Dark
Light

Politikana Ulang Tahun yang Kedua, Kini Telah Memiliki 16.768 Artikel

1 min read
April 28, 2011

Kemarin, Politikana menggelar acara syukuran untuk memperingati ulang tahun Politikana yang kini telah berumur 2 tahun. Saya sendiri tidak menghadiri acara tersebut namun membaca perkembangan acara dari tagar Obsat dan kabar dari akun Twitter Obsat, Politikana serta akun Twitter Ndorokakung.

Berhubung saya tidak hadir, saya tidak akan membahas diskusi pada acara tersebut, namun saya ingin membahas tentang beberapa data statistik dari Politikana sampai dengan umur mereka yang kedua. Ada beberapa data menarik tentang aktivitas pengguna yang menggunakan situs UGC salah satu keluarga besar SalingSilang ini.

Politikana sendiri merupakan salah satu situs dari jaringan SalingSilang yang cukup dominan, terutama dari keaktifan anggota dan diskusi yang berkembang di situs mereka. Politikana merupakan situs politik Web 2.0 yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Situs ini menjadi wadah bagi para penguna mereka untuk menuliskan opini, berdiskusi, dan berinteraksi, lewat komentar dan rating seputar tema politik dalam pengertian yang luas. Seperti yang dijelaskan di situs mereka, Politikana bertujuan untuk memberikan pengalaman politik secara langsung untuk generasi online di Indonesia.

Data statistik (saya mengutip dari foto yang dibagikan di Twitter oleh @ndorokakung) menyebutkan bahwa setelah dua tahun sudah 16.768 artikel yang ada di Politikana dengan 324 artikel mobile, sedangkan untuk komentar sudah terdapat 329.418 komentar serta 174.771 rating yang ada di situs Politikana.

Saat ini, Politikana baru berumur dua tahun dan memiliki presentasi pengunjung baru sebesar 57.91% dan pengunjung tetap 42.09%. Sedangkan data sistem operasi yang mengakses situs mereka adalah Windows dengan presentasi 85.92%, kemudian Mac 4.01%, Linux 2.53%, BlackBerry 0.44% dan OS lainnya sebesar 7.10%.

Untuk perangkat bergerak, paling banyak yang mengakses Politikana adalah pengguna BlackBerry dengan presentasi sebesar 41.91% kemudian Nokia 28.08%, iPhone sebesar 16.73%, iPad 15.61%, lalu Symbian OS 8.66%, Android 7.02% dan perangkat bergerak lainnya sebesar 17.01%.

Meski tidak cukup detail, namun dari ini bisa sedikit memberikan gambaran bahwa BlackBerry, iPhone dan iPad, selain Nokia menjadi perangkat bergerak paling besar untuk mengakses Politikana, selain karena popularitas pengguna perangkat bergerak pintar yang bertambah, bisa jadi ini juga dipengaruhi oleh karakter dari para pengguna Politikana sendiri, tema politik yang memang di sasar oleh situs ini sedikit banyak mempengaruhi seleksi pengakses atas situs mereka. Tingkat literasi yang baik dari sisi internet serta pengetahuan politik memberikan acuan pengguna mereka berada di kalangan yang memiliki perangkat begerak pintar, berpendidikan dan internet savvy.

SalingSilang sendiri, seperti yang pernah dituliskan DailySocial sedang mengembangkan jaringan mereka, yang rencananya akan mencapai 50 buah, SalingSilang juga mengusahakan untuk mendukung perkembangan media sosial di Indonesia.

Obsat (Obrolan Langsat), sebagai bagian dari keluarga SalingSilang juga kerap mengadakan acara offline untuk membangun komunitas yang telah terbentuk di online, dua sinergi ini saling mendukung untuk menciptakan komunitas bagi SalingSilang Network.

Seperti yang dijelaskan para artikel DailySocial sebelumnya, SalingSilang yang kini telah masuk versi 2 memberikan berbagai data tentang perkembangan dunia media sosial tanah air, SalingSilang juga menjadi garda paling depan untuk berbagai layanan dari jejaring Langsat, mereka secara rutin juga merilis laporan yang berkaitan dengan media sosial di Indonesia.

Selamat ulang tahun untuk Politikana, semoga terus memberi manfaat dan semakin dewasa.

[Sumber gambar | Sumber data statistik]

[English version for this post]

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tasterous for BlackBerry Launched

Next Story

NgaturDuit Tambah Fitur dan Akan Jalin Kerja Sama Tambahan dengan Dua Konsultan Keuangan

Latest from Blog

Don't Miss

Perayaan Ulang Tahun Overwatch Telah Dimulai, Ini Dia Kado Dari Blizzard Untuk Anda

Minggu lalu, Blizzard Entertainment mengungkap agenda pesta ulang tahun pertama

MSI Benamkan GPU Dekstop High-End ke Laptop Gaming GT72S Anniversary Edition

Beberapa saat lalu Nvidia mengkonfirmasi sebuah hal yang berpotensi mengubah