Esports Ecosystem

Rama “RamStig” Maulana Jadi Juara Legion of Racers GT Sports Online Championship

12 Aug 2019 | Akbar Priono
Menang dramatis dengan selisih 1 poin saja dari 5 ronde balapan yang dijalani.

Andika Rama “GTIC_RamStig” Maulana menjadi juara dalam kompetisi SimRacing yang bertajuk Legion of Racers GT Sports Online Competition akhir pekan lalu. Hingar-bingar kompetisi SimRacing memang tidak seheboh seperti kebanyakan mobile game, yang punya basis pemain lebih banyak. Kendati demikian, prestasi Indonesia dalam kompetisi ini tidak bisa diremehkan, yang membuatnya wajib untuk diperhatikan.

Legion of Racers Online Competition ini diselenggarakan dengan format Championship, yang mempertandingkan game Gran Turismo di PlayStation 4. Jadi, ada 5 ronde balapan yang diselenggarakan dengan trek dan kelas mobil yang berbeda beda. Kalau Anda cukup penasaran dengan trek dan kelas mobil yang dipertandingkan, berikut rinciannya:

  • Round 1 – Red Bull Ring + Gr.4 Cars (Setingkat mobil GT4 Class pada balapan dunia nyata)
  • Round 2 – Nurburgring GP + Gr.3 Cars (Setingkat mobil GT3 Class pada balapan dunia nyata)
  • Round 3 – Fuji Speedway + Gr.2 Cars (Setingkat mobil GT500 Super GT pada balapan dunia nyata)
  • Round 4 – Le Mans + Gr.1 Cars (Setingkat LMP1 Class pada balapan dunia nyata)
  • Round 5 – Suzuka Circuit + Super Formula 2019
Sumber: Facebook Pribadi Andika Rama Maulana
Rama Maulana (kiri) salah satu pembalap virtual ternama Indonesia yang sudah banyak malang melintang di berbagai sirkuit balap virtual. Sumber: Facebook Pribadi Andika Rama Maulana.

Dari 5 ronde balapan yang dilakukan, Rama betul-betul jatuh bangun untuk bisa memenangkan kompetisi ini. “Jujur, saya nggak nyangka banget bisa menang di kompetisi ini, walaupun cukup percaya diri bisa finishtop 3 di tiap ronde.” Rama mengatakan kepada Hybrid.

“Baru mulai balap langsung ada dramanya. Ronde 1 saya disconnect, jadi nggak dapat poin. Akhirnya saya harus betul-betul serius mengejar poin di 4 ronde sisanya. Sampe akhirnya di balapan terakhir jadi momen penentu. Untungnya saya berhasil menang, tapi itu pun dengan cukup dramatis cuma beda 1 poin dengan sang runner-up.” Rama menceritakan pengalaman di dalam kompetisi ini.

Kompetisi ini sendiri merupakan kompetisi yang digagas oleh SimRacing asal Singapura dengan nama yang sama, yaitu Legion of Racers. Merupakan salah satu komunitas yang aktif, mereka kerap melaksanakan berbagai kompetisi balap secara offline di dalam berbagai event. Kompetisi yang diikuti Rama sendiri adalah kompetisi online perdana yang diselenggarakan oleh komunitas tersebut.

Menjadi juara dalam kompetisi balap se-Asia Tenggara ini, Rama “RamStig” berhak mendapatkan satu buah setir balap virtual Logitech G29, berbagai merchandise dari komunitas, dan akan diundang untuk bertanding di balapan virtual secara tatap muka, dalam salah satu pameran game terbesar di Asia Tenggara, GAMESTART 2019.

Sumber: Facebook Page Legion of Racers
Sumber: Facebook Page Legion of Racers

“Untuk selanjutnya, saya sedang fokus pada game lain yaitu RaceRoom Racing Experience, yang masih bagian dari SimRacing. Salah satu alasan saya fokus sama game tersebut adalah, karena ada kompetisi FIA WTCR Oscaro Esports 2019 Season.” jawab Rama.

FIA WTCR Oscaro Esports merupakan salah satu kompetisi bergengsi di kancah SimRacing. Kompetisi ini adalah versi virtual dari FIA World Touring Car Cup, yang menggunakan game RaceRoom Racing Experience sebagai simulator. Memperebutkan total hadiah sebesar 25 ribu Euro (Sekitar Rp390 juta), kompetisi balap virtual ini akan dimulai 18 Agustus dan dilakukan secara berseri sampai Oktober 2019 mendatang.

Mari kita doakan agar Rama “Ramstig” bisa mendapatkan hasil yang terbaik di kompetisi berikutnya, dan membanggakan Indonesia lewat sirkuit balap virtual!