10 January 2023

by Galih

PlayStation 5 Ternyata Punya Risiko Rusak Bila Diletakkan Berdiri

Para pemilik PS5 disarankan meletakkan konsolnya secara horizontal

PlayStation 5 sekarang telah eksis selama dua tahun di seluruh dunia dan penjualannya pun sudah menembus angka 30 juta unit. Namun di balik kesuksesannya, ternyata konsol ini memiliki risiko kerusakan ketika diletakkan dalam posisi vertikal atau berdiri.

Hal ini sendiri berdasarkan beberapa laporan para pemilik bengkel perbaikan yang membagikan dampak negatif dari meletakkan PlayStation 5 secara vertikal.

Salah satunya adalah pengguna Twitter dengan nama

">@68Logic yang menjelaskan bahwa ketika diletakkan berdiri, maka liquid metal yang notabene digunakan untuk mendinginkan prosesor atau APU dari PlayStation 5 ini akan turun mengikuti gravitasi.

Fatalnya, tekanan dari cairan pendingin tersebut dapat merusak pelindungnya. Sehingga liquid metal tersebut meluber keluar dan membuat pendinginan pada APU menjadi berkurang.

Di kasus yang lebih fatal, prosesor dari PlayStation 5 tersebut bisa rusak. Atau bahkan liquid metal yang meluber keluar tersebut dapat mengenai komponen sensitif lainnya, sehingga dapat menyebabkan korsleting dan pada akhirnya merusak konsol secara keseluruhan.

Pemilik bengkel perbaikan ILoveMyConsole, Ben Montana, bahkan menyebutkan bahwa ini bukanlah kasus terisolasi. Artinya, risiko kerusakan PlayStation 5 ini berlaku untuk semua model dan juga tahun produksi.

Namun, berdasarkan laporan website bernama Wololo masalah ini akan lebih berisiko pada PlayStation 5 Disc Version. Hal ini dikarenakan getaran dari pembaca Blu-Ray dapat membuat kemungkinan rusaknya bagian penutup liquid metal tersebut semakin besar.

Meskipun juga tidak dapat disebut bahwa semua konsol PlayStation 5 yang ada di pasaran akan rusak ketika diposiskan vertikal, sebab pada akhirnya hal tersebut tergantung pada apakah pelindung liquid metal tersebut rusak atau tidak.

Adanya 'cacat desain' yang terjadi di PlayStation 5 ini tentunya hal yang cukup fatal untuk konsol terbaru Sony tersebut. Terlebih sejak awal diperkenalkan dan dalam hampir semua materi pemasarannya, Sony memperlihatkan PlayStation 5 dalam posisi berdiri.

Dengan harga konsol PlayStation 5 kini yang sudah naik di banyak negara, para gamer tentu tidak menghendaki adanya cacat desain pada konsol ini. Terlebih masalah tersebut berisiko merusak konsolnya secara permanen.

Untuk sekarang, saran terbaik yang bisa diberikan kepada para pemilik PlayStation 5 adalah memosisikan konsol PlayStation 5 secara tidur atau horizontal. Setidaknya hingga Sony memberikan konfirmasi resmi mengenai kasus ini.