Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

PUBG Mobile Umumkan Struktur Kompetisi Paruh Kedua 2020

10 August 2020Akbar Priono

Rampungnya PMWL 2020 Season Zero menjadi penanda berlanjutnya kompetisi PUBG Mobile ke musim paruh kedua 2020 atau disebut juga sebagai Fall Split.

Selain momen kemenangan dramatis dari East Region untuk tim Bigetron RA, hari terakhir PMWL 2020 Season Zero juga menjadi momentum bagi PUBG Mobile untuk mengumumkan struktur esports di paruh kedua 2020. Sebelumnya, pada paruh pertama kita sudah melihat beberapa rangkaian turnamen. Pada tingkat lokal ada PMPL Indonesia Season 1 dan PINC, berlanjut ke tingkat regional ada PMPL SEA, sampai ke tingkat Asia lewat gelaran PMWL 2020 Season Zero – East Region.

Rampungnya PMWL 2020 Season Zero menjadi penanda berakhirnya kompetisi PUBG Mobile paruh pertama 2020. Kini kompetisi akan berlanjut ke paruh kedua dengan format yang kurang lebih sama. Dalam turnamen tersebut, setidaknya ada 4 hal yang diumumkan oleh pihak PUBG Mobile.

Pertama adalah soal PMCO, PUBG Mobile mengumumkan ada 16 kawasan yang mendapatkan turnamen PMCO. Jika melihat dari tempat diadakannya, turnamen ini menjadi semacam tapakan awal untuk menuju jenjang kompetisi yang lebih tinggi. PMCO diadakan di beberapa negara yang mungkin jarang kita dengar ada di kancah esports sebelumnya seperti Iraq, Mesir, dan Arab Saudi. Pertandingan PMCO di berbagai kawasan negara akan dimulai secara bertahap mulai dari 11 Agustus hingga 11 Oktober 2020 mendatang.

Sumber: esports.pubgmobile.com
Sumber: esports.pubgmobile.com

Berikutnya ada PMPL. Seperti namanya, PMPL menjadi ajang berkompetisi bagi tim-tim profesional. Pada paruh pertama, atau PMPL ID Season 1, Bigetron RA berhasil keluar menjadi juara dengan performa yang sangat perkasa. Kini, PMPL berlanjut ke musim ke-2. Jika mengacu ke dalam pengumuman, PMPL ID Season 2 akan dimulai dari 14 Agustus hingga September 2020 mendatang.

PMPL diadakan di negara atau kawasan yang punya skena kompetisi lebih mapan. Selain Indonesia, ada enam negara lain yang juga punya turnamen PMPL, yaitu Vietnam, Thailand, Malaysia, Taipei, South Asia, dan America.

Tak hanya itu, paruh kedua musim kompetisi PUBG Mobile juga akan menerapkan sistem poin yang baru. Perubahannya memang tidak terlalu banyak, hanya mengurangi poin Chicken Dinner dari 20 menjadi 15. Sisanya masih sama, dengan 1 poin untuk setiap Kill. Tetapi perubahan ini sepertinya sedikit banyak akan mengubah cara main para pemain PUBG Mobile profesional untuk lebih mengejar Kill. Apalagi, selisih poin yang didapatkan dari peringkat top 5 kini jadi semakin tipis, yang akan membuat pertarungan jadi semakin panas.

Sumber: esports.pubgmobile.com
Sumber: esports.pubgmobile.com

Terakhir, ada sneak peek atas satu gelaran lagi yang disebut sebagai “Biggest Event of 2020”. Jika melihat apa yang sudah diumumkan, tinggal gelaran turnamen tingkat internasional yang belum ada. Namun demikian, kemungkinan untuk sebuah turnamen offline terbilang cukup rendah, mengingat situasi pandemi yang belum reda. Lebih lanjut, dikatakan bahwa PUBG Mobile akan mengumumkannya 24 Agustus 2020 mendatang.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV