Dark
Light

Qualcomm Berkolaborasi dengan Mistral AI Hadirkan Model AI Generatif Baru

by
1 min read
October 26, 2024

Lewat acara Snapdragon Summit, Qualcomm Technologies, Inc. memang habis-habisan untuk meyakinkan bahwa mereka totalitas mendukung teknologi AI. Dan kerja sama terbaru mereka memperkuat bukti dari komitmen Qualcomm tersebut.

Dengan menggandeng Mistral AI, perusahaan produk kecerdasan buatan (AI) asal Perancis, Qualcomm mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan model-model AI generatif paling mutakhir milik Mistral AI, yaitu Ministral 3B dan Ministral 8B.

Nantinya, model AI milik Mistral AI ini akan masuk ke berbagai perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon Elite Mobile Platform, Snapdragon Cockpit Elite dan Snapdragon Ride Elite untuk aplikasi otomotif, serta Snapdragon X Series Compute Platform untuk AI PC.

Ministral 3B dan Ministral 8B dari Mistral AI berukuran compact namun tangguh, sehingga dinilai cukup ideal untuk terintegrasi pada berbagai device seperti smartphone, kendaraan, dan lainnya. Memungkinkan AI generatif on-device yang lebih privat, andal, dan hemat energi.

“Kami dengan bangga mengumumkan kolaborasi kami bersama Mistral AI yang sejalan dengan tujuan kami dalam memberdayakan edge device melalui kemajuan terbaru dalam teknologi AI,” ujar Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager of Technology, Planning and Edge Solutions, Qualcomm Technologies, Inc.

Kehadiran Ministral 3B dan Ministral 8B ini akan memungkinkan para produsen perangkat, vendor software, dan penyedia layanan digital untuk memberikan pengalaman inovatif, seperti asisten AI dan aplikasi lain yang memahami keinginan dan kebutuhan pengguna.

Di sisi lain, Arthur Mensch, co-founder dan CEO Mistral AI menyebut bahwa kolaborasi mereka dengan Qualcomm Technologies ini merupakan tonggak bersejarah. Sehingga mereka dapat menunjukkan kemampuan beragam model terbaru secara lokal pada perangkat Snapdragon.

Ke depannya, Mistral AI akan terus memudahkan akses ke teknologi AI canggih mereka untuk mendukung para developer dan pengguna di seluruh dunia untuk merasakan kecanggihan dari berbagai produk kami secara langsung di device mereka.

Qualcomm memang belum mengumumkan secara detail kapan kedua model Mistral AI ini akan hadir, namun mereka menyebut bahwa Ministral 3B dan Ministral 8B untuk para developer dalam waktu dekat yang dapat diakses melalui Qualcomm AI Hub.

Sembari menunggu, para developer juga dapat mengakses model Mistral AI populer lainnya. Salah satunya adalah Mistral 7B v0.3 yang mendorong para developer dan pengguna untuk memanfaatkan kemampuan canggih Mistral AI.

Previous Story

Microsoft 365 Kenalkan Fitur Agen Otonom Terbaru

Latest from Blog

Don't Miss

Snapdragon 4s Gen 2 Hadirkan Akses Smartphone 5G Lebih Murah

Qualcomm Technologies baru saja memperkenalkan chipset baru Snapdragon 4s Gen

Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy Khusus untuk Samsung Galaxy Z Series Terbaru

Samsung baru saja kembali menggebrak pasar smartphone Tanah Air dengan