Esports Ecosystem

PUBG Indonesia Series 2020, Jalan Menuju Kompetisi Tingkat Dunia

22 May 2020 | Akbar Priono
Sukses di tahun 2019, PUBG Indonesia Series kembali hadir di tahun 2020, dengan membawa hadiah yang lebih besar, dan durasi kompetisi yang lebih panjang.

Pada 19 Januari 2020 kemarin, PUBG (Steam) mengumumkan seri kompetisi untuk skena kompetitif lokal. Kalau PUBG Mobile punya PUBG Mobile Pro League (PMPL), PUBG akan memiliki kompetisi lokalnya sendiri yang bernama PUBG Indonesia Series (PIS).

Gelaran PIS sudah sempat hadir pada tahun 2019 lalu, yang dimenangkan duo Victim Esports yaitu Victim Reality dan Victim Rise. Tahun lalu, PUBG Indonesia Series hadir dengan durasi kompetisi yang cukup singkat dan total hadiah hanya Rp10 juta saja. Sementara itu, kini PIS 2020 akan hadir dengan total hadiah yang lebih besar dan durasi kompetisi yang lebih panjang.

Sumber: PUBG Official
Sumber: PUBG Official

Memperebutkan total hadiah sebesar Rp150 juta, gelaran PUBG Indonesia Series dibuka untuk umum. Jadi siapapun Anda, Pro Player, Semi-Pro, atau yang baru ingin menjajaki dunia kompetitif PUBG bisa mengikuti kompetisi ini. Fase registrasi sudah dibuka sejak tanggal 10 Mei 2020 lalu sampai 25 Mei 2020 mendatang.

Setelah itu pertandingan berlanjut pada fase kualifikasi. Diselenggarakan 29 Mei hingga 2 Juni 2020 para peserta akan bertanding di babak kualifikasi dengan menggunakan Standard and Universal PUBG Esports Ruleset (SUPER) selama 6 ronde. Nantinya babak kualifikasi hanya menyisakan 16 tim terbaik untuk lolos ke babak final yang akan diselenggarakan pada 6 hingga 14 Juni 2020 mendatang.

Tidak hanya memperebutkan total hadiah yang sangat besar, PUBG Indonesia Series juga memberi kesempatan para pemenangnya untuk bertanding di tingkat internasional. Tim yang mendapat kesempatan tersebut adalah 2 tim peringkat teratas. Seperti Victim FTS di PCS APAC kali ini, peringkat 1 dan 2 di PUBG Indonesia Series 2020 akan berkesempatan bertanding dengan tim asal regional Asia Pacific, termasuk Thailand, Vietnam, negara Oseania, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Gilang Rivani S Sumber: PUBG Official
Gilang Rivani S, Project Manager PUBG Indonesia. Sumber: PUBG Official

Menanggapi PUBG Indonesia Series 2020, Gilang Rivani S selaku Project Managerat PUBG Indonesia memberikan komentarnya. “PUBG Indonesia Seresi merupakan momentum awal bagi kalian yang masih punya passion dalam dunia esports terutama FPS Battle Royale. Lewat gelaran ini, kalian akan banyak sekali mendapatkan pengalaman mulai dari cara mengatur strategi, melatih ketahanan, dan melatih mental dalam berhadapan dengan tim profesional lainnya. Dengan total hadiah Rp150 juta dan kesempatan untuk mewakili Indonesia di kancah Asia Pacific, PUBG Indonesia Series menjadi salah satu jalan bagi kalian yang ingin mengharumkan nama Indonesia di mata dunia lewat skena kompetitif PUBG!”

Lebih lanjut, Gilang juga menjelaskan soal keberlanjutan PUBG Indonesia Series. Mengingat ini sudah menjadi PUBG Indonesia Series yang kedua, akankah gelaran kompetisi lokal ini terus berlanjut di masa depan?

“Kami berusaha sebisa mungkin untuk memberikan yang terbaik. Besar harapan kami membuat seri lokal ini terus berlanjut sampai seri-seri berikutnya. Namun hal ini tidak mungkin terjadi tanpa adanya dukungan dari komunitas PUBG Indonesia. Jadi, mohon dukungannya dari kalian semua.” tandas Gilang.

Apakah Anda sudah siap untuk menjadi juara dunia PUBG lewat PUBG Indonesia Series?