Esports Ecosystem

Prediksi Newzoo: Revenue Global Esports Tahun 2019 Akan Capai US$1,1 Miliar

13 Feb 2019 | Ayyub Mustofa
Tiga tren oportunitas tahun 2019: investasi brand non-endemic, hak siar, dan premium pass.

Perusahaan penyedia data analitik industri game dan esports, Newzoo, baru-baru ini akhirnya merilis laporan prediksi tahunan yang disebut Global Esports market Report. Dalam laporan versi tahun 2019 kali ini, Newzoo mengungkap bahwa industri esports masih akan terus tumbuh, berinovasi, dan menarik investasi. Sebuah milestone baru akhirnya akan dicapai, yaitu bahwa revenue global industri ini akhirnya akan menembus angka 1 miliar dolar.

Lebih tepatnya, revenue itu diprediksi mencapai US$1,1 miliar (sekitar Rp15,4 triliun), lebih tinggi 26,7% dibandingkan tahun 2018 kemarin. Mayoritas aliran uang ini (82%) datang dari investasi dari brand, baik itu sponsorship, pemasangan iklan, atau hak siar media. Newzoo melaporkan bahwa hak siar media adalah jalur revenue yang paling cepat bertumbuh, dengan peningkatan sebesar 41,8% year-on-year.

Newzoo - 2019 Esports Revenue Streams
Jalur-jalur revenue esports di tahun 2019 | Sumber: Newzoo

Sementara itu, jumlah audiens esports diperkirakan akan tumbuh hingga 453,8 juta orang, naik 15% dari tahun 2018. Sekitar 201,2 juta di antaranya diidentifikasi sebagai “Esports Enthusiast” (penggemar berat esports), sementara 252,6 juta di antaranya adalah “Occasional Viewers” (hanya menonton kadang-kadang). Dengan semakin banyaknya event lokal, liga, serta kerja sama media, Newzoo memperkirakan bahwa rata-rata revenue per penggemar akan mencapai angka US$6,02 di tahun 2022.

“Pertumbuhan audiens dan viewership esports yang mengagumkan adalah hasil langsung dari pengalaman menonton seru yang tidak terikat pada media tradisional,” kata CEO Newzoo, Peter Warman di situs resminya. “Banyak liga dan turnamen yang sekarang memiliki audiens besar, jadi perusahaan-perusahaan menempatkan diri mereka untuk memonetisasi para Esports Enthusiast tersebut secara langsung. Hal ini sudah mulai terjadi sejak akhir tahun lalu, tapi pasar masih ada di tahap pembelajaran awal dan terus berkembang. Hasilnya: 2019 akan menjadi tahun 1 miliar dolar pertama bagi esports, sebuah pasar yang akan terus menarik brand dari segala penjuru industri.”

Newzoo - 2019 Esports Audience Growth
Pertumbuhan audiens esports tahun 2019 | Sumber: Newzoo

Tren oportunitas di tahun 2019

Newzoo memaparkan bahwa oportunitas besar esports tahun 2019 ini terletak pada partisipasi brand non-endemic. Memang sudah ada beberapa brand yang masuk atau berencana masuk ke industri ini, tapi masih banyak sekali brand lain yang belum berinvestasi di esports.

Selain itu, media-media siaran baik digital ataupun televisi juga telah berlomba-lomba menyediakan konten esports. Berbagai bentuk kerja sama yang mereka lakukan akan mendatangkan return on investment (ROI) secara langsung, dan ini akhirnya akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan hak siar media.

Perkembangan-perkembangan lain yang penting untuk diperhatikan adalah potensi revenue dari franchising, format konten-konten baru, premium pass, keberhasilan mobile game, profit dari tim esports, serta posisi para pemain profesional dan streamer sebagai brand tersendiri. Premium pass akan semakin populer, di mana para pembelinya dapat menikmati konten-konten eksklusif seperti video behind-the-scenes, sesi tanya jawab dengan para atlet, multi-view stream, serta tentu saja konten in-game.

Newzoo - Trend 2019
Tren seputar gaming dan esports tahun 2019 menurut Newzoo | Sumber: Newzoo

Secara keseluruhan, Newzoo memprediksi industri esports akan mencapai nilai US$1,8 miliar pada tahun 2022. Namun bila ada faktor-faktor yang tumbuh pesat, mereka memasang proyeksi optimis di angka US$3,2 miliar.

Wilayah Amerika Utara masih menjadi pasar terbesar esports di tahun 2019, karena jumlah Esports Enthusiast di wilayah ini pun merupakan yang terbesar (23,9 juta orang). Tiongkok akan menempati posisi kedua, melampaui Eropa Barat berkat keberhasilan mereka mendorong pertumbuhan esports di ranah mobile. Namun ini masih terhambat oleh regulasi yang membuat izin perilisan game baru di Tiongkok semakin sulit.

Sementara itu, meski “hanya” akan memiliki total revenue senilai US$31,9 juta, wilayah Asia Tenggara diprediksi memiliki pertumbuhan audiens esports yang paling tinggi. Salah satu pendorongnya adalah kolaborasi Singtel Group untuk mendorong pertumbuhan esports di Asia Tenggara, Australia, dan India. Ditambah juga dengan kemunculan esports di SEA Games 2019.

Newzoo Global Esports Market Report adalah prediksi realistis yang dibuat berdasarkan analisis pasar secara mendalam. Bagi para pemain industri, angka-angka yang dimunculkan oleh Newzoo bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk pengambilan keputusan, karena selama ini prediksi mereka dikenal cukup akurat. Industri esports adalah industri yang sangat baru, jadi jangan kaget bila muncul berbagai inovasi di sini. Siapkan diri Anda untuk pertumbuhan setidaknya hingga tahun 2022, dan jangan sampai Anda melewatkan oportunitas yang tersedia.

Sumber: Newzoo, Riot Games