Gen.G Keluar Sebagai Juara PUBG Global Championship 2019

Empat tim bersaing ketat di Grand Final PUBG Global Championship 2019, dan Gen.G berhasil keluar sebagai juaranya

Tanggal 27 November 2019 lalu menjadi akhir dari gelaran PUBG Global Championship 2019. Setelah 12 ronde pertandingan dengan persaingan yang ketat pada babak Grand Finals, Gen.G keluar sebagai juara, menundukkan 15 tim kontestan lainnya.

Tetapi, dari total 15 tim kontestan yang bertanding, FaZe Clan, 4AM, dan OGN Entus Force menjadi penantang terberat bagi Gen.G. Pada hari pertama babak Grand Final, mereka berhasil menyelesaikan pertandingan dengan 56 poin, hanya terpaut 5 poin saja dengan peringkat kedua, tim 4AM. Untungnya mereka bermain dengan stabil pada hari berikutnya, walau beberapa kali juga sempat terhenti di peringkat bawah dalam beberapa rode pertandingan.

Jelang babak akhir, persaingan berjalan dengan semakin ketat. Tiga tim, FaZe Clan, 4AM, dan Gen.G memiliki perbedaan poin yang tipis-tipis. Ditambah lagi, Circle pada ronde keenam semakin membuat penonton gigit kuku karena ketegangan. Circle bergerak ke arah barat map Erangel, menyisakan proporsi daratan yang sangat sempit, memaksa semua tim untuk bertarung lebih dini.

?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1198832923211730944&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.dexerto.com%2Fpubg%2Fgen-g-hold-on-to-secure-pubg-global-championship-2019-win-full-results-placements-1291221

Pada pertandingan terakhir, di ronde 15, kesempatan terbuka lebar bagi tim Gen.G. 4AM tertunduk di awal permainan, sementara FaZe Clan dipaksa bermain defensif yang membuat mereka kesulitan mendapatkan kill.

Gen.G segera mengambil kesempatan terseubt, melibas CJ Entus Force serta kontestan lainnya, dan mengamankan kill dua digit. Walau Gen.G arus terhenti di peringkat 4, namun FaZe Clan terhenti tepat setelahnya. Dengan perolehan kill yang jauh lebih banyak, Gen.G berhasil menjadi juara dengan total perolehan 111 poin, terpaut sangat tipis dengan sang runner-up yang berhasil memperoleh 101 poin.

Kemenangan yang tertunda

Gen.G sebenarnya bisa dibilang sebagai salah satu tim terkuat di kancah kompetitif PUBG PC sejak lama. Sayangnya tahun lalu mereka gagal mendapatkan tahta juara, dan menutup perjuangannya di peringkat 11 pada PUBG Global Championship 2018.

Tahun itu, format kompetisi PUBG memang agak sedikit berbeda, dan Gen.G mengirimkan dua wakil. PGC 2018 membagi pertandingan menjadi dua bagian, pertandingan dalam format third person perspective (TPP) dan format first person perspective (FPP). Gen.G Gold keluar menjadi juara pada format TPP, sementara Gen.G Black menyelesaikan perjuangannya di peringkat 11 dalam format FPP.

Kini, dengan format FPP yang menjadi standar kompetisi PUBG PC, Gen.G yang berisikan Kim "Chelator" Min-ki, Park "Loki" Jung-young Go "Esther" Jeong-wan, Kang "taemin" Tae-min, Cha "Pio" Seung Hoon, berhasil merengkuh tahta tim terkuat dan menunjukkan posisi Korea Selatan sebagai regional PUBG terkuat sejauh ini.

Sebagai juara, Gen.G berhak menerima total hadiah sebesar US$2 juta atau sekitar Rp28 miliar. Berikut 4 besar gelaran PUBG Global Championship 2019:

Sumber: PUBG Esports official media

  • 1st - Gen.G esports - $2,000,000 (sekitar Rp28 miliar)
  • 2nd - FaZe Clan - $600,000 (sekitar Rp8 miliar)
  • 3rd - Four Angry Men - $300,000 (sekitar Rp4 miliar)
  • 4th - OGN Entus Force - $200,000 (sekitar Rp3 miliar)

Lagi-lagi Korea Selatan menunjukkan dominasinya sebagai regional esports terkuat. Ini menambah panjang portfolio dominasi Korea Selatan di berbagai cabang esports, mulai dari League of Legends, StarCraft II, dan kini PUBG PC.