Gaming News
for SEO
Gaming News

Kreator Pokemon GO Berhasil Kumpulkan $300 Juta untuk Wujudkan Metaverse

25 November 2021Adi Nawan

Niantic memiliki visi untuk membuat “metaverse dunia nyata”.

Perusahaan di balik game mobile augmented reality (AR) Pokémon GO, Niantic kini punya rencana ambisius baru. Setelah cukup sukses membawa para Pokémon ke dunia nyata lewat AR, sekarang Niantic dikabarkan ingin mewujudkan metaverse ke dalam dunia nyata.

Dikabarkan oleh Techcrunh, Niantic disebut telah berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar US$300 juta atau sekitar Rp4,3 triliun dari para investornya. Dana investasi masif tersebut membuat valuasi perusahaan Ninatic kini menjadi US$9 miliar atau sekitar Rp 128 triliun.

Pembicaraan soal metaverse ini juga telah dimulai oleh pendiri dan CEO Niantic, John Hanke, pada bulan Agustus lalu. Hanke mengutarakan bahwa mereka memiliki pemahaman konsep yang cukup berbeda terhadap metaverse. Bila perusahaan lain membangun dunia virtual yang nantinya dapat diakses menggunakan perangkat virtual reality(VR), maka Niantic berusaha sebaliknya.

Image credit: knowledia

Dunia metaverse milik Niantic nantinya akan berusaha untuk membawa orang-orang untuk lebih dekat ke dunia luar. Mereka percaya bahwa metaversejuga dapat dibangun lewat augmented reality yang akan diakses di dunia nyata.

“Di Niantic, kami percaya bahwa manusia akan sangat bahagia saat dunia virtual dapat membawa mereka ke dunia nyata,” ungkap Hanke. “Berbeda dengan metaverse fiksi-ilmiah, metaverse dunia nyata akan menggunakan teknologi untuk meng-upgrade pengalaman kita di dunia seperti yang telah kita kenal selama ribuan tahun.”

Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan yang berbasis di San Francisco ini telah mengumumkan alat untuk membantu mengembangkan game berbasis AR yang diberi nama Lightship AR Developer Kit atau ARDK. Berita baiknya, Niantic menggratiskan dev-kit ini bagi siapapun selama memiliki pengetahuan dasar terhadap game engine Unity.

Dana triliunan yang telah disebutkan sebelumnya juga akan digunakan untuk membantu Niantic memperluas ARDK. Selain itu, Niantic juga menggandeng banyak perusahaan lain seperti Universal Pictures, Warner Mucis Group, Historic Royal Palaces, hingga festival musik dan seni Coachella untuk merealisasikan metaverse mereka tersebut.

Metaverse memang menjadi topik yang cukup hangat diperbincangkan terutama setelah bos Epic Games, Tim Sweeney telah melemparkan topik ini beberapa bulan lalu. Metaverse juga semakin populer saat CEO dan pendiri Facebook (sekarang bernama Meta), Mark Zuckenberg juga mengangkat topik ini.

Namun pendekatan multiverse yang dilakukan oleh Niantic terbilang lebih terjangkau dan masuk akal untuk diterapkan. Pasalnya, penggunaan AR lewat smartphone lebih memungkinkan daripada harus memaksa para pengguna untuk membeli headset VR baru yang belum terlalu populer sekarang.

Jika Anda tertarik untuk tahu lebih jauh soal metaverse, kami pernah menuliskan tentang serba-serbi metaverse lengkap sebelumnya dari mulai definisi, relevansi, sampai potensinya. Selain itu, kami juga sempat membahas lebih dalam tentang hal-hal apa saja yang membuat teknologi VR sepertinya kesulitan untuk lepas landas.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV