28 March 2014

by Yoga Wisesa

Project CARS Adalah Game Pertama yang Mendukung Project Morpheus Sony

Tak mau kalah dari Oculus Rift yang telah menunjuk gameEVE: Valkyrie sebagai permainan pertama yang 'dibundel' bersama perangkat VR tersebut, Sony berkolaborasi dengan Slightly Mad Studios agar fungsi Project Morpheus bisa berjalan optimal dengan gameProject CARS. Dengan begitu, Project CARS ialah salah satu game pertama device VR ini.

Kedua perusahaan ini sadar bahwa mereka bisa saling membantu. Sony bisa menguji coba, menyempurnakan dan memamerkan Project Morpheus mereka, kemudian Slightly Mad Studios mendapatkan hal-hal yang selama ini mereka inginkan: mensimulasikan sensasi berkendara pada kecepatan tinggi, menyajikan persepsi jarak, perubahan pada titik vokal, hingga penyajian 'cockpit' yang akurat.

"Dengan bangga kami umumkan bahwa Project CARS akan mendukung Project Morpheus," ungkap Slightly Mad Studios. "Dengan ini pemain akan mendapatkan sebuah perspektif baru yang mengasyikkan tentang bagaimana rasanya duduk di dalam mesin balap berperforma tinggi sembari menjelajahi lokasi-lokasi yang indah."

 

Info menarik: Trailer Terbaru Game Racing Project CARS Pamerkan Visual Cantik

 

Mereka meneruskan, "Virtual reality sempurna disandingkan dengan game racing. Dalam permainan seperti ini, dunia game seakan berlari mengejar Anda dari kejauhan. Dengan meningkatnya sensasi indra visual dalam VR, Anda mendapatkan sebuah pengalaman mengendara yang nyata dan realistis."

Itu artinya saat balapan, pemain mendapatkan persepsi dan posisi jarak yang lebih baik. Anda akan benar-benar merasa masuk ke dalam dunia game - berbeda seperti saat bermain menggunakan media layar TV atau monitor, dimana mereka hanya berfungsi sebagai jendela ke dunia digital.

"Project Morpheus juga memungkinkan Anda melihat detail yang mungkin Anda lewatkan dengan menggunakan medium lain," jelas representasi Sony. "Dengan sistem kamera internal kami, Anda bukan hanya dapat melihat kokpit dalam perspektif orang pertama, namun Anda juga bisa melihat objek lebih dekat bahkan menggerakan kepala di dalam mobil serta melihat detail pada stir atau dashboard, berkat kemampuan PlayStation Camera."

"Kami pikir gamer akan terkagum-kagum dengan Project Morpheus saat mereka memiliki perangkat ini. Project CARS memungkinkan Anda untuk berkarier layaknya pembalap sejati menuju ketenaran. Project Morpheus dan virtual reality akan mendongkrak pengalaman Anda, dari mulai garis start, melewati tikungan, hingga garis finish dari perspektif realistis seorang pembalap," tutup Sony.

 

Info menarik: Silakan Tonton Rekaman Presentasi Project Morpheus Sony di GDC 2014

 

Pengumuman tersebut menandakan bahwa Sony sangat mengandalkan Project CARS untuk mengusung Morpheus. Ini adalah langkah yang tidak biasa. Biasanya Sony akan menggarap game mereka sendiri untuk hardware eksklusif. Dan itu tandanya versi next-gen Gran Turismo (bahkan Driveclub) mungkin tidak akan dirilis dalam waktu dekat di PlayStation 4.

Kemudian kolaborasi ini tidak menutup kemungkinan bahwa Project CARS akan mendukung Oculus Rift - tentu saja dengan perjanjian yang tepat. Dengan begitu, kita akan melihat langsung duel performa device Oculus dengan Morpheus.

Project CARS akan diluncurkan untuk PlayStation 4, Xbox One, PC, Wii U, dan Steam OS (Anda tidak salah baca) bulan November 2014.

Sumber artikel dan gambar: WMDPortal.com