7 February 2023

by Dimas Galih W.

Sebentar Lagi Poco X5 5G Bakal Hadir di Indonesia

Sang penerus dari Poco X3 NFC sudah datang dan bakal diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. Simak sneak peek-nya berikut ini

Tanggal 6 Februari 2023 merupakan hari di mana Poco Global meluncurkan Poco X5 Series. Pada tanggal yang sama, Poco Indonesia mengundang saya ke kantornya untuk memberikan info terbaru. Tenyata, Poco Indonesia bakal meluncurkan smartphone-nya di Indonesia. Namun, yang nantinya akan diluncurkan adalah Poco X5 5G saja.

Poco X5 5G nantinya bakal menggunakan chipset Snapdragon 695 5G dari Qualcomm. Tentu saja bakal banyak yang bertanya mengapa seperti turun spesifikasi dari seri 7 ke seri 6. Yang mesti diketahui bahwa pada Poco X3 NFC menggunakan SoC Snapdragon 732G yang memakai prosesor Cortex A76. Untuk Snapdragon 695 5G, Qualcomm sudah menyematkan prosesor Cortex A78 yang tentu saja memiliki kinerja yang lebih baik.

Dengan menggunakan Snapdragon 695, Poco X5 sudah pasti menggunakan RAM LPDDR4x 2133 MHz dengan kapasitas hingga 8 GB. Perangkat ini juga sudah mendukung memory extension versi 3 di mana bisa memilih kapasitas memori virtual 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Kapasitas internal terbesar yang akan beredar di Indonesia kemungkinan bakal sebesar 256 GB dengan tambahan kartu eksternal yang mendukung hingga 1 TB.

Kamera yang bakal dimiliki oleh Poco X5 5G ini memiliki resolusi 48 MP. Sensor dengan resolusi ini memang dikenal produksi lama dan sudah jarang dipakai pada perangkat sejenis. Saya berspekulasi bahwa sensor ini nantinya akan menggunakan ISOCELL atau OmniVision.

Snapdragon 695 juga sudah mendukung modem X51 yang bisa terhubung dengan jaringan 5G. Selain itu juga sudah mendukung WiFi 5 berkat Fastconnect 6200 yang sudah terpasang pada SoC-nya.

Poco rencananya akan meluncurkan perangkat yang satu ini pada minggu ke 3-4 bulan Februari 2023 ini. Untuk informasi mengenai harga dan ketersediaannya di Indonesia, tentu saja kita harus menunggu pada saat peluncurannya.

Unboxing Poco X5 5G

Mumpung ada kesempatan, saya langsung melakukan unboxing dari perangkat yang satu ini. Sayang memang, saya belum mendapatkan unit review-nya sehingga masih agak lama untuk bisa menyajikan hasil lengkapnya. Namun untuk mengetahui isi kotak paket penjualannya, bisa dilihat pada hasil tangkapan kamera saya sebagai berikut

Antutu

Ada hal menarik pada saat acara yang berlangsung di kantor Xiaomi. Pada sebuah slide presentasi yang juga diperlihatkan pada peluncuran globalnya, Poco memberikan angka dari benchmark Antutu 9. Seperti biasa, untuk sebuah keperluan marketing, angka ini selalu saja terlihat tinggi. Oleh karena belum percaya 100%, saya harus mencobanya sendiri.

Untungnya saya selalu membawa aplikasi benchmark yang satu ini. Sayang memang, aplikasi ini tidak bisa diunduh langsung melalui Google Play Store. Walaupun saya bisa langsung men-download dari website resmi, tentu saja membutuhkan waktu yang cukup panjang mengingat koneksi internet belum tentu baik.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah hasil perolehan Antutu pada Poco X5 5G

Ternyata, hasil Antutu yang saya dapatkan melebihi klaim dari Poco. Jika Poco mengklaim mendapatkan 404.767, saya mendapatkan 410.384. Dengan angka segini, tentu saja bermain game yang ada di Play Store akan dijamin cukup lancar. Hal tersebut juga termasuk untuk bermain dan menonton konten hiburan.