Neural Processing Unit (NPU), mengembangkan sensor gambar baru bersama Sony, dan yang tidak kalah penting adalah terus mengembangkan perangkat lunak berbasis AI yang terintegrasi di sistem operasi terbaru ColorOS 12.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.