20 May 2014

by Yoga Wisesa

Private Beta PlayStation Now Untuk PlayStation 4 Sudah Dimulai

PlayStation Now adalah layanan streaming game pertama dari Sony dengan pendekatan yang tidak terlalu berbeda dengan apa yang ditawarkan OnLive.

Layanan ini diperkenalkan secara perdana di CES 2014 lalu, dan diumumkan kembali dalam peluncuran perdana PlayStation 4 di Indonesia. Setelah dilakukan uji coba pada hardware PS3, kini giliran pemilik PlayStation 4 yang diperkenankan menjajalnya.

Dalam blog mereka, Sony menjelaskan bahwa Private Beta PlayStation Now yang sudah bisa dinikmati oleh beberapa pengguna PlayStation 3 terpilih, kini akan melakukan debutnya di platform PlayStation 4 mulai tanggal 20 Mei. Kemudian bagaimana pengguna bisa tahu bahwa Sony telah memilih mereka?

 

Info menarik: Pemerintah Konfirmasi Dukungannya Pada Perkembangan eSport di Indonesia

 

Tentu saja Anda harus mendaftarkan diri dahulu di program PlayStation Now Private Beta, beberapa orang akan mendapatkan sebuah email berisi kode voucher. Jika belum mendaftar, Anda bisa langsung mengakses link ini, dan berdoa agar bisa menjadi yang terpilih.

Sony menjanjikan bahwa dengan PlayStation Now, Anda ditawarkan kebebasan untuk bermain game-game PlayStation 3 yang sudah Anda miliki secara streaming dimanapun Anda berada. Bukan hanya game, PS Now juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati film, acara TV dan musik dengan metode yang sama. Syaratnya, Anda harus memiliki perangkat yang kompatibel dengan layanan ini.

Beberapa produk yang pertama kali mendukung PlayStation Now adalah console PlayStation 3, PlayStation 4, beberapa buah model TV Sony Bravia tahun 2014 dan PlayStation Vita. Sony mengusahakan agar daftar ini terus bertambah. Dari respon yang diberikan para fans, ternyata mereka juga menginginkan beta untuk PlayStation Vita.

Menurut Sony, program PlayStation Now sejauh ini berjalan dengan cukup baik. Saat tahap Private Beta baru dirilis untuk PlayStation 3, para tester telah menikmati layanan ini lebih dari 50.000 jam untuk bermain game. Untuk platform last-gen ini sendiri, layanan Private Beta PlayStation Now akan diperluas dalam waktu ke depan.

 

Info menarik: Tinker Games Gelar Crowdfunding Lewat Kickstarter, Wujudkan Proyek Game Terbaru Berjudul “Pale Blue”

 

PlayStation Now adalah solusi menarik yang ditawarkan Sony untuk menjawab ketiadaan fitur backward compatibility di PlayStation 4 (masalah yang sama sebenarnya juga dialami console terbaru Microsoft, Xbox One). Dengan layanan streaming game online, judul-judul permainan yang sudah Anda miliki sebelumnya tapi tidak hadir di platform baru masih bisa dimainkan - memperpanjang waktu hidupnya.

Untuk bisa berjalan optimal, Sony menyarankan siapapun yang ingin menikmati PlayStation Now setidaknya memiliki kecepatan internet 5Mbps.

Layanan ini memanfaatkan hardware PlayStation 3 yang sudah dimodifikasi di dalam data center-nya, dengan performa setara dengan delapan buah console PS3 yang disusutkan seukuran motherboard untuk menghemat tempat dan kebutuhan listrik.

PlayStation Now rencananya akan dirilis secara penuh antara pertengahan tahun ini hingga kuartal ketiga 2014.

Via Escapist Magazine.