Dark
Light

Qiku Q Terra Gebrak Pasar Mobile dengan Bekal Menjanjikan

1 min read
August 28, 2015

Ranah mobile seperti tak pernah tertutup bagi startup ataupun perusahaan teknologi untuk ikut mempertaruhkan nasib. Mengemas konsep yang berbeda dan lihai melihat celah terbukti jadi jurus ampuh untuk menapakkan kaki di antara pilar kuat brand-brand berpengalaman.

Xiaomi, Oppo dan OnePlus hanya sebagian kecil contoh sukses perusahaan baru yang bergelut di ranah mobile dan kini berdiri di zona nyaman.

Sekarang muncul lagi sebuah baru yang menamai dirinya Qiku yang merupakan joint venture dari perusahaan keamanan internet Qihoo 360 dan perusahaan yang tergolong senior, Coolpad.

Di tahun ini, Qiku tampil perdana dan langsung memperkenalkan tiga punggawa di kelas yang berbeda. Tapi di kesempatan ini kita akan menjumpai kelas paling tinggi, Q Terra.

Qiku-Q-Terra.jpg

Mengesankan, itu adalah kalimat pertama yang terbersit dalam batin saya ketika membaca spesifikasi Q Terra. Anda pun mungkin akan berpikir sama. Untuk permulaan kita lihat komponen layar dan dimensinya.

Info Menarik: Dijual $140, Smartphone Tiongkok Smartisan U1 Siap Susul Jejak Xiaomi

Q Terra mempunyai kesan mewah yang sangat terasa, mungkin ini disebabkan penggunaan aluminium-magnesium alloy body sebagai material yang membalut panel layar 6 inci perangkat. Kualitas visualnya sendiri menjanjikan tingkat yang tak biasa, terbuat dari teknologi buatan Sharp 2,5D dengan resolusi Quad HD (1440 x 2560 piksel) dan kepadatan 490ppi.

Di bagian dalam, Q Terra mengandalkan chipset Snapdragon 810 yang merupakan model terkini Qualcomm dan dipergunakan oleh sejumlah vendor seperti HTC One M9 dan OnePlus 2. Daya gedor perangkat dipastikan kian terasa dengan paket komponen berupa pengolah grafis Adreno 430 yang ditemani oleh RAM berkapasitas 4GB.

Qiku-Q-Terra_2

Keputusan Qiku untuk memilih Snapdragon 810 tentu menjadi bahan pemikiran Anda juga. Wajar, pasalnya chipset ini dituding sebagai penyebab kegagalan HTC One M9 mengesankan penggunanya. Konon chipset ini menyebabkan panas berlebih pada perangkat yang mengusungnya.

Tapi seperti OnePlus, Qiku telah mengantisipasi hal tersebut dengan racikan desain selama proses perakitan perangkat yang menurut mereka dapat menangkal problem tersebut.

Keistimewaan yang dipunyai oleh Q Terra terletak pada konfigurasi dual kamera bermodul sensor 13MP. Kemudian di bagian depan disematkan kamera 8MP untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan.

Q Terra menjalankan sistem operasi kembangan sendiri, yakni 360 OS yang berbasiskan Android 5.1 Lollipop, kemudian baterai 3.600mAh dan tambahan chip audio berkelas demi menghasilkan suara berkualitas tinggi.

Tapi yang terpenting tentu adalah soal harga. Dengan komponen yang sedemikian hebat, Qiku Q Terra akan dilepas seharga $562. Kabar gembiranya, ponsel ini tidak hanya dilepas di Tiongkok, tapi juga dijadwalkan rilis ke beberapa negara lain seperti India dan Indonesia pada tahun ini kemudian dilanjutkan ke Rusia, Turki dan Brazil.

Sumber berita PhoneArena.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Layanan Pengantaran Bahan Makanan Siap Masak Black Garlic Targetkan Perolehan Seed Funding Akhir Tahun Ini

Next Story

Design Marketplace Grya Berusaha Hubungkan Desainer Rumah dan Masyarakat

Latest from Blog

Don't Miss

Fitur-Baru-Apple-iPhone-16-dan-iPhone-16-Plus,-Harga-dan-Perbedaannya

Fitur Baru Apple iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Harga dan Perbedaannya

Sudah lama dinanti, akhirnya teka-teki seputar iPhone generasi terbaru terjawab
Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius