Esports Ecosystem

Putut Maulana Siap Hadapi MotoGP eSports Global Series Round 1

10 Jul 2020 | Akbar Priono
Pada MotoGP eSport Global Series Round 1, Putut Maulana akan melakukan balapan virtual di dua trek, Mugello dan Jerez, secara online.

Gelaran MotoGP eSport kembali bergulir, dan pekan ini menjadi babak pertama dari rangkaian gelaran MotoGP eSport Global Series. Dalam balapan ini Putut Maulana, pembalap MotoGP Virtual asal Indonesia, kembali bertarung dengan pembalap virtual yang datang berbagai belahan dunia dalam seri balapan yang dilakukan pada dua trek.

Sebelumnya, Putut Maulana sendiri sudah melakukan sepak terjangnya di dunia MotoGP Esports internasional sedari lama. Satu momen terbesarnya mungkin bisa dibilang pada tahun 2019, ketika ia dikontrak oleh manajemen esports asal Italia, sampai akhirnya menjadi wakil LCR Honda Team untuk MotoGP eSport Championship 2019. Nama Putut Maulana bahkan sebegitu dikenal, sampai sampai Alex Marquez (Adik Marc Marquez) bahkan belajar dari dirinya untuk mengikuti gelaran MotoGP virtual sebagai pengganti balap MotoGP yang tertunda.

Sumber: Putut Maulana
Sumber: Putut Maulana

Balapan MotoGP eSport Global Series Round 1 akan dilakukan pada dua trek, yaitu Mugello dan Jerez. Untuk kali ini, balapan akan dilakukan secara online, berhubung situasi pandemi COVID-19. “Format kali ini sama seperti championship tahun lalu, namun dilakukan secara online karena belum memungkinkan race on-site seperti tahun kemarin. Seharusnya balap pertama ini dilakukan bersamaan dengan MotoGP seri Mugello bulan Mei lalu, namun dibatalkan karena situasi pandemi COVID-19.” Putut maulana menjelaskan.

Pada balapan kali ini akankah Putut bisa menorehkan hasil positif? “Kalau persiapan, kurang lebih sih sama seperti tahun lalu, yaitu latihan minimal 8 jam sehari. Bedanya tahun ini saya nggak mempersiapkan travelling ke Eropa, karena round 1 masih diselenggarakan secara online.” Putut menceritakan.

“Tahun ini level kompetisi semakin naik dari tahun-tahun sebelumnya. Jujur sebenarnya sangat sulit untuk bisa finish di podium. Namun demikian saya akan mencoba memberikan yang terbaik.” ucap Putut membahas targetnya pada balapan kali ini. Lalu kira-kira bagaimana dengan balapan-balapan berikutnya?

“Untuk Round 2-4 diharapkan bisa dilakukan on-site seperti tahun kemarin, di sirkuit MotoGP. Tetapi lagi-lagi, masih menunggu perkembangan dari situasi pandemi COVID-19 secara internasional. Jika situasi pandemi sudah reda, maka kemungkinan September ke depan balapan akan kembali dilakukan secara on-site.” Putut menjelaskan lebih lanjut.

Gelaran MotoGP eSports Global Series 2020 Round 1 sendiri akan dimulai hari Jumat ini mulai pukul 23:00 WIB. Mari kita doakan agar Putut Maulana bisa mendapatkan hasil yang terbaik di balapan MotoGP eSports Global Series Round 1 ini!