Esports Ecosystem

PUBG Nations Cup Segera Digelar di Seoul, Tandingkan Tim dari 16 Negara

21 Jun 2019 | Ayyub Mustofa
PUBG Nations Cup adalah turnamen terakhir sebelum PUBG Esports masuk periode Phase 3.

Satu lagi kompetisi level internasional akan segera diselenggarakan untuk para pecinta battle royale. PUBG Corporation selaku penerbit game PUBG baru saja mengumumkan penggelaran turnamen esports berjudul PUBG Nations Cup yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Disebut-sebut sebagai ajang all-star pertama di PUBG Esports, turnamen ini mendatangkan tim dari berbagai penjuru dunia untuk mengibarkan kebanggaan bangsa serta memperebutkan hadiah senilai total US$500.000 (sekitar Rp7,08 miliar).

Terdapat 16 negara yang berpartisipasi dalam PUBG Nations Cup, yaitu Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Finlandia, Jerman, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Thailand, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, Vietnam, serta Tionghoa Taipei (Taiwan). PUBG Corporation membebaskan setiap negara untuk memilih perwakilannya, apakah itu berdasarkan kesepakatan atau cara lain yang ditetapkan bersama. Jadi bisa saja setiap negara mengadakan turnamen lokal sendiri-sendiri untuk menentukan siapa tim yang akan menjadi wakil.

PUBG Nations Cup - Countries
Negara-negara partisipan PUBG Nations Cup | Sumber: PUBG Corporation

PUBG Nations Cup adalah turnamen penutup musim panas dalam dunia PUBG Esports. Sebelum turnamen ini, juga digelar dua turnamen lain yaitu GLL Grand Slam: PUBG Classic di Stockholm, Swedia, dan MET Asia Series: PUBG Classic di Bangkok, Thailand. Kedua event PUBG Classic tersebut juga menawarkan hadiah besar senilai masing-masing US$300.000, dan memberikan slot kualifikasi pada juaranya untuk maju ke turnamen PUBG Global Championship di akhir tahun nanti.

GLL Grand Slam: PUBG Classic akan digelar pada tanggal 19 – 21 Juli 2019 di venue Stockholmsmässan (Stockholm International Fairs). Disusul MET Asia Series: PUBG Classic beberapa hari setelahnya, yaitu tanggal 26 – 28 Juli dengan lokasi di gedung BITEC (Bangkok International Trade & Exhibition Centre) Bang Na.

Sementara PUBG Nations Cup sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus, berlokasi di Jangchung Arena Seoul. Nations Cup juga menjadi turnamen terakhir sebelum PUBG Esports memasuki periode Phase 3, yaitu periode terakhir yang berjalan dari pertengahan Agustus hingga pertengahan Oktober 2019. Setelah Phase 3, PUBG Esports akan mulai bersiap-siap menyambut turnamen puncak dan paling prestisius, yaitu PUBG Global Championship di bulan November.

“Tidak ada istirahat bagi mereka yang bertalenta di PUBG Esports,” demikian kata PUBG Corporation di situs resminya. Dengan banyak event internasional, dan masih ditambah lagi oleh pertandingan-pertandingan regular season, PUBG Corporation tampaknya benar-benar ingin mencari para pemain dengan keahlian dan ketahanan terbaik. Jadwal yang padat artinya lebih banyak hiburan bagi para pecinta PUBG Esports. Akan tetapi PUBG Corporation juga harus berhati-hati jangan sampai jadwal demikian berdampak buruk bagi kesehatan para atlet akibat kegiatan yang terlalu banyak.

Sumber: PUBG Corporation