13 January 2022

by Sean Edbert

Abaikan Perampokan Untuk Main Pokemon Go, Dua Polisi Ini Dipecat

Bukannya memburu perampok, malah memburu Snorlax...

Game AR atau augmented realitydi HP memang sangat berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini bermulai dari munculnya Pokemon Go yang menjadi salah satu game AR yang booming di tahun 2017 lalu. Namun, siapa sangka game Pokemon Go bisa menjadi penyebab kejadian yang lumayan absurd.

Dua petugas kepolisian di Los Angeles, Amerika Serikat, berakhir dipecat karena mengabaikan perampokan demi bermain Pokemon Go. Kejadian ini berlangsung pada bulan April 2017 lalu. Namun, pemecatan kedua polisi ini baru dilakukan pada tahun 2022 ini. Lantas, kok bisa kedua petugas ini baru dipecat setelah 5 tahun?

Image Credit: Nintendo

Sedikit backstory, dua petugas kepolisian LAPD (Los Angeles Police Department) bernama Louis Lozano dan Eric Mitchell saat itu sedang melakukan patroli santai di dekat mal. Saat patroli, Louis dan Eric menerima panggilan untuk membantu mengatasi perampokan yang sedang terjadi di dalam mal tersebut. Alih-alih membantu, mereka malah meninggalkan lokasi patroli mereka.

Menurut USA Today, saat ditanya mengapa mereka tidak membantu situasi perampokan itu, kedua petugas kepolisian ini beralasan tidak mendengar panggilan tersebut karena "musik di tempat itu terlalu kencang" serta "situasi di taman sangat bising". Atasan mereka awalnya percaya dengan alibi itu. Namun, kepercayaannya langsung berubah menjadi kecurigaan.

Dengan penuh kecurigaan, sang atasan memutuskan untuk memeriksa kamera (dash-cam) yang terpasang di mobil patroli mereka. Rekaman dari kamera itu menunjukkan bahwa Louis dan Eric ternyata mendengar panggilan tersebut. Parahnya lagi, mereka bahkan mendiskusikan apakah mereka harus menjawab panggilan itu atau tidak. "Ah bodo amat," ucap Lozano menanggapi panggilan tersebut, menurut catatan persidangan.

Kasus ini akhirnya diserahkan kepada detektif untuk ditelusuri lebih lanjut. Menurut detektif yang menginvestigasi, beberapa menit setelah menghiraukan panggilan, kedua polisi ini malah berkeliling kota Los Angeles sambil berbincang mengenai Pokemon Go.

Image Credit: Nintendo

Mereka juga disebut sedang mengejar Snorlax dan Togetic, dua Pokemon yang lumayan jarang ditemukan. Setelah menangkap kedua Pokemon tersebut, Eric Mitchell bahkan merasa bangga. "Teman-teman pasti akan sangat iri," ucap Eric.

Singkat cerita, Louis Lozano dan Eric Mitchell akhirnya dinyatakan bersalah karena bermain Pokemon Go saat bertugas dan mengabaikan panggilan. Namun, mereka masih saja tidak mengakui bahwa mereka bermain Pokemon Go saat bertugas. Tetapi, bukti video dari kamera mobil mereka itu terlalu kuat. Akhirnya, mereka dipecat dari kepolisian Los Angeles.

Demikian kisah absurd ini, yang jika dipikir-pikir sebenarnya sedikit mengenaskan dan lucu. Ternyata Snorlax lebih menggiurkan untuk ditangkap dari perampok...

Seperti dua polisi di atas, kecanduan game memang menjadi salah satu masalah di era digital ini. Oleh karena itu, Tiongkok dikabarkan akan batasi waktu bermain game untuk anak di bawah umur. Semoga saja dengan aksi Tiongkok ini, tidak ada polisi yang menangkap Snorlax saat bertugas.

Feat image credit: Nintendo