Dark
Light

Polda Metro Jaya Memulai ‘Gerakan Masyarakat Peduli Lalu Lintas’ via Sosial Media

1 min read
October 1, 2013

Apakah Anda sudah bosan melihat pelanggaran lalu lintas di jalan raya? Apakah Anda sudah lelah melihat para pengendara motor yang seenaknya melawan arus, trayek angkutan kota yang mengemudi sembarangan, pemilik mobil yang parkir sembarangan hingga vandalisme pada kendaraan (dan fasilitas) umum? Kini Anda bisa berpartisipasi bersama TMC Polda Metro Jaya untuk menyatakan perang terhadap para pelanggar tersebut melalui situs jejaring sosial.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil foto – dengan kamera dan juga smartphone – kemudian mengirimkannya pada penjaga ketertiban lalu lintas ini. Berdasarkan pengumuman yang mereka buat di Facebook, Anda bisa mengunggah foto apapun sebagai langkah pertama proyek konstruktif ini: dari mulai pelanggaran lalu lintas; marka jalan, traffic light dan rambu yang rusak serta salah penempatan; jalanan rusak; kepadatan lalu lintas; kecelakaan; penggunaan jalan selain dari fungsi lalu lintas (misalnya ditutup untuk resepsi ataupun acara lain); hingga perilaku-perilaku pengguna jalan yang menyimpang atau membahayakan keselamatan.

Tentu saja untuk kasus pelanggaran (dan kecelakaan), Anda harus menyertakan nomer kendaraan serta waktu dan lokasi kejadian. Setelah itu, Anda bisa mengunggah foto ini langsung ke laman Facebook TMC Polda Metro Jaya, Twitter mereka ataupun Instagram @TMCPoldaMetro. Anda juga dapat mengirimnya via email ke [email protected], SMS ke nomor 1717 atau telepon ke (021) 5296-0770.

Program ini tentu saja sangat diantisipasi masyarakat dan para pengguna jalan. Bahkan beberapa menanyakan mengapa tidak dari dulu Polda Metro Jaya memulai proyek ini. Namun lebih baik terlambat daripada tidak ada sama sekali. Ini juga merupakan langkah pertama TMC memaksimalkan fungsi sosial media dalam peningkatan kualitas jalan raya – dan genderang perang pada mereka yang tidak peduli pada peraturan.

Sumber gambar header: Jakarta via Shutterstock.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Five Misconceptions that Asian Start-Ups Have About Crowdfunding

Next Story

Aplikasi ChatOn Milik Samsung Tembus 100 Juta Pengguna

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Twitter Hadirkan Opsi Retweet Menggunakan Foto, Video dan GIF

Terlepas dari segala keterbatasannya, Twitter masih merupakan satu dari segelintir

Twitter Luncurkan Aplikasi Twttr untuk Jadi Lahan Uji Coba Fitur-fitur Baru

Bukan hal mengherankan jika terdengar di telinga Anda kabar tentang