18 June 2019

by Glenn Kaonang

Adobe Singkap Nama Resmi dari Aplikasi Project Gemini, Adobe Fresco

Terinspirasi dari teknik melukis lawas bernama sama yang dapat menggambarkan keunggulan fitur Live Brush-nya

Masih ingat dengan Project Gemini, aplikasi ilustrasi iPad yang Adobe umumkan tahun lalu? Jadwal perilisan resminya sudah semakin dekat, dan Adobe pun juga telah menyingkap nama resminya: Adobe Fresco, diambil dari kata "fresco" yang merupakan salah satu teknik melukis dari zaman lawas.

Adobe bilang bahwa pemilihan nama ini pada dasarnya bisa menggambarkan keunggulan utama yang ditawarkan Fresco, yaitu fitur Live Brush. Adobe cukup percaya diri belum ada aplikasi ilustrasi lain yang bisa menandingi fitur Live Brush milik Fresco, yang memanfaatkan AI Adobe Sensei untuk mereproduksi reaksi alami bahan-bahan pewarna seperti cat air atau cat minyak.

Memahami keunggulan Live Brush lewat kata-kata mungkin cukup sulit, jadi ada baiknya kita simak langsung cara kerjanya lewat video di bawah ini.

Tentunya masih banyak kelebihan lain yang Fresco tawarkan, semisal ribuan jenis brush yang bisa dipakai untuk berkreasi. Vector brush pun juga tersedia kala dibutuhkan, dan pengguna juga dibebaskan meracik brush-nya sendiri menggunakan Adobe Capture.

Di balik tampilan minimalisnya – yang sengaja dibuat seperti itu agar pengguna bisa berfokus menggambar dari awal – Fresco menyimpan fitur yang cukup melimpah dari kacamata profesional, semisal sistem layering dan masking. Hasil coretan-coretan di Fresco pun dapat dikerjakan lebih lanjut di aplikasi Adobe lain macam Photoshop atau Illustrator.

Rencananya, Adobe Fresco bakal dirilis sebagai aplikasi gratis. Yang kebagian lebih dulu adalah iPad, namun Adobe juga berniat untuk meluncurkan Fresco di platform lain ke depannya. Untuk sekarang, Adobe masih membuka fase pengujian Fresco bagi yang tertarik mendaftar.

Sumber: Adobe.