27 May 2022

by Galih

PlayStation Ingin Separuh Game Mereka Dirilis juga di PC dan Mobile pada 2025

Sony semakin yakin untuk memperluas platform mereka

Keputusan Sony untuk memperluas cakupan platform mereka ke PC memang berbuah positif. Kesuksesan game-game eksklusif mereka seperti God of War, Horizon Zero Dawn, Days Gone di PC bahkan membuat Sony semakin yakin dengan pilihannya tersebut.

Hal tersebut terlihat dari presentasi yang diberikan saat rapat investor tahunan Sony yang baru saja dilaksanakan. Presiden Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengatakan bahwa selama ini mereka terlalu membatasi ke porsi pasar gaming yang terlalu sempit. Dan perluasan platform yang mereka lakukan menjadi transformasi bagi bisnis Sony.

Sony bahkan kini memiliki target untuk memperluas perilisan game mereka untuk platform lain yaitu PC dan mobile menjadi separuh dari total perilisan game-game mereka pada 2025 mendatang. Meningkat drastis dari saat ini yang hanya mencapai seperempat, dengan PlayStation 4 dan PlayStation 5 masih mendominasi 3/4-nya.

Image Credit: Sony

"Dengan perluasan ke platform PC dan mobile, dan hal tersebut harus dikatakan...juga kepada live services, kami memiliki kesempatan untuk beralih dari situasi dengan hadir ke segmen yang kecil menuju pasar software gaming secara keseluruhan,"ungkap Ryan dalam presentasinya.

Jim Ryan juga menjelaskan bahwa berinvestasi pada PC dan mobile juga memberikan pertumbuhan signifikan terhadap orang-orang yang memainkan game-game mereka. Sekaligus jumlah orang-orang yang dapat menikmati, dan bahkan mau mengeluarkan uang di dalam game-game mereka.

Tiga game PlayStation Studios yang telah disebutkan di awal yaitu Horizon Zero Dawn, Days Gone, dan God of War menunjukkan kenaikan hingga lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2022 ini. Sony mencatatkan penjualan game-game-nya di platform PC kini telah mencapai $300 juta, dibandingkan tahun 2021 silam yang baru mencapai $80 juta.

Image Credit: Sony

Untuk platform mobile, Sony memang masih belum memiliki judul andalan. Namun mereka telah cukup lama bersiap untuk memberikan dorongan untuk pasar mobile. Sehingga ke depannya Sony berencana untuk merilis beberapa game mobile baik yang dirilis melalui studio-studio milik mereka maupun berkolaborasi dengan developer mobile yang telah ada.

Game live service juga menjadi target baru bagi Sony yang disebut berambisi untuk memiliki 12 franchise live service aktif pada 2025 mendatang. Meningkat dari target sebelumnya yang mencapai 10 franchise game.

Terakhir, Sony menyebut ingin mengembangkan penggunaan judul-judul mereka di luar industri game. Yang terlihat dari perilisan film adaptasi Uncharted dan juga film seri The Last of Us yang akan segera dirilis.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)