Dark
Light

PricePolice Bantu Pantau Perubahan Harga Barang Favorit di Berbagai Marketplace

1 min read
March 17, 2015

Ilustrasi Berbelanja Online / Shutterstock

Di tengah geliat tumbuh suburnya ekosistem e-commerce Indonesia, kemunculan beberapa marketplace menawarkan berbagai produk dengan harga yang variatif. Mencoba membantu konsumen mencari harga optimal dari layanan yang ada, aplikasi mobile berbasis Android PricePolice mencoba menghadirkan solusi membantu pengguna memantau harga dengan push notification jika ada perubahan harga terhadap barang yang diinginkan.

Celah yang coba dimanfaatkan oleh Devmite, yang mengembangkan PricePolice, sejatinya berangkat dari keseharian masyarakat muda Indonesia yang cukup aktif di media sosial. Selain dinilai cukup melek teknologi, pihaknya tertarik melakukan eksperimen yang mengkombinasikan kebiasaan berbelanja online yang dipadukan dengan konsep sosial.

Para pengguna PricePolice cukup memasukkan tautan halaman produk spesifik yang ingin dipantau. Cara lain yang bisa ditempuh ialah membagikan alamat URL langsung dari mobile browser (atau dari aplikasi layanan e-commerce secara langsung, jika mendukung) ke aplikasi PricePolice yang sudah diinstalasi. Nantinya PricePolice akan memberikan notifikasi jika ada perubahan terhadap harga produk, misalnya ada promo diskon atau flash sale.

Tidak hanya memantau barang incaran, pengguna juga dapat mencari lantas memantau barang incaran yang telah di-submit sebelumnya oleh pengguna lain. Co-Founder Devmite Indri Yunita mengatakan kepada DailySocial, “Kami menitikberatkan pada kemudahan bagi user untuk memantau harga barang yang mereka incar. Begitu mereka mulai menggunakannya, kita akan mulai mengenalkannya pada fitur-fitur lain.”

Belum ada strategi khusus yang dijalankan PricePolice untuk menarik lebih banyak pengguna saat ini. Menurut kami, mengingat layanan mereka merupakan user-generated content, seharusnya pihak pengembang terjun langsung ke lapangan, berpromosi melalui media sosial, atau menyasar komunitas-komunitas untuk memperkenalkan PricePolice.

Tentang operasional Devmite saat ini, Indri menjawab, “PricePolice didanai secara personal oleh Devmite. Ke depannya mungkin akan menggandeng investor yang mendukung ide-ide kami.”

Masih dalam fase beta dan masih banyak melakukan tambal sulam terhadap bug yang ada, Devmite menargetkan untuk merilis resmi PricePolice dalam waktu maksimal lima bulan lagi. PricePolice dapat diunduh di Google Play dan sementara ini belum ada informasi ketersediaan aplikasi ini di platform mobile lainnya.

Indri berharap dalam setahun ke depan PricePolice dapat dikembangkan dengan lebih baik dan memperoleh pengguna di luar Indonesia. Ia mengatakan, “Target jangka pendek PricePolice adalah: (1) Mengembangkan fitur dan melakukan beberapa tweaking agar tampilannya semakin intuitif. Dengan fondasi produk yang solid, menggaet pengguna akan lebih mudah. (2) Mendapatkan user base di Asia Tenggara khususnya dan total download minimum 100.000 download dalam fase beta ini.”

Previous Story

Berantas Korupsi Anggaran di Game Dana Siluman

Next Story

Pricebook Umumkan Perolehan Pendanaan dari Global Brain Corporation, IMJ Investment Partners, dan Hiro Mashita

Latest from Blog

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi