Dark
Light

PogoCam Ialah Kamera Kecil yang Bisa Ditambatkan ke Kacamata

1 min read
November 30, 2016

Lewat Spectacles, Snapchat – yang kini telah berganti nama menjadi Snap Inc. – berhasil menghidupkan kembali tren kacamata berkamera meski Google Glass sudah turun gunung. Alhasil, perlahan-lahan muncul pihak lain yang ingin mencicipi peruntungan di ranah ini. Salah satunya adalah perusahaan kecil bernama PogoTec.

Mereka memperkenalkan PogoCam, sebuah aksesori kecil yang dapat ditambatkan ke frame kacamata, seketika itu juga memberinya kemampuan untuk mengambil foto atau video. Ya, perangkat ini bisa saja Anda anggap Spectacles versi modular, mengingat ia bisa dilepas dan dipasang kapan saja pengguna mau.

Konsep seperti ini menjadikan PogoCam lebih fleksibel dibanding Spectacles. Saat Anda sedang berkunjung ke acara yang sifatnya tertutup misalnya, Anda tinggal melepas PogoCam dan tak perlu khawatir jadi pusat lirikan tajam orang-orang di sekitar.

Bodi PogoCam tergolong ringkas / PogoTec
Bodi PogoCam tergolong ringkas / PogoTec

Secara fisik PogoCam termasuk ringkas, tidak lebih besar dari sebuah lipstick. Jangan mengharapkan kualitas gambar yang fenomenal di sini, sebab PogoCam hanya mengemas sensor 5 megapixel saja. Baterainya pun hanya bisa bertahan hingga 100 kali jepret, atau 12 kali merekam video 720p yang masing-masing berdurasi 10 detik.

Satu lagi yang hilang dari Spectacles adalah kemampuan mengirim foto atau video secara nirkabel. Dengan PogoCam, pengguna harus menempuh jalan tradisional, yakni dengan menancapkan perangkat yang sudah terbungkus casing khusus ke port USB milik komputer. Pun begitu, PogoTec sudah punya rencana unttuk menggarap casing yang mempunyai konektivitas Bluetooth.

PogoCam saat dipasangkan pada model kacamata lain / PogoTec
PogoCam saat dipasangkan pada model kacamata lain / PogoTec

Lalu apakah PogoCam kompatibel dengan semua kacamata di pasaran? Sayangnya tidak, tapi pilihannya dipastikan cukup beragam mengingat PogoTec sudah mengajak sejumlah brand untuk bekerja sama. Sederhananya, mereka memodifikasi frame kacamata agar PogoCam bisa menancap secara magnetik.

Metode ini mereka sebut dengan istilah PogoTrack. Menariknya, ini membuka peluang untuk aksesori selain kamera. Entah apa, tapi yang pasti mekanisme pemasangannya sama seperti PogoCam. Tebakan saya, kemungkinan nantinya akan ada PogoFit atau apalah namanya, dengan fungsi untuk memonitor aktivitas fisik.

Balik ke PogoCam, perangkat ini rencananya akan dipasarkan seharga $129. Tidak tahu kapan, tapi PogoTec berjanji untuk memamerkan prototipe fungsionalnya di ajang CES 2017 bulan Januari mendatang.

Sumber: The Verge dan PogoTec.

Previous Story

Siap Tinggalkan Early Access, Lego Worlds Akan Tersedia di Bulan Februari 2017

Next Story

Empat Cara Tepat Membentuk Anggota Tim Terbaik Startup

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Huawei Resmi Perkenalkan Inovasi Teknologi Kesehatan Terbaru, TruSense System

Huawei memang menjadi salah satu brand teknologi yang terus menghadirkan
Meta sedang menyiapkan perangkat VR dan AR yang lebih canggih dari Quest Pro

Meta Siap Hadirkan Sederet Perangkat VR dan AR dalam Empat Tahun ke Depan

Sudah bukan rahasia kalau Meta memiliki ambisi besar di ranah