Dark
Light

Qualcomm Umumkan Snapdragon G Series

1 min read
August 25, 2023

Qualcomm Technologies mengumumkan portofolio terbaru yaitu Snapdragon G Series, yang dirancang untuk perangkat handheld gaming . Seri ini terbagi menjadi tiga varian, yaitu Snapdragon G1, G2, dan G3, yang masing-masing menawarkan fitur dan kinerja yang berbeda untuk berbagai jenis game. Ketiganya baru hadir pada tanggal 23 Agustus 2023 yang lalu di Koln, Jerman.

Snapdragon G1 didesain untuk perangkat gaming tanpa kipas yang dapat melakukan streaming game lokal atau cloud dengan konektivitas dan daya tahan baterai yang baik. Snapdragon G1 berfokus untuk menghadirkan game konsol dan PC favorit dengan kualitas terbaik untuk jangka waktu yang lebih lama. SoC pertamanya adalah Snapdragon G1 Gen 1 yang ditenagai oleh CPU Kryo dengan 8 inti prosesor dan GPU Adreno A11.

Berikutnya adalah Snapdragon G2 yang dibuat untuk game mobile dan cloud dengan fitur lebih lengkap, yaitu dengan teknologi 5G dan Wi-Fi 6/6E dari Qualcomm FastConnect 6700 Mobile Connectivity System. Produk pertama di kelas ini adalah Snapdragon G2 Gen 1 Platform, yang menghadirkan beragam game mobile dan cloud premium secara virtual. SoC ini menggunakan CPU Kryo terbaru dengan 8 inti prosesor serta  GPU Adreno A21.

Terakhir adalah Snapdragon G3 yang ditujukan untuk tingkat flagship bagi penggemar gaming yang menginginkan fitur dan performa tinggi. Produk terbaru di kelas ini adalah Snapdragon G3x Gen 2 Platform, yang memiliki CPU Kryo dengan 8 inti prosesor dan GPU Adreno A32 yang lebih cepat dari pendahulunya. Snapdragon G3x Gen 2  juga memiliki teknologi Game Quick Touch yang meningkatkan responsivitas layar sentuh hingga 20%, serta mendukung aptX Adaptive Audio yang memberikan suara berkualitas tinggi tanpa gangguan. Snapdragon Elite Gaming yang memberikan fitur-fitur  seperti HDR10+, ray tracing, dan variable rate shading juga bakal hadir pada platform ini.

Mithun Chandrasekhar selaku Senior Director of Product Management, Qualcomm Technologies mengatakan bahwa perangkat handheld gaming khusus adalah cara terbaik untuk menikmati mobile game. Namun para gamers ingin dapat bermain game favorit mereka di seluruh perangkat dan ekosistem, baik dengan konsol, PC, atau melalui layanan cloud. Mithun melanjutkan bahwa perangkat yang ditenagai generasi terbaru Snapdragon G Series akan menjadi medium terbaik bagi para gamer untuk memainkan game favorit mereka, dengan kemampuan untuk memilih bermain melalui cloud, konsol, Android, atau PC saat mereka sedang dalam perjalanan.

Semoga saja, perangkat dengan Snapdragon G Series bisa dengan cepat mencuat di permukaan. Hal ini tentunya akan meramaikan pasar mobile gaming yang baru saja diramaikan oleh ASUS dengan ROG Ally-nya.

Xiaomi 13 Pro 2
Previous Story

Xiaomi Tidak Bermain-main di Segmen Kamera: Dari 108 MP hingga Bermitra dengan Leica

Next Story

Piaggio Indonesia Luncurkan Motor Listrik Vespa Elettrica

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia

Qualcomm Umumkan Kehadiran Snapdragon X Series Sebagai Penunjang Utama Copilot Plus

ualcomm menyampaikan bahwa Copilot Plus PC saat ini hanya didukung