Esports Ecosystem

PMWL 2020 East Region Opening Weekend: Dominasi Keras Tim Indonesia

13 Jul 2020 | Akbar Priono
Bigetron RA dan MORPH Team hampir memonopoli sorotan pertandingan PMWL 2020 East Region Opening Weekend yang diselenggarakan 11-12 Juli 2020 lalu.

PUBG Mobile World League Season Zero: East Region sudah dimulai pertandingannya pada pekan lalu. PMWL 2020 East Region menampilkan 20 tim yang dibagi ke dalam 5 grup, dan bertanding dengan format online karena situasi pandemi. Wakil Indonesia ada dua, Bigetron RA, dan MORPH Team.

Pertandingan tanggal 11 dan 12 Juli 2020 kemarin menjadi pekan pembuka, untuk menentukan pembagian grup yang sebenarnya. Pada pertandingan pembuka, baik Bigetron RA dan MORPH Team menunjukkan permainan yang impresif. Bigetron RA sebagai juara dunia tahun lalu berhasil membuktikan kembali kualitasnya, dan membuka pertandingan hari pertama, map pertama dengan sebuah Chicken Dinner.

Momen tersebut terjadi pada map Erangel, ketika Circle terlempar ke arah Sosnovka Military Base. Bigetron RA cepat tanggap dengan keadaan ini, mereka segera amankan area jembatan untuk memblokir pergerakan kontestan lain, yang membuat Zuxxy Luxxy dan kawan-kawan jadi panen kill. Circle terakhir menutup di area terbuka Military Base, empat personil Bigetron RA melawan T1 dan TeamIND yang sama-sama menyisakan 1 pemain saja. Ryzen, Microboy, dan kawan-kawan mudah saja menanggapi situasi ini. Mereka pun mengamankan Chicken Dinner dengan 10 kill di ronde pertama.

Salah satu yang jadi kualitas Bigetron RA adalah konsistensi permainannya. Chicken Dinner di ronde pertama ternyata bukan sekadar beruntung, tetapi dibuktikan kembali lewat Chicken Dinner ronde kedua. Momen menarik terjadi di ronde ketiga, ketika sorotan pertandingan PMWL 2020 East Region dimonopoli oleh tim Indonesia.

Bertanding pada map Miramar, takdir mempertemukan MORPH Team dan Bigetron RA pada Circle terakhir. Keadaan ketika itu adalah MORPH Team masih memiliki personil yang lengkap, Bigetron RA sisa 2 orang, sementara TeamIND dan Synerge tersisa satu orang. Awalnya, empat tim tersebut masih saling menahan pada saat Circle ke-6.

Memasuki Circle ke-7 bergerak, posisi Synerge.Ted terungkap dan segera ditumpas oleh Ryzen. Derby Indonesia akhirnya tak terelakkan. MORPH Team yang punya personil lengkap segera menyisir area tersisa. Microboy tumbang duluan, Ryzen tak mampu menahan gempuran MORPH.NoMercy dan kawan-kawan. Akhirnya Miramar dimiliki oleh MORPH Team.

Berlanjut ke hari kedua, mesin Bigetron RA dan MORPH Team seakan menjadi dingin. Kedua tim tersebut menjadi korban Too Soon dua kali berturut-turut, walau Bigetron masih bisa mendapatkan 4 kill di ronde tujuh dan 6 kill di ronde delapan. Untungnya dua wakil Indonesia panas lagi di pertandingan ronde 10, yang lagi-lagi menghasilkan Derby Indonesia pada Circle terakhir.

Namun demikian, pada momen ini MORPH Team yang kurang beruntung karena hanya menyisakan Zaay4S seorang. Duet Zuxxy Luxxy tentunya bisa mengatasi situasi ini dengan mudah, sehingga kini giliran Bigetron RA yang mendapat Chicken Dinner. Dengan ini, maka bisa dibilang skor untuk Derby Indonesia, MORPH Team vs Bigetron RA masih imbang, dengan 1 Chicken Dinner untuk MORPH Team di Miramar dan 1 Chicken Dinner untuk Bigetron RA di Erangel.

Maka dari itu, berikut perolehan skor dari PMWL 2020 East Region Opening Weekend yang dilaksanakan 11 – 12 Juli 2020 kemarin.

Sumber: YouTube PUBG Mobile Esports
Sumber: YouTube PUBG Mobile Esports
Sumber: YouTube PUBG Mobile Esports
Sumber: YouTube PUBG Mobile Esports

Pekan ini sudah memasuki babak League Play, yang artinya, pertarungan tentu akan menjadi lebih intens lagi. Apakah Bigetron RA dapat kembali membuktikan kualitasnya sebagai juara dunia tahun lalu? Akankah MORPH Team bisa mengikuti tempo permainan Bigetron RA? Dapatkah tim dari South Asia, Korea, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Mongolia, meruntuhkan dominasi Asia Tenggara dalam pertandingan PMWL 2020 East Region?

Kelanjutan ini tentu dapat kita saksikan pada pertandingan PMWL 2020 East Region – League Play pekan pertama pada tanggal 14 – 15 Juli 2020 dan 17 – 19 Juli 2020 mendatang.