14 December 2021

by Galih

Sony Ambil Paten PlayStation dengan Dual-GPU

Apakah paten ini nantinya akan menjadi PlayStation 5 Pro?

Tidak terasa PlayStation 5 kini sudah berumur satu tahun. Melihat dari tradisi rilis yang dilakukan oleh Sony terhadap PlayStation 4 sebelumnya, maka 2022 mendatang harusnya menjadi momentum bagi Sony untuk merilis versi Pro dari PlayStation 5.

Meskipun Sony belum memberikan tanda-tanda apapun, namun keberadaan versi lebih kuat dari PS5 ini kelihatannya mulai terkuak. Lewat paten yang baru diterbitkan di World Intellectual Property Organization (WIPO), Sony sekali lagi mematenkan teknologi dual-GPU untuk konsol PlayStation-nya.

Paten yang didaftarkan ini merupakan paten lanjutan dari paten tahun 2020 lalu. Sebelumnya Sony telah menerbitkan paten yang sama mengenai CPU/GPU untuk konsol rumahan dan cloud gaming. Kini Sony memberikan informasi tambahan mengenai pengujian yang tengah mereka lakukan terhadap teknologi tersebut.

Insider populer Twitter @Zuby_Tech juga menjelaskan bahwa Sony tengah menguji integrasi kedua prosesor tersebut dalam menjalankan aplikasi dengan satu ataupun dua prosesor bersamaan. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa Sony terus menyempurnakan teknologi dual GPU untuk konsolnya.

Bila berhasil, maka PlayStation 5 Pro yang akan tiba akhir tahun depan akan memiliki performa hingga dua kali lipat dari PS5 standar berkat hadirnya dua buah prosesor AMD Zen 2 di dalamnya. Sayangnya, paten tersebut juga membawa kekhawatiran mengingat kelangkaan global terhadap chip masih terus berlanjut hingga waktu yang cukup lama.

Image credit: Sony

Dalam setahun ini saja Sony masih kewalahan untuk dapat memenuhi permintaan produksi unit PlayStation 5 di seluruh dunia. Bahkan mereka baru saja dikabarkan harus memangkas produksi PlayStation 5-nya karena kelangkaan komponen yang terus berlangsung. Sehingga terlihat tidak masuk akal bagi Sony untuk meluncurkan konsol dengan kebutuhan komponen dua kali lipat untuk produksi satu unitnya, terlepas performanya yang jelas lebih unggul.

Paten ini memang menjadi bukti riset yang tengah dilakukan oleh Sony, namun juga bukan menjadi keputusan final yang akan diimplementasikan ke PlayStation 5 Pro nantinya. Ditambah lagi, Sony juga bisa saja menunda perilisan konsol Pro mereka ke beberapa tahun lagi dan mengisi jeda waktunya dengan meluncurkan berbagai tambahan aksesoris untuk konsol PlayStation 5 seperti cover warna-warni yang baru saja diumumkan.